x

PSG Pati Datangkan Mantan Pelatih Timnas Indonesia Asal Jerman

Sabtu, 17 April 2021 13:02 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Kontributor: Prabowo | Editor: Herry Ibrahim
PSG Pati mendatangkan dua pelatih senior yakni Subangkit dan Bernhard Schumm.

INDOSPORT.COM - Safin Pati Football Academy (SPFA) dan PSG (Putra Safin Group) Pati tak pernah berhenti untuk terus berinovasi demi sepak bola Indonesia. Terkini, dua pelatih senior secara resmi bergabung yakni Subangkit dan Bernhard Schumm.

Bernhard Schumm secara resmi menjadi technical consultant untuk SPFA dan PSG Pati. Sedangkan Subangkit akan menjadi nahkoda di tim SPFA U-20.

Dua orang ini tentu bukan sosok asing bagi sepak bola Indonesia. Sosok Bernard Schumm tentunya bukan sosok yang asing bagi publik sepak bola Indonesia. Pelatih berdarah Jerman ini tercatat sebagai pelatih timnas Indonesia di era tahun 1999 silam. 

Baca Juga
Baca Juga

“Ini menjadi bukti komitmen SPFA dan PSG Pati untuk mengembangkan diri dengan program-program yang dimulai dari kelompok usia muda hingga tim senior di level profesional. Pengalaman dan ilmu yang dimiliki kedua pelatih ini diharapkan dapat ditularkan,” kata CEO SPFA, Rudy Eka Priyambada, Sabtu (17/04/21).   

“Coach Bernhard Schumm yang memiliki lisensi UEFA Pro menjadi technical consultant untuk SPFA dan PSG Pati. Sedangkan coach Subangkit akan menjadi pelatih kepala di tim SPFA U-20,” jelas Rudy Eka.

Dari data yang ada, Bernard Schumm pada tahun 2019 lalu tercatat sebagai direktur teknik salah satu klub di Uni Emirat Arab, yakni Ajman FC. Tidak hanya itu, Bernhard Schumm juga sempat tercatat sebagai staf pelatih di tim papan atas Liga Jerman, Bayern Muenchen. 


1. Fasilitas Luar Biasa

Bernhard Schumm, eks pelatih Timnas Indonesia yang didatangkan PSG Pati.

Bernhard Schumm sendiri mengaku senang dipercaya bergabung dengan SPFA dan PSG Pati. Terlebih dia terkesima dengan fasilitas yang berada di Pati

“Saya baru datang ke sini pertama kali setelah sebelumnya baru melihat dari media. Dan ternyata disini miliki fasilitas luar biasa yang belum pernah ada di Indonesia sebelumnya,” kata Bernhard Schumm. 

Dia berharap, beberapa tahun kedepan, akan lahir pemain-pemain potensial dari SPFA yang akan berkarir di level nasional bahkan internasional. Dia mengaku sudah menyiapkan program-program yang akan segera diterapkan, baik untuk SPFA maupun PSG Pati yang bertarung di Liga 2.

Baca Juga
Baca Juga

Sementara itu, sosok Subangkit juga tentunya pelatih yang punya banyak pengalaman. Pelatih asal Pasuruan ini tercatat memiliki pengalaman memimpin tim-tim macam Sriwijaya FC, Mitra Kukar hingga PSIS Semarang di kasta tertinggi.

“Dari segi infrastruktur, SPFA sudah sangat bagus. Karena kita punya banyak lapangan disini. Ada lapangan rumput alam, sintetis juga lapangan pasir yang sangat membantu dalam menjalankan program latihan,” ucap Subangkit. 

Mengenai tim U-20, Subangkit menjelaskan bahwa ini adalah tim yang dipersiapkan untuk menatap beberapa level kompetisi. “Siswa SPFA U-20 nanti disiapkan untuk dapat berkarir di PSG Pati, tim Elite Pro Academy (EPA) hingga juga memulai karir di tim Liga 3 karena sesuai dengan regulasi yang diterapkan oleh PSSI,” tegasnya.

SubangkitLiga IndonesiaLiga 2Bernhard SchummBerita Liga 2PSG Pati

Berita Terkini