x

Piala AFC Belum Jelas, Persipura Berharap Liga 1 Cepat Bergulir

Senin, 28 Juni 2021 15:32 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Herry Ibrahim
Ketua Umum Persipura, Benhur Tomi Mano.

INDOSPORT.COM - Ketidakjelasan Piala AFC Zona ASEAN tak melunturkan semangat klub Persipura Jayapura untuk mematangkan persiapan. Mereka kini berharap kompetisi Liga 1 2021 bisa segera digulirkan.

Ketua Umum tim berjulukan Mutiara Hitam, Benhur Tomi Mano mengatakan saat ini latihan timnya masih dipusatkan di Batu, Malang. Walau sempat diberikan waktu istirahat selama 4 hari, namun timnya sudah kembali berkumpul untuk mematangkan persiapan.

"Para pemain sampai sekarang tetap menjalani pemusatan latihan di Batu, Malang. Kalau kita lihat kalender Piala AFC belum pasti, tapi kita tetap menunggu Liga 1 cepat bergulir," kata Tomi Mano, Senin (28/06/21).

Baca Juga
Baca Juga

Tomi Mano menjelaskan, sampai saat ini timnya belum ada perubahan agenda, meski pihak AFC belum juga mendapatkan negara yang bersedia menjadi tuan rumah Zona ASEAN.

"Kami masih tetap menunggu sampai ada kepastian, belum ada perubahan agenda apakah Coach Jacksen Tiago akan mengambil kebijakan memulangkan semua pemain atau seperti apa nantinya," jelasnya.


1. Bergantung pada PSSI

Skuat Persipura Jayapura saat berlatih di Stadion Mandala.

Sedianya, tim berjulukan Mutiara Hitam itu dijadwalkan akan melakoni laga perdana Grup H Piala AFC menghadapi wakil Malaysia, Kedah Darul Aman pada 29 Juni nanti. Namun situasi berubah saat Singapura mendadak mundur sebagai tuan rumah karena situasi pandemi Covid-19 kian meningkat.

Karena urung mendapatkan negara yang bersedia menjadi tuan rumah, dua wakil Indonesia, Persipura dan Bali United pun sementara gagal tampil di turnamen kasta kedua antar klub benua Asia itu, sampai pihak AFC mendapatkan tempat netral maupun pengganti tuan rumah.

Baca Juga
Baca Juga

Benhur Tomi Mano pun mengaku pihaknya kini bergantung pada federasi sepakbola Indonesia, PSSI.

"Berapa waktu lalu saya bersama Menpora dan Menkominfo sedang bercakap-cakap, katanya Pak Presiden menanyakan kabar kita Persipura dan Bali United di Piala AFC, dan saya menjelaskan apakah PSSI siap menjadi tuan rumah, karena Singapura kan mundur karena Covid-19," kata Tomi Mano.

"Mereka juga bertanya apakah Persipura siap jadi tuan rumah, karena ada Stadion Lukas Enembe, tapi saya bilang stadion yang sudah diverifikasi ialah Stadion Mandala dan Stadion Lukas Enembe belum diverifikasi. Saya mengatakan bahwa Persipura siap untuk tampil di AFC, tapi kita sekarang masih menunggu PSSI tentang hal ini," pungkasnya.

Persipura JayapuraAFC CupJacksen F. TiagoLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2021

Berita Terkini