x

Jelang Final Piala AFF, Pandit Vietnam Sebut Thailand Kalah Jauh dari Timnas Indonesia

Rabu, 29 Desember 2021 13:19 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Chanathip Songkrasin dan Witan Sulaeman

INDOSPORT.COM – Berbicara mengenai adu kekuatan timnas Indonesia vs Thailand jelang final Piala AFF 2020, skuat Pasukan Gajah Perang dianggap bukan lawan yang tangguh.

Hal ini dikemukakan oleh pakar sepak bola asal Vietnam, Doan Minh Xuong, yang baru-baru ini mengevaluasi performa timnas negaranya usai tersingkir di Piala AFF 2020, seperti dilansir dari Vietnam Express.

Baca Juga
Baca Juga

Sebagaimana diketahui, Vietnam gagal mempertahankan gelar juara usai dikalahkan Thailand dengan skor agregat 0-2 dalam dua leg semifinal Piala AFF 2020.

Selanjutnya, Thailand akan menghadapi timnas Indonesia yang melaju ke final usai susah payah mengalahkan tuan rumah Singapura dengan keunggulan agregat 5-3.

Timnas Indonesia diyakini bakal habis-habisan menghadapi Thailand yang sudah pernah lima kali menjadi juara di Piala AFF. Namun kali ini Doan Minh Xuong mengatakan hasil bisa berkata lain.

Menurut Doan Minh Xuong, Thailand tidak layak menjadi juara karena tidak memiliki gaya permainan yang khas. Hal ini terlihat jelas dari trik-trik skuat Thailand di semifinal kemarin.

Baca Juga
Baca Juga

“Jika Vietnam bermain dengan kekuatan sejati mereka, Thailand tidak akan menjadi lawan yang tangguh,” ujar Doan Minh Xuong.

“Melihat performa Thailand, saya rasa mereka tidak pantas menjadi juara. Mereka sangat praktis dan tidak memiliki gaya permainan tertentu. Di leg pertama semifinal, mereka memainkan serangan balik dan menggunakan trik untuk memprovokasi Vietnam,” jelasnya.


1. Kalah Jauh dari Timnas Indonesia

Indonesia vs Thailand

Selain itu, armada Alexandre Polking diyakini hanya mengandalkan satu dua pemain berpengalaman, seperti Chanathip Songkrasin atau Teerasil Dangda.

“Thailand memang lebih kuat berkat individu-individu berpengalaman yang memiliki kemampuan untuk membuat perbedaan seperti Chanathip Songkrasin atau Teerasil Dangda, tetapi dari segi gaya bermain, saya lebih memilih Indonesia,” tandas Doan Minh Xuong.

Bisa dipahami, timnas Indonesia memang tampil mengesankan di sepanjang Piala AFF 2020. Dilatih juru taktik sekaliber Piala Dunia, Shin Tae-yong, Timnas Garuda memiliki kekuatan muda nan sensasional.

Asnawi Mangkualam, Evan Dimas dan Irfan Jaya, Rachmat Irianto yang sudah langganan membela timnas dibantu sejumlah pemain impor luar negeri seperti Egy Maulana Vikri, Elkan Baggott, Syahrian Abimanyu, dan Witan Sulaeman.

Selain itu, pressing tinggi, serangan balik cepat, dan pertahanan rapat, dinilai menjadi tiga kekuatan utama timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong.

Bertindak sebagai tuan rumah, timnas Indonesia akan menghadapi Thailand di leg pertama final Piala AFF 2020 Rabu (29/12/21), malam WIB di National Stadium, Singapura.

VietnamTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTimnas ThailandBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2020

Berita Terkini