x

Tak Hanya Cyrus Margono, Deretan Kiper Berdarah Indonesia yang Berkarier di Eropa

Rabu, 2 Februari 2022 20:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Cyrus Margono disebut segera dinaturalisasi. Namun, selain dirinya, masih ada kiper keturunan Indonesia lainnya yang berkarier di Eropa seperti Emil Audero. (Foto: Giuseppe Bellini/Getty Images)

INDOSPORT.COM Cyrus Margono disebut bakal segera dinaturalisasi. Namun, selain dirinya, masih ada sejumlah kiper keturunan Indonesia lainnya yang berkarier di Eropa seperti Emil Audero.

Nama Cyrus Margono tengah menjadi perbincangan. Pasalnya, kiper muda yang bermain di Panathinaikos itu mendadak mengunjungi Dubes RI untuk Yunani di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Athena, akhir pekan lalu.

Melalui akun Instagram resmi, pihak Kedubes pun kemudian mengungkapkan alasan digelarnya pertemuan antara Cyrus dengan Dubes Bebeb Djundjunan, yakni untuk bertukar pikiran.

“Pada 28/1 lalu, Duta Besar LBBP RI @bebebdjundjunan menerima kunjungan Cyrus Margono @cmargono, salah satu atlet sepakbola keturunan Indonesia yang saat ini bermain untuk klub Panathinaikos (@fcpanathinaikos),” tulis pihak Kedubes di caption unggahan.

Baca Juga
Baca Juga

“Suatu pengalaman yang menyenangkan bisa bertukar pikiran dengan salah satu putra keturunan Indonesia yang berkiprah di tingkat internasional. Sukses selalu, @cmargono!”

Unggahan itu kemudian diunggah ulang oleh Cyrus di akun Instagramnya, disertai tulisan “Sebentar lagi #KitaGaruda.

Unggahan Instagram Story Cyrus Margono inilah yang kemudian menimbulkan spekulasi bahwa ia akan segera dinaturalisasi sehingga bisa bergabung dengan timnas Indonesia.

Meski demikian, sejatinya ia tak perlu menjalani proses naturalisasi karena ia memiliki kewarganegaraan ganda yakni Amerika Serikat dan Indonesia. Dengan demikian, ia hanya perlu melepaskan kewarganegaraan AS dan menjadi WNI, sebelum mencapai usia 21 tahun.

Baca Juga
Baca Juga

Menariknya, Cyrus yang berusia 20 tahun ini sejatinya sudah sempat masuk radar tim pelatih Indonesia yang dipimpin Shin Tae-yong. Namun, ketika dihubungi oleh tim pelatih, ia tak memberikan respons.

Sebelumnya, Cyrus Margono sudah jadi perbincangan beberapa bulan lalu ketika ia resmi dikontrak oleh Panathinaikos. Kiper setinggi 191 senti itu diproyeksikan untuk membela tim B setelah berhasil mencuri perhatian selama menjalani trial 2 minggu.

Di sisi lain, Cyrus Margono bukan satu-satunya kiper keturunan Indonesia yang saat ini berkarier di luar Tanah Air. Ada setidaknya 4 nama lain yang bermain di Eropa. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya:

 

1. Ada Pemain Timnas Junior Italia dan Jerman

Daniel Klein, Kiper berdarah Bali yang direkrut Klub Bundesliga Jerman

Dayen Gentenaar

Dayen Gentenaar adalah kiper muda berusia 21 tahun yang kini membela tim AFC Amsterdam U-21. Dalam wawancana bersama Yussa Nugraha, Dayen mengaku memiliki darah Indonesia dari sang ayah.

“Ayah saya dari Indonesia. Dia dari Bandung. Saya sebenarnya ingin ke Indonesia, untuk lihat bagaimana di sana, dan untuk bermain sepakbola di sana,” katanya kepada Yussa.

Sang ayah, Dennis Gentenaar, adalah mantan pesepak bola profesional yang merupakan legenda NEC Nijmegen, dan membela klub tersebut selama 10 tahun. Dennis yang juga berposisi kiper, juga pernah bergabung dengan tim-tim raksasa seperti Borussia Dortmund dan Ajax.

Dayen sendiri sebelum bergabung dengan AFC Amsterdam yang berkompetisi di kasta ketiga Belanda, sempat berkarier di Uni Emirat Arab bersama Al-Wahda.

Robin Soeradhiningrat

Robin Soeradhiningrat merupakan kiper muda yang berkarier di Jerman. Ia membela klub FC Germania Egestror/Langreder yang berkompetisi di kasta kelima.

Meski memiliki nama yang sangat khas Indonesia, alumni akademi Hannover 96 itu justru pernah disebut memiliki darah Vietnam oleh situs Transfermarkt. Namun, hal ini kemudian dibantah langsung Robin Soerdhiningrat yang menyebut orang tuanya adalah WNI asli yang menetap di Jerman.

Meski demikian, Robin yang saat ini berusia 20 tahun telah memegang paspor Jerman.

Daniel Klein

Satu lagi kiper muda keturunan Indonesia yang berkarier di Jerman adalah Daniel Klein. Penjaga gawang 20 tahun ini saat ini membela FC Augsburg yang berkompetisi di kasta tertinggi Liga Jerman.

Memiliki darah Indonesia dari sang ibu yang berasal dari Bali, Daniel Klein merupakan kiper muda papan atas. Sejauh ini, ia bahkan sudah beberapa kali tampil membela timnas junior Jerman, mulai dari kelompok usia U-15, U-16, U-17, U-18, hingga U-19.

Sebelum membela Augsburg, Klein juga pernah membela klub besar Jerman lainnya yakni Hoffenheim di kelompok U-17 dan U-19 serta tampil di kompetisi tingkat UEFA.

Emil Audero Mulyadi

Emil Audero Mulyadi merupakan sosok paling senior dan berpengalaman di daftar ini. Pemain 25 tahun kelahiran Lombok ini sempat membela Juventus dan kini menjadi kiper utama klub Serie A, Sampdoria.

Sama seperti Klein, Emil Audero juga berpengalaman di level timnas, dengan membela Italia mulai dari kelompok U-15 hingga U-21.

Emil Audero sempat masuk dalam daftar pemain yang diinginkan untuk dinaturalisasi, tapi rencana itu ditolak sang ayah yang berharap anaknya bisa menembus timnas senior Italia termasuk berlaga di Piala Dunia.

SampdoriaPanathinaikosNaturalisasiAugsburgEmil Audero MulyadiTimnas IndonesiaBola InternasionalBakat Muda IndonesiaBola IndonesiaBerita Timnas IndonesiaDayen GentenaarCyrus Margono

Berita Terkini