x

Profil Ridho Syuhada Putra, Pencetak Gol Pertama Garuda Select 4 di Inggris

Kamis, 23 Desember 2021 18:50 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto

INDOSPORT.COM - Berikut adalah profil Ridho Syuhada Putra, sang pencetak gol pertama untuk Garuda Select 4 di Inggris.

Skuat Garuda Select 4 masih belum bisa mencetak gol saat menghadapi laga uji coba kontra Port Vale U-18, pekan lalu.

Namun, saat menggelar laga uji coba kedua melawan Stevenage U-18, Rabu (22/12/21), Ridho Syuhada Putra berhasil mencetak gol dan membawa Garuda Select 4 menang.

Tak hanya satu, Ridho Syuhada mencetak gol kedua lewat freekick berkelas. Ridho dengan cerdas membidik sela-sela pagar betis dari barisan pemain Stevenage U-18.

Baca Juga
Baca Juga

Gol tambahan datang dari Hokky Caraka, membuat Garuda Select menang 3-2 atas Stevenage U-18. Namun, Ridho Syuhada tetap menjadi man of the match kali ini.

Ridho Syuhada dan Hokky Caraka memang pemain jebolan Garuda Select 3, tepatnya di tahun 2020 lalu. Ridho sendiri tercatat sebagai pemain PSIS Semarang U-18.

Meski Ridho lolos seleksi Garuda Select 3 sebagai wakil dari PSIS, namun gelandang serang ini merupakan seorang pesepak bola kelahiran Kuantan Siningi, Riau.

Baca Juga
Baca Juga

Ayah Ridho berasal dari Medan, Sumatera Utara, sementara sang Ibu berasal dari Aceh. Menariknya, kedua orang tua Ridho juga merupakan penggemar Si Kulit Bundar.

"Papa memang senang sepak bola. Saat mama mengandung, sering diajak nonton sepak bola. Bahkan ketika pertama kali bisa jalan, saya sudah langsung dikasih bola," ungkap Ridho dalam situs Garuda Select.


1. Ridho Syuhada: Sang Petualang Bermental Baja

Ridho Syuhada Putra, pemain Garuda Select 4 jebolan PSIS Semarang

Lahir di Sumatera, Ridho Syuhada justru mulai mengenyam sekolah sepak bola di Kalimantan. Ia masuk SSB Gasela Lamandau di usia 8 tahun. Berselang tiga tahun, Ridho pindah ke SSB Kobar Muda, Pangkalan Bun.

Kemudian, sejak lulus dari bangku sekolah dasar, Ridho mantap memilih tinggal sendiri di luar kota untuk menimba ilmu sepak bola, tanpa orang tua dan tanpa kerabat. Ia pun beranjak untuk merantau ke Pulau Jawa.

"Waktu itu mama tanya mau SMP di mana. Saya memilih di Jawa, karena sepak bola di sana lebih maju. Orang tua sempat khawatir karena kami tidak punya kerabat," ujarnya.

Baca Juga
Baca Juga

Tekad yang kuat itu akhirnya membuahkan hasil. Ridho Syuhada kemudian lolos seleksi di skuat PSIS Semarang U-16. Gelandang kelahiran tahun 2004 itu juga sempat ikut latihan bersama skuat U-18 dan U-20.

Tampil apik dalam Elite Pro Academy, Ridho Syuhada akhirnya dipanggil untuk seleksi Garuda Select, dan ia lolos menyisihkan ratusan pemain lainnya di posisi gelandang.

Tak hanya menjadi andalan di skuat Garuda Select 3, Ridho Syuhada dipanggil lagi oleh pelatih untuk bermain angkatan keempat, sehingga ia kembali ke Inggris di tahun ini.

InggrisPSIS SemarangBola InternasionalPSIS Semarang U-19Garuda SelectRidho Syuhada

Berita Terkini