x

5 Negara dengan Skuat Termahal di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia Urutan Berapa?

Senin, 29 November 2021 17:07 WIB
Editor: Juni Adi
Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Myanmar.

INDOSPORT.COM - Berikut lima negara dengan skuat termahal di Piala AFF 2020. Timnas Indonesia dikalahkan Malaysia.

Turnamen sepak bola paling bergengsi antar negara di Asia Tenggara, Piala AFF 2020 kurang dari beberapa hari lagi akan segera dimulai tepatnya pada 05 Desember hingga 01 Januari 2022 mendatang.

Singapura ditunjuk menjadi tuan rumah tunggal, untuk menggelar seluruh pertandingan babak penyisihan grup yang dibagi menjadi dua A dan B masing-masing diisi oleh lima negara. 

Adapun di Grup A dihuni oleh tuan rumah Singapura, Myanmar, Filipina, Thailand dan kuda hitam Timor Leste. Sementara di Grup B diisi oleh Timnas Indonesia, Kamboja, Malaysia, Vietnam dan Laos.

Baca Juga
Baca Juga

Sejatinya Piala AFF 2020 ini digelar tahun lalu, namun karena pandemi Covid-19 yang belum mereda pada saat itu membaut federasi sepak bola Asean, AFF, menundanya ke tahun ini. 

Untuk formatnya sendiri Piala AFF 2020 masih sama seperti edisi-edisi sebelumnya, meski digelar di tengah situasi pandemi Covid-19 yang tengah marak lagi kasusnya di Singapura.

Fase grup Piala AFF 2020 tetap menggunakan format setengah kompetisi atau round-robin, yakni setiap negara peserta saling bertemu satu kali.

Adapun semifinal dan final juga tetap menggunakan format lama, yakni dua pertandingan. Total terdapat 10 negara peserta Piala AFF 2020, yang terbagi menjadi dua grup dengan masing-masing diisi oleh lima negara. 

Piala AFF 2020 sendiri meski statusnya setara pertandingan laga uji coba di agenda FIFA, namun bagi negara-negara di kawasan ASEAN ajang dua tahunan ini begitu bergengsi.

Baca Juga
Baca Juga

Sebab Piala AFF 2020 bisa menjadi ajang pembuktian diri suatu negara terhadap perkembangan sepak bolanya, khususnya Tim Nasional mereka.

Maka dari itu tidak seluruh peserta sangat serius dalam melakukan persiapan untuk terjun di Piala AFF 2020 ini. Pemanggilan pemain dengan kualitas terbaik juga dilakukan oleh para pelatih, guna meraih hasil maksimal.

Pemain berkualitas yang dipanggil memperkuat timnas di Piala AFF 2020 tentu memiliki nilai transfer yang tinggi sebanding dengan kemampuannya. 

Lantas negara mana di Piala AFF 2020 yang membawa banyak pemain berkualitas sehingga berimbas terhadap nilai skuat mereka. Berikut INDOSPORT mengulasnya dilansir dari Transfer Markt.


1. 1. Thailand (Rp172 Miliar)

Timnas Thailand Piala AFF.

Posisi pertama dipegang oleh Timnas Thailand. The War Elephant punya skuat yang total nilai pasarnya mencapai Rp172 miliar.

Besarnya angka ini tidak lepas dari banyaknya pemain Thailand yang berkarier di luar negeri beberapa di antaranya mengadu nasib di Benua Eropa.

Sehingga nilai skuat Thailand melonjak drastis. Sebut saja Thanawat Suengchitthawon yang bermain di Leicester City mempunyai nilai pasar Rp5 miliar lebih.

Serta Kawin Thamsatchanan yang membela klub Liga Belgia, OH Leuven mempunyai nilai pasar Rp4 miliar.

2. Malaysia (Rp106 Miliar)

Mantan juara Piala AFF 2010 ini juga dihuni oleh pemain dengan nilai pasar cukup tinggi di kawasan Asia Tenggara. Jika dihitung, total skuad Timnas Malaysia mencapai Rp106 miliar.

Nama Dion Johan Cools menjadi penyumbang terbesar di mana nilai pasarnya mencapai Rp26 miliar. Hal itu juga tidak lepas karier Dion yang bermain di Eropa, memperkuat FC Midtjylland klub ternama Denmark.

Baca Juga
Baca Juga

3. Vietnam (Rp79 Miliar)

Selanjutnya ada negara paling kuat saat ini di ASEAN dan Piala AFF 2020, yakni  Timnas Vietnam.

Di Piala AFF 2020, pelatih Park Hang-seo hanya mengandalkan pemain asli Vietnam yang berkarier di liga lokal.

Namun meski bermain di liga domestik, nilai pasar para pemain Vietnam cukup tinggi hingga mampu menempati urutan ke-3.

Total timnas Vietnam memiliki nilai pasar sebesar Rp79 miliar. Ada empat pemain yang memiliki nilai paling tinggi, dengan masing-masing Rp5 miliar.

4. Timnas Indonesia (Rp71 Miliar)

Timnas Indonesia sebagai salah satu negara besar di Asia Tenggara, juga masuk dalam jajaran skuat termahal di Piala AFF 2020.

Skuad Garuda total memiliki nilai pasar sebesar Rp71 miliar. Untuk pemain yang memiliki nilai paling tinggi dipegang oleh Asnawi Mangkualam.

Pemain berusia 22 tahun yang berkarier di Liga Korea Selatan memiliki nilai pasar sebesar Rp6 miliar. 

5. Filipina (Rp54 Miliar)

Terakhir ada Timnas Filipina yang menempati urutan kelima sebagai negara yang punya pemain termahal di pasar untuk Piala AFF 2020.

Diketahui, The Azkalz -julukan mereka- memiliki nilai pasar skuat sebesar Rp54 miliar. 

Dua pemain jadi penyumbang nilai terbesar yakni Bienve Maranon dan Jefferson David Tabinas. Keduanya memiliki pasar Rp6 miliar.

MalaysiaVietnamThailandSingapuraFilipinaTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTRIVIAPiala AFF 2020

Berita Terkini