x

Kiper Andalan Kembali Dipanggil Timnas, Pelatih Barito Putera Buka Suara

Rabu, 6 Oktober 2021 20:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Muhammad Riyandi saat mengikuti latihan bersama Timnas Indonesia U-19 di Stadion UNY.

INDOSPORT.COM - Kiper andalannya, Muhammad Riyandi kembali dipanggil Shin Tae-yong untuk membela Timnas Indonesia, pelatih Barito Putera akhirnya buka suara.

Sebagaimana diketahui, PSSI memanggil 29 pemain andalan untuk memperkuat Timnas Indonesia, yang akan berlaga di fase playoff kualifikasi Piala Asia 2023, pada Oktober ini.

Pada playoff kualifikasi pertama, Indonesia akan menghadapi tim Chinese Taipei pada Kamis (07/10) di i-Mobile Stadium, Thailand.

Baca Juga
Baca Juga

"Hari ini kami memulai latihan di Thailand, sebagai persiapan pertandingan melawan Taiwan," ucap Shin Tae-yong pada Senin (04/10) lalu, saat di Chang Training Ground.

"Latihan hari ini menerapkan intensitas yang tinggi dan ada berbagai menu yang diberikan kepada pemain," lanjut pelatih berpaspor Korea Selatan tersebut.

Sebagai tim 'langganan' pemain Timnas, Barito Putera kemudian mengirimkan tiga pemain pilarnya untuk membela tim Merah Putih di playoff kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca Juga
Baca Juga

Mereka adalah kiper Muhammad Riyandi, serta dua bek potensial, Miftah Anwar Sani dan Muhammad Firly. Ketiganya pun harus absen membela skuat Barito di Liga 1 2021.

Kehilangan paling berat tentu ada di sosok Riyandi. Sebab, kiper 21 tahun itu tak hanya berpengalaman di Timnas, tapi juga kerap menjadi palang pintu andalan Barito Putera.

Seiring dengan kepergian Riyandi ke Tim Nasional, praktis saat ini Barito hanya bisa mengandalkan sosok Aditya Harlan yang cukup senior di kompetisi Liga 1 2021.


1. Mengaku Tak Masalah

Pelatih Barito Putera, Djajang Nurdjaman.

Padahal, Aditya Harlan sendiri kini sudah kebobolan tujuh gol dari tiga laga yang ia mainkan, dan Adhit belum pernah meraih cleansheet di sepanjang Liga 1 2021 ini.

Barito Putera memang memiliki nama kiper lain, hanya saja belum pernah diturunkan di Liga 1. Mereka adalah Yogi Hermawan (18), Norhalid (25), dan juga Andri Prabowo (27).

Pelatih Barito Putera, Djajang Nurdjaman mengaku tak masalah ditinggal Riyandi ke Timnas, dan mungkin akan menyerahkan posisi kiper utama kepada Aditya Harlan.

"Kami sering turunkan Riyandi dan Aditya Harlan secara bergantian, jadi (Riyandi) boleh dikatakan bukan pilihan utama," ungkap Djanur beberapa waktu lalu.

Senada dengan hal tersebut, pelatih kiper Barito Putera, H. Ismairi juga rela melepas Riyandi ke Timnas, dan berharap anak didiknya itu memberikan performa terbaik.

"Selamat anakku, dipanggil ke Timnas lagi. Dari awal bersama di Barito Putera, tetap konsisten dan selalu rendah hati," ujarnya.

Barito Putera sendiri kini tengah dalam masa persiapan menuju Liga 1 2021 series kedua pekan ketujuh, menghadapi PSS Sleman, Jumat (15/10/21) mendatang.

Barito PuteraDjajang NurdjamanTimnas IndonesiaLiga IndonesiaMuhammad RiyandiLiga 1Sepak BolaBerita Liga 1Liga 1 2021BRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini