x

Jelang Final Piala AFF 2020, Coach Justin: Jangan Parkir Bus Lawan Thailand

Rabu, 29 Desember 2021 14:29 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil

INDOSPORT.COM - Jelang final leg 1 Piala AFF 2020, Rabu (29/12/21) malam, Coach Justin mengusulkan agar Timnas Indonesia tak perlu parkir bus saat melawan Thailand.

Komentator sekaligus pengamat sepak bola, Justinus Lhaksana alias Coach Justin masih menjagokan Timnas Indonesia di final Piala AFF 2020, meski Thailand lebih diunggulkan

Pasalnya, Thailand memang cukup bagus di level Asia Tenggara, dengan menjuarai lima kali Piala AFF, tapi mereka tidak lebih bagus dari Vietnam di kancah sepak bola Asia.

Baca Juga
Baca Juga

"Apakah Thailand hebat? Nggak juga. Mungkin hebat di Asean, tapi kita juga tahu, lolos di Kualifikasi Piala Dunia aja enggak," ucap Coach Justin di kanal Youtube-nya.

"Vietnam masih lolos, walaupun di paling bawah, nol menang. Setidaknya Vietnam masih lolos, Thailand enggak. Jadi di Asia, Thailand juga bukan apa-apa," imbuhnya.

Di sisi lain, Timnas Indonesia memang ada di level yang lebih rendah dari Thailand, baik untuk level fisik, sistem bermain, maupun pengalaman dan mental juara di Piala AFF.

Baca Juga
Baca Juga

Dengan demikian, sedikit banyak Coach Justin bisa memprediksi, seperti apa taktik yang akan dilancarkan Thailand saat bersua Timnas Indonesia di final, Rabu (29/12/21).

"Thailand kemungkinan akan berusaha membuat ball possession, membangun serangan dari belakang, dan berusaha melakukan penetrasi," jelas Coach Justin.


1. Jangan Parkir Bus, Ini Alasannya

Witan Sulaeman dalam Laga Timnas Indonesia vs Vietnam di Piala AFF 2020

Jika berkaca pada laga sebelumnya, Timnas Indonesia sempat menerapkan taktik Parkir Bus saat menghadapi tim kuat Vietnam di babak penyisihan grup Piala AFF 2020.

Taktik ini berhasil. Timnas Indonesia bisa menahan imbang Vietnam dengan skor 0-0. Namun bagi Coach Justin, hal ini tidak perlu dilakukan saat melawan Thailand nantinya.

"Apakah kita harus parkir bis kayak lawan Vietnam, no, karena saat kita parkir bis, jarak untuk counter itu terlalu jauh, kecuali kita sudah unggul 1-0, 2-0," jelas Coach Justin.

Baca Juga
Baca Juga

"Pemain harus tahu kapan melakukan pressure, kapan melakukan zona, kapan melakukan man to man, karena Thailand cukup bagus dengan bola-bola pendek," tuntasnya.

Maka, masih ada harapan Timnas Indonesia bisa menang atas Thailand di final leg 1 Piala AFF 2020, Rabu (29/12/21), dan final leg 2 yang digelar pada Sabtu (01/01/22).

ThailandJustinus LhaksanaTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongCoach JustinPiala AFF 2020

Berita Terkini