x

3 Pertanyaan Kontroversi Deddy Corbuzier kepada Shin Tae-yong

Rabu, 12 Januari 2022 07:27 WIB
Editor: Juni Adi
Shin Tae-yong, Latihan Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2020 di Singapura

INDOSPORT.COM - Pertanyaan Deddy Corbuzier kepada Shin Tae-yong di Podcast miliknya, Close The Door, dinilai banyak yang kurang tepat.

Mantan magician ternama Indonesia, Deddy Corbuzier kini dikenal sebagai seorang konten creator dengan program andalannya, Podcast Close The Door yang salah satunya tayang di platform media sosial Youtube.

Sudah banyak sosok ternama yang hadir ia wawancarai di Close The Door mulai dari pejabat publik seperti para menteri hingga sosok ternama Wakil Presiden RI, Ma'aruf Amin, pernah tampil.

Terbaru adalah hadirnya pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pada Selasa (11/01/22) kemarin. Pria asal Korea Selatan itu saat ini namanya memang sudah banyak dikenal.

Baca Juga
Baca Juga

Hal tersebut tidak lepas dari keberhasilannya membawa Skuad Garuda tampil apik di Piala AFF 2020 lalu hingga masuk final. Sayang di partai puncak Timnas Indonesia dibungkam Thailand dengan skor agregat 6-2. 

Sayangnya banyak publik yang kecewa dengan hasil wawancara antara Deddy Corbuzier dengan Shin Tae-yong di Close The Door berdurasi 54 menit itu.

Kekecewaan mereka kebanyakan tentang kualitas pertanyaan-pertanyaan dari Deddy Corbuzier yang dinilai jauh dari ekspektasi penonton mayoritas pecinta sepak bola.

Bahkan Shin Tae-yong sendiri beberapa kali sempat menyindir sejumlah pertanyaan pria yang karib disapa Om Ded itu lantaran dianggap tidak tepat untuk dilontarkan.

Pelatih Bisa Main Sepak Bola?

Salah satunya adalah ketika Shin Tae-yong melongo usai mendapat pertanyaan dari Deddy Corbuzier tentang pelatih sepak bola di awal acara dimulai.

"Sama saya penasaran satu hal. Apakah pelatih sepak bola, coach bisa main sepak bola?" tanya Deddy Corbuzier.

Mendengar pertanyaan itu, ia pun kaget dan tersenyum. Mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu sampai meledek kualitas pertanyaan sang pemilik podcast.

"Kualitas pertanyaannya mungkin sangat di bawah," ucap Shin Tae-yong.

Lantas Deddy Corbuzier meluruskan bahwa ada pelatih, misalnya pelatih tinju, tapi tidak bisa bertinju. Alhasil mantan pelatih timnas Korea Selatan itu paham dengan apa yang ditanyakan oleh Deddy Corbuzier.

Shin Tae-yong lalu menjelaskan bahwa ia masih bisa bermain sepak bola dasar dengan bagus meski usianya sudah menginjak kepala lima. 


1. Dikritik Publik

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong berfoto bersama penerjemah bahasa, Jeong Seok-seo.

Jokes Korea Utara

Pertanyaan lain yang kemudian banyak dikritik adalah saat Deddy Corbuzier melakukan guyonan tentang idenya membawa ahli nutrisi dari Korea Utara untuk Timnas Indonesia di menti ke-20.

Padahal hubungan antara Korea Selatan dengan Korea Utara sendiri masih memanas, terkait politik internasional kedua negara yang tak kunjung damai.

"Gimana kalo kita mengundang ahli gizi dan fisik dari Korut? Kan mereka tegas2 dan galak," ucap Deddy.

Soal Wanita Indonesia

Selanjutnya ketika Deddy Corbuzier menanyakan pendapat Shin Tae-yong soal wanita-wanita Indonesia di menit ke-32.

Baca Juga
Baca Juga

Publik menilai pertanyaan tersebut tidak tepat, lantaran Shin Tae-yong sudah mempunyai istri, untuk menjaga perasan pasangan hidupnya tersebut.

Terlebih podcast milik Deddy ini bisa disaksikan khalayak ramai termasuk sang istri Shin Tae-yong, Cha Young-ju yang tinggal di Korea Selatan.

Kendati demikian, Shin Tae-yong sendiri menanggapinya dengan santai. "Ramah dan sopan, ada yang cantik dan ada juga yang tidak," jawab pria berusia 51 tahun tersebut.

Shin Tae-yong sendiri saat ini tengah disibukan untuk mempersiapkan agenda terdekatnya yaitu FIFA Matchday melawan Bangladesh dan juga kejuaran Piala AFF U-23. 

Tak hanya itu, Shin Tae-yong tentu akan mencari talenta muda baru untuk dibawa pada Piala AFF U-23 2022.

Terlebih, Shin Tae-yong sudah mengisyaratkan tidak akan membawa pemain abroad seperti Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman, dan Elkan Baggott di FIFA Matchday.

Berikut beberapa kritikan dari publik:

Timnas IndonesiaLiga IndonesiaDeddy CorbuzierBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini