x

Best Starting XI Piala Menpora 2021 Pekan Perdana: Bintang Muda Bersinar

Kamis, 25 Maret 2021 17:23 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Starting terbaik Piala Menpora 2021.

INDOSPORT.COM – Berikut sebelas pemain terbaik (best starting XI) di Piala Menpora 2021 pekan pertama, dimana para bintang muda Indonesia berhasil unjuk gigi pada pertandingan pembuka.

Setelah sempat mati suri selama hampir setahun akibat pandemi Covid-19, sepak bola Indonesia akhirnya kembali bergulir dengan memainkan turnamen pramusim bertajuk Piala Menpora 2021 sejak 21 Maret 2021.

Pada pekan pertama babak penyisihan grup, terdapat delapan pertandingan sengit dari empat grup yang menghasilkan sejumlah kejutan di akhir laga.

Baca Juga
Baca Juga

Salah satunya saat laga PSIS Semarang kontra Barito Putera di Grup A. Dalam pertandingan tersebut, terjadi hujan gol hingga enam kali dari kedua kesebelasan yang sekaligus jadi jumlah terbanyak di semua laga pembuka.

Bertanding di stadion Manahan, Solo pada hari Minggu (21/03/21) lalu, PSIS Semarang sempat unggul hingga tiga gol atas Barito Putera dan bertahan sampai jeda babak pertama.

Namu di babak kedua, Barito Putera secara mengejutkan berhasil menyamakan kedudukan lewat aksi Donald Bissa menit 48’, Bayu Pradana (83’), serta gol injury tima Rizky Pora Goal (90+4').

Tak cuma dari laga PSIS vs Barito Putera, kejutan juga terjadi dalam partai big match antara Persija vs PSM di Grup B hari Senin (22/03/21). Dalam pertandingan tersebut, PSM yang mengandalkan para pemain lokal secara mengejutkan sukses menumbangkan Persija dua gol tanpa balas.

Masing-masing gol PSM di laga ini dicetak oleh Patrich Wanggai menit 45+2' serta Yakob Sayuri (68'). Berbekal kemenangan tersebut, para pemain Juku Eja pun menghiasi daftar best XI Piala Menpora 2021 pekan pertama.

Tak cuma para punggawa PSM, terdapat beberapa pemain lain yang juga tampil impresif dan berada di 11 terbaik di laga pembuka. Siapa sajakah mereka? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum:

Formasi: (4-3-3)

Penjaga Gawang:

Kiper PSM Makassar, Hilman Syah.

Untuk posisi paling belakang alias penjaga gawang, terdapat kiper muda PSM Makassar yakni Hilman Syah yang tampil sangat sigap menghalau beberapa peluang berbahaya dari pemain Persija Jakarta.

Meski baru berusia 23 tahun, namun jebolan Perseka Bosowa tersebut tak gentar adu duel dengan sejumlah striker senior Macan Kemayoran sekelas Marko Simic, Osvaldo Haay maupun Riko Simanjuntak.

Total dari 11 tembakan yang dilepaskan pemain Persija, tiga diantaranya berhasil diselamatkan Hilman Syah dan membuat timnya mengakhiri laga dengan status clean sheets

Pemain Bertahan
Untuk empat pemain bertahan terdapat kuartet Rizky Pora, Jaimerson, Willian Pacheco dan Zulkifli Syukur. Empat pemain tersebut tampil sangat atraktif sepanjang laga pembuka Piala Menpora.

Baca Juga
Baca Juga

Rizky Pora dan Jaimerson misalnya, mereka jadi pahlawan lewat sebiji gol yang diciptakan. Rizky Pora cetak gol penyama kedudukan ke gawang PSIS sementara Jaimeson cetak gol kemenangan Madura United ke gawang PSS Sleman.

Willian Pacheco juga jadi bintang saat menjebol gawang Persib. Sementara Zulkifli Syukur bermain gemilang sebagai wing back kanan saat membantu PSM tumbangkan Persija.


1. Gelandang

Starting terbaik Piala Menpora 2021.

Dari sektor pemain tengah, duet Fandi Eko, Bayu Pradana dan Miftahul Hamdi jadi yang terbaik dan tampil paling impresif sepanjang pekan pertama babak penyisihan grup.

Fandi Eko Utomo misalnya, gelandang berusia 30 tahun tersebut selain cetak satu gol ke gawang Barito Putera juga catatkan statistik menawan dalam 76 menit berada di lapangan.

Tercatat, Fandi Eko Utomo telah lakukan 23 umpan dengan tingkat akurasi mencapai 91%. Dirinya pun cukup tangguh saat berduel udara serta lakukan intersep dari lini tengah.

Bayu Pradana juga tak kalah baik dengan mencetak satu gol, sementara Miftahul Hamdi berikan dua assist penting untuk membawa Persiraja pesta gol ke gawang Persitara.

Pemain Depan
Terakhir adalah pemain, di mana trio Yakob Sayuri, Assanur Rijal, Samsul Arif layak masuk dalam sebelas terbaik berkat penampilan impresif mereka.

Salah satu kejutan tentu hadirnya dua pemain muda Yakob Sayuri dan Assanur Rijal. Tak cuma cetak gol, namun dua pemain tersebut jadi roh permainan buat tim masing-masing.

Yakob Sayuri misalnya, satu gol ke gawang Persija dilengkapi dengan assist cantik kepada Patrich Wanggai yang makin menyempurnakan kemenangan PSM.

Sementara Assanur Rijal jauh lebih mentereng dengan catatkan hattrick bersama Persiraja ke gawang Persita, sekaligus tri gol pertama di Piala Menpora 2021.

Sedangkan Samsul Arif jadi pahlawan Persebaya lewat dua golnya, padahal Bajul Ijo saat itu sedang dalam kondisi tertinggal serta bermain dengan 10 orang.

Liga IndonesiaPiala MenporaBest TeamBerita Liga 1

Berita Terkini