x

Jika Bisa Main di Bandung, Persib Pilih Stadion GBLA untuk Piala Menpora

Kamis, 4 Maret 2021 13:45 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, seusai pertemuan di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Selasa (5/1/21).

INDOSPORT.COM - Persib Bandung kemungkinan besar tidak akan bermain di kandang sendiri dalam babak penyisihan turnamen pramusim Piala Menpora 2021, meski Kota Kembang menjadi salah satu tuan rumah.

Namun, peluang Persib untuk bermain di Bandung tetap ada, lantaran PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator turnamen baru akan mengelar technical meeting untuk persiapan turnamen Piala Menpora 2021, Senin (8/3/21).

Baca Juga
Baca Juga

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, memberikan tanggapan soal dipilihnya Bandung menjadi salah satu tempat untuk menggelar turnamen pramusim. 

Menurutnya, di Bandung ada dua Stadion yang bisa digunakan untuk Piala Menpora 2021, yakni Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, dan Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

"Sebenarnya musim lalu GBLA adalah kandang kami karena tak ada penonton yang boleh masuk. Lapangan juga lebih bagus kendati kurang layak pakai karena banyak kerusakan di dalam stadion. Banyak yang harus diperbaiki supaya lebih aman," kata Robert Rene Alberts, Rabu (3/3/21).

"Sedangkan Si Jalak Harupat seharusnya sudah siap karena tadinya akan dipakai untuk Piala Dunia U-20 tahun ini. Tapi, saya tak tahu bagaimana kondisi rumputnya sekarang karena lama tidak ke sana," ucapnya.

Jika bisa memilih, Robert menginginkan skuat Maung Bandung bermain di Stadion GBLA. Pasalnya, stadion berkapasitas 38.000 tempat duduk ini sudah sering dijadikan tempat latihan, sehingga pemain sudah merasa nyaman.

Baca Juga
Baca Juga

"Kami lebih mengutamakan untuk bermain di GBLA karena merasa nyaman, pemain sudah merasa stadion itu milik kami sendiri, sehingga menjadi suatu keuntungan," jelasnya.

Di sisi lain, Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, sudah sowan ke Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Selasa (2/3/21), dan membahas soal kesiapan Stadion GBLA sebagai venue pertandingan Piala Menpora 2021.


1. Izin Kepolisian

Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung.

Pihak Kepolisian sendiri, menurut Akhmad, sudah memberikan izin untuk menggelar pertandingan turnamen pramusim Piala Menpora 2021. Sehingga, pihaknya tinggal memilih Stadion mana yang siap di Bandung, antara GBLA dan Si Jalak Harupat.

"Kami diskusi soal bagaimana kesiapan Stadion GBLA kalau menjadi tuan rumah atau salah satu venue piala menpora. Memang dari kepolisian kami mendapatkan izin Bandung di dua stadion itu (GBLA dan Jalak Harupat)," kata Akhmad Hadian Lukita di Balai Kota Bandung.

"Tentunya itu akan menjadi pertimbangan kami untuk menilainya secara obyektif, jadi kami baru akan memutuskan setelah melakukan verifikasi kedua stadion tersebut," tandasnya.

Baca Juga
Baca Juga

PT LIB akan mempertimbangkan berbagai aspek untuk menunjuk stadion yang akan dipakai sebagai salah satu venue pertandingan Piala Menpora 2021. Mereka harus melihat langsung kondisi dan kesiapan Stadion GBLA dan Si Jalak Harupat.

Persib BandungBandungRobert Rene AlbertsStadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA)Liga IndonesiaPiala MenporaPT Liga Indonesia Baru (PT LIB)Bola IndonesiaAkhmad Hadian Lukita

Berita Terkini