x

PSSI Tunggu Konsep dari LIB untuk Gelaran Pramusim Klub Liga 2

Selasa, 23 Februari 2021 15:23 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
PSSI tengah menunggu konsep dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk gelaran pramusim bagi klub Liga 2.

INDOSPORT.COM - Setelah memastikan ada ajang pramusim untuk klub Liga 1 yakni Piala Menpora 2021, kini PSSI tengah menunggu konsep dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk gelaran pramusim bagi klub Liga 2. Hal itu untuk mengakomodir permintaan klub kasta kedua yang menginginkan turnamen sebagai pemanasan sebelum kompetisi.

Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengatakan pihaknya menunggu proposal dari LIB. Sebab, direktur operasional LIB , Sudjarno sebelumnya menjelaskan tengah menyiapkan turnamen pramusim bagi klub Liga 2. 

Baca Juga
Baca Juga

"Untuk itu (turnamen pra musim untuk klub Liga 2), PSSI lagi tunggu konsep dan proposal dari LIB," tutur Yunus melalui pesan singkat.

Awalnya, Piala Menpora 2021 melibatkan dua klub Liga 2 yakni Sriwijaya FC dan PSMS Medan. Namun, setelahnya kedua klub tersebut harus dieliminasi dengan alasan tertentu. 

Baca Juga
Baca Juga

Beberapa tahun terakhir, turnamen pramusim memang hanya digelar untuk klub kasta tertinggi, sementara klub Liga 2 yang ambil bagian hanya sedikit dan bersifat sebagai undangan. Tidak heran jika Piala Menpora pun akhirnya hanya untuk klub Liga 1.


1. Turnamen Pramusim Liga 2 Hanya Janji Surga?

Skuat PSMS Medan di Liga 2 2020.

Sementara itu, salah satu klub peserta Liga 2, PSMS Medan menilai rencana pramusim untuk kasta kedua hanya angin surga. Sekretaris klub PSMS, Julius Raja, mengatakan wacana itu hanya semacam janji manis karena waktu yang sangat mepet dan tidak memungkinkan. 

"Kapan lagi mau digelar pramusim khusus Liga 2 itu? Kalau berbarengan (sama Piala Menpora) kesannya waktunya mepet. Kalau mau digelar usai Piala Menpora pasti gak mungkin. Karena sudah masuk puasa dan lebaran, habis itu wacana masuk (kompetisi resmi) Liga 1 dan Liga 2," kata Julius. 

Sebenarnya banyak klub Liga 2 yang dalam posisi belum siap untuk tampil andai ada turnamen pramusim. Banyak klub tidak memiliki pemain atau pelatih karena telah habis kontrak. Hal ini terjadi karena klub terlalu lama menanti kejelasan kompetisi musim lalu.

PSSILiga IndonesiaPiala MenporaLiga 2PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)Berita Liga 2

Berita Terkini