x

Piala AFF 2020: 4 Pemain dengan Statistik Mentereng di Laga Timnas Indonesia vs Kamboja

Jumat, 10 Desember 2021 16:06 WIB
Editor: Juni Adi
Sebanyak empat pemain tampil menonjol di laga Timnas Indonesia vs Kamboja pada laga perdana Grup B Piala AFF 2020.

INDOSPORT.COM - Sebanyak empat pemain tampil menonjol di laga Timnas Indonesia vs Kamboja pada laga perdana Grup B Piala AFF 2020.

Timnas Indonesia sukses meraih kemenangan telak 4-2 atas Kamboja di laga perdana Grup B Piala AFF 2020, di Stadion Bishan, Singapura, Kamis (09/12/21) malam WIB.

Skuad Garuda unggul lebih dahulu melalui gol cepat gelandang Rachmat Irianto pada menit ke-4, memanfaatkan umpan silang sepak pojok.

Keunggulan Timnas Indonesia digandakan oleh Evan Dimas pada menit ke-17. Pada menit ke-33, Rachmat Irianto kembali mencatatkan namanya di papan skor, setelah bola hasil sundulan sepak pojok tak mampu dihadang kiper Kamboja.

Kamboja sempat memperkecil skor menjadi 3-1 setelah Yue Safy mencetak gol menit ke-37. Namun di babak kedua, Timnas Indonesia memperbesar keunggulan lewat sepakan Ramai Rumakiek pada menit ke-54.

Baca Juga
Baca Juga

Anak asuh Keisuke Honda sempat bangkit untuk menipiskan jarak skor menjadi 4-2, usai Prak Mony Udom mencetak gol dari tendangan bebas menit ke-60.

Namun hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor 4-2 untuk kemenangan Timnas Indonesia tak berubah. 

Hasil ini membuat Timnas Indonesia saat ini bertengger di posisi ke-2 klasemen sementara Grup B Piala AFF 2020 dengan koleksi tiga poin. Sementara Kamboja, harus puas di posisi ke-4 tanpa satu pun poin.

Usai pertandingan sejumlah pemain patut mendapat apresiasi lebih atas perjuangannya di lapangan. Sebab mereka tampil impresif dengan catatan statistik mentereng menurut laman Lapangbola.

Setidaknya ada empat pemain dengan statistik menonjol di laga Timnas Indonesia vs Kamboja. Siapa saja mereka? berikut ulasannya:


1. 1. Rachmat Irianto

Termasuk Rachmat Irianto, sebanyak empat pemain tampil menonjol di laga Timnas Indonesia vs Kamboja pada laga perdana Grup B Piala AFF 2020.

Nama Rachmat Irianto mendadak menjadi buah bibir di kalangan publik sepak bola Tanah Air, usai mampu melesakkan dua gol ke gawang Kamboja. 

Sejatinya pemain milik Persebaya Surabaya itu adalah seorang bek tengah, namun di era Shin Tae-yong diplot menjadi gelandang di Timnas Indonesia.

Kepercayaan Shin Tae-yong dibayar lunas oleh Irianto. Ia tampil apik dan menjadi poros permainan Timnas Indonesia. 

Aksi bertahan maupun menyerang Timnas Indonesia hampir selalu dimulai dari Irianto. Anak kandung Bejo Sugiantoro itu menjadi pemain yang paling sering melepas umpan sukses, 37 kali.

Baca Juga
Baca Juga

2. Chrerng Polroth

Chrerng Polroth menjadi pemain supersub Kamboja karena tampil cukup bagus setelah ia masuk sebagai pemain pengganti menit ke-57. 

Pemain berusia 24 tahun tersebut snagat mengubah permainan Kamboja, dengan banyak menebar ancaman ke gawang Timnas Indonesia. 

Polroth menjadi pemain yang paling sering melepas shots on target pada duel Timnas Indonesia vs Kamboja. Walau memulai laga pada babak kedua, Polroth melepas tiga shots on target.

3. Ricky Kambuaya

Ricky Kambuaya terpilih menjadi man of the match di laga Timnas Indonesia vs Kamboja versi AFF. Pemilihannya memang mengundang perdebatan, karena ia tidak mencetak gol di laga tersebut.

Akan tetapi AFF tentu mempunyai alasan tertentu memilih penggawa Persebaya itu, salah satunya ia sangat berkontribusi di lini tengah.

Determinasinya dalam membantu serangan dan bertahan membuat permainan Timnas Indonesia lebih dinamis.

Kambuaya, menurut Lapangbola, menjadi pemain yang paling sering melakukan recoveries (5 kali) atau mendapat penguasaan bola. Dia menjadi pemain yang aktif dalam pressing terhadap pemain lawan.

4. Syahrul Trisna

Shin Tae-yong membuat perjudian di laga perdana Grup B Piala AFF 2020 dengan memainkan penjaga gawang Syahrul Trisna di bawah mistar Timnas Indonesia.

Padahal ada M. Riandi yang lebih berpengalaman di laga-laga internasional bersama Timnas Indonesia. Kiper Tira-Persikabo itu memang gagal menjaga gawangnya untuk cleansheet, tetapi penampilannya juga sudah cukup bagus.

Syahrul Trisna melakukan empat kali penyelamatan pada duel Timnas Indonesia melawan Kamboja. Mayoritas terjadi pada babak kedua.

KambojaTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalRachmat IriantoBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2020

Berita Terkini