x

John Murtough, Sosok di Balik Layar Kesuksesan Transfer Man United

Selasa, 27 Juli 2021 17:37 WIB
Editor: Juni Adi
John Murtough

INDOSPORT.COM - Manchester United kali ini tampil lebih jenius dalam melakukan strategi transfer pemain, setelah mempunyai Direktur Olahraga dalam diri John Murtough.

Manchester United melakukan gebrakan di lantai bursa transfer musim panas ini, setelah mereka dikabarkan mendapatkan tanda tangan bek tangguh Real Madrid, Raphael Varane.

Kabar tersebut dibocorkan oleh jurnalis kenamaan urusan perpindahan pemain, Fabrizio Romano melalui akun media sosial Instagramnya.

Pria yang juga bekerja di Sky Sports Italia ini menyebut kepindahan Varane tinggal diumumkan peresmiannya saja.

Baca Juga
Baca Juga

Sebab, Real Madrid dan Man United telah sepakat perihal angka mahar dan sang pemain juga menyetujui detail kontrak yang ditawarkan Setan Merah.

Manchester United sendiri sudah lama menginginkan pemain belakang asal Prancis itu. Namun upayanya kerap ditolak oleh Los Blancos.

Baru musim ini tim besutan Ole Gunnar Solskjaer mampu mewujudkannya dengan kesepakatan senilai 42 juta pounds. Raphael Varane akan dikontrak selama lima tahun atau hingga 2026 di Old Trafford. 

Baca Juga
Baca Juga

Sejatinya Real Madrid bukan tanpa upaya untuk mempertahankan Varane. Apalagi pemain berusia 28 tahun itu diharapkan jadi andalan di lini belakang sepeninggalan Sergio Ramos ke PSG.

Namun sayang perpanjangan kontrak yang ditawarkan Real Madrid untuk Varane karena menyisakan satu musim lagi ditolak.

El Real pun akhirnya lebih memilih melepas sang pemain musim ini ketimbang menahannya sampai musim depan dengan status bebas transfer alias gratis.


1. Sosok di Balik Layar

Raphael Varane tampak lesu usai Real Madrid kalah dari Shakhtar Donetsk

John Murtough menjadi sosok yang paling disorot atas kebijakan jenius transfer Manchester United musim ini.

Dia diangkat oleh klub menjadi Direktur Olahraga, bersama Darren Fletcher sebagai Direktur Teknik beberapa waktu lalu.

Meski baru menjabat beberapa pekan, kehadirannya langsung memberikan dampak positif perihal urusan belanja pemain.

Baca Juga
Baca Juga

Di bawah komandonya sejauh ini, Man United telah menuntaskan tiga transfer pemain yakni Tom Heaton, Jadon Sancho dan yang akan segera resmi Raphael Varane.

Tom Heaton, yang direkrut secara gratis usai kontraknya bersama Aston Villa berakhir, menjadi pembuka serial perburuan pemain the Red Devils.

Beberapa waktu berselang, raksasa Inggris itu mengumumkan kesepakatan dengan Borussia Dortmund untuk merekrut Jadon Sancho.

Terakhir dan yang paling mencengangkan adalah bersedianya bek tangguh peraih tiga kali gelar Liga Champions, Raphael Varane dalam usia keemasannya yakni 28 tahun.

Tak hanya berhasil meyakinkan pemain, tapi John Murtough juga handal dalam melakukan negosiasi. Terbukti ia tidak membuat klub mengeluarkan banyak uang untuk mendatangkan Sancho dan Varane. 

Saat mendatangkan Sancho, biaya yang dikeluarkan memang masih besar, namun Manchester United bisa menekan permintaan harga dari Dortmund yang lebih besar lagi.

Sedangkan untuk Varane, mereka hanya mengeluarkan uang 34 juta pounds buat peraih medali juara Piala Dunia 2018 tersebut.

Keberhasilan John Mourtough merampungkan transfer dua pemain hanya dalam kurun waktu beberapa pekan saja, jadi bukti nyata bahwa peran Direktur Olahraga sangat penting di suatu klub. 

Baca Juga
Baca Juga

Sebuah posisi yang sudah lama dinantikan oleh para mantan pelatih Man United dan fans, karena baru tahun ini mereka mempunyai Direktur Olahraga agar tidak lamban dalam belanja pemain.

ESPN menyatakan kalau Murtough mengambil banyak beban berat dari pundak wakil CEO Manchester United, Ed Woodward.

Seperti yang diketahui, urusan transfer pemain selalu dilimpahkan kepada pria berusia 49 tahun tersebut sebelum Murtough hadir. Belum puas, Manchester United diyakini masih akan bergeliat di bursa transfer musim panas ini.

Jurnalis kenamaan Italia, Fabrizio Romano, mengungkapkan hal itu dengan membocorkan dua pemain lagi bisa didatangkan oleh Man United untuk mengisi posisi bek kanan dan lini tengah sebelum bursa transfer ditutup.

Bursa TransferManchester UnitedRaphael VaraneLiga Inggris

Berita Terkini