x

Ngamuk Usai Kalah di Piala AFF, PSSI-nya Vietnam: Kiper Thailand Layak Kartu Merah!

Jumat, 24 Desember 2021 09:05 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
Ngamuk Usai Kalah di Piala AFF, Ketua Wasit Vietnam: Kiper Thailand, Chatchai Budprom, Layak Kartu Merah!

INDOSPORT.COM - Performa wasit Saoud Al-Abda yang dianggap buruk saat memimpin laga leg pertama semifinal Piala AFF 2020 antara Vietnam vs Thailand, Kamis (23/12/21), masih menjadi buah bibir. Bahkan, petinggi federasi sepak bola Vietnam (VFF) pun sampai berkomentar.

Duong Van Hien, anggota komite wasit VFF, beranggapan jika tim nasional negaranya sangat dirugikan oleh keputusan-kepusan Al-Abda. Terutama saat Vietnam mendapat kesempatan emas bikin gol di pengujung babak pertama.

Menerima umpan daerah terukur dari rekannya, Nguyen Van Toan dihadapkan dalam situasi tiga lawan satu dengan dua bek dan kiper Thailand, Chatchai Budprom. 

Baca Juga
Baca Juga

Sang penyerang kemudian sukses melewati hadangan si stopper, namun kemudian justru ditarik bagian pundaknya dan terjatuh.

Van Toan jelas tidak terima kala Al-Abda hanya memberikan kartu kuning alih-alih merah pada Budprom yang keluar jauh dari sarangnya. Pasalnya pemain nomor 9 Vietnam tersebut bisa saja merubah menipiskan ketertinggalan timnya menjadi 1-2.

"Menurut saya, kiper Chatchai Budprom layak diganjar kartu merah. Ia bikin pelanggaran saat lawan punya kesempatan terbuka bikin gol. Sayangnya wasit Saoud Al-Abda punya pendapat lain" ungkap Duong dikutip dari Bongda.

Baca Juga
Baca Juga

"Wasit mungkin berpikir jika Thailand masih punya dua pemain yang bisa mencegah terjadinya gol. Tetap saja Van Toan bisa menendang ke arah gawang dari jarak jauh," cetusnya.

"Baik Thailand maupun Vietnam bermain dengan sekuat tenaga. Hasilnya banyak pelanggaran keras dilakukan. Setiap tim punya momen di mana mereka seakan lepas kendali dan bisa saja melahirkan lebih banyak kartu," pungkasnya.


1. Terjal Menuju Final

Situasi pertandingan Thailand melawan Vietnam di Piala AFF 2020

Vietnam kini harus mendaki bukit terjal saat menjalani leg kedua yang digelar pada Minggu (26/12/21). Setidaknya The Golden Star Warriors harus mencetak tiga gol tanpa balas untuk lolos otomatis ke final. 

Mental pasukan Park Hang-seo juga akan diuji karena mereka baru saja menelan kekalahan langka di kancah Asia Tenggara. Sejak dipegang oleh juru taktik asal Korea Selatan tersebut, Vietnam sempat tidak terkalahkan di 33 pertandingan melawan sesama negara ASEAN.

VietnamThailandWasitPiala AFFBola InternasionalTimnas ThailandTimnas VietnamPiala AFF 2020

Berita Terkini