x

Bintang Chelsea Hakim Ziyech Resmi Pensiun dari Timnas Maroko

Rabu, 9 Februari 2022 15:09 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Bintang Chelsea Hakim Ziyech mengumumkan tidak akan membela Timnas Maroko.

INDOSPORT.COM – Bintang Chelsea, Hakim Ziyech, mengumumkan pensiun dari tugasnya di timnas Maroko menyusul pertengkaran hebat dengan pelatih Vahid Halilhodzic.

Dilansir dari The Sun, keputusan Hakim Ziyech tidak akan lagi membela timnas negaranya di usianya yang baru 28 tahun terebut diungkapkan saat konferensi pers jelang Piala Dunia Antarklub.

Seperti diketahui, Ziyech akan ambil bagian di skuat Chelsea asuhan Thomas Tuchel yang akan bermain melawan Al Hilal dari Arab Saudi di semifinal Piala Dunia Antarklub, Rabu (09/02/22) malam WIB.

Baca Juga
Baca Juga

Keputusan mengejutkan dari Hakim Ziyech ini juga diabadikan dalam video yang diunggah jurnalis Foot Mercato, Hanif Ben Berkane, di akun Twitter-nya, pada Selasa kemarin.

“Jelas saya memahami mereka (para penggemar), tetapi saya tidak akan kembali ke tim nasional (Maroko),” ujar Hakim Ziyech.

“Ini keputusan akhir saya. Semuanya sudah jelas bagaimana situasi saya di sana. Saya fokus pada apa yang saya lakukan, dan saat ini adalah klub saya (Chelsea),” jelasnya.

Hakim Ziyech sendiri diketahui memang belum membela Timnas Maroko sejak Juni lalu. Namanya juga tidak dipanggil timnas Maroko untuk turnamen Piala Afrika awal tahun 2022.

Saat itu, pelatih Halilhodzic dengan tegas menyatakan bahwa Ziyech tidak akan dipilih untuk tim nasional, bahkan jika namanya diganti jadi Lionel Messi.

Baca Juga
Baca Juga

“Ya mau bagaimana lagi, itu keputusan (Halilhodzic) dan Anda harus menghormatinya. Jika dia mengatakan kebohongan, itu jelas bagi saya,” lanjut Ziyech.

“Seperti yang saya katakan sebelumnya, saya tidak akan kembali ke tim nasional. Saya merasa kasihan pada (para penggemar), tetapi itulah situasinya sekarang.”


1. Hakim Ziyech Pensiun Bela Timnas Maroko

Hakim Ziyech

Lebih lanjut, Ziyech bersikeras bahwa dia tidak akan berubah pikiran soal keputusannya pensiun dari timnas. Bahkan, jika Maroko memastikan lolos ke Piala Dunia di Qatar.

Sekedar mengingatkan, Hakim Ziyech memang memiliki hubungan yang buruk dengan pelatih timnas Vahid Halilhodzic sejak tahun lalu.

Saat itu, Halilhodzic menuduh bintang The Blues berpura-pura cedera demi tidak dipanggil untuk pertandingan persahabatan musim panas lalu. Namun, tuduhan itu dibantah Ziyech.

Pemain kelahiran Belanda itu mewakili Belanda di level junior sebelum melakukan debut seniornya untuk Maroko pada 2018 setelah berpindah kewarganegaraan.

Hakim Ziyech telah mencatatkan 40 caps dan mencetak 17 gol untuk negaranya, dengan penampilan terakhirnya terjadi pada bulan Juni 2021 dalam kemenangan persahabatan 1-0 atas Burkina Faso.

ChelseaMarokoHakim ZiyechBola Internasional

Berita Terkini