x

Adam Webster, Bek Brighton yang Jadi Buruan Anyar Chelsea untuk Musim Panas

Senin, 14 Februari 2022 17:10 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Adam Webester, bek Brighton incaran Chelsea. FOTO: Reuters/Andrew Boyers

INDOSPORT.COM – Mengenal Adam Webster, bek milik Brighton yang menjadi alternatif Chelsea di bursa transfer musim panas 2022 nanti.

Nama Adam Webster muncul ke permukaan setelah Chelsea dilaporkan menjadikannya alternatif jika bek-beknya hengkang pada musim panas mendatang.

Sebagaimana diketahui, Chelsea berpotensi kehilangan tiga bek sekaligus pada diri Antonio Rudiger, Andreas Christensen dan Cesar Azpilicueta karena kontrak ketiganya yang akan habis pada Juni 2022 mendatang.

Baca Juga
Baca Juga

Untuk mengantisipasi kepergian ketiganya, Chelsea dilaporkan tengah mencoba untuk kedua kalinya mendatangkan Jules Kounde dari Sevilla.

Namun, Jules Kounde saja rasanya tak cukup bagi Chelsea. Untuk itu, The Blues dilaporkan melirik Adam Webster dari Brighton & Hove Albion.

Dilaporkan oleh media Inggris seperti Daily Mail dan Express, Chelsea akan mencoba membujuk Brighton untuk melepas bek berusia 27 tahun itu.

Baca Juga
Baca Juga

Chelsea tertarik karena penampilannya di level tertinggi bersama Brighton. Selain itu, Adam Webster merupakan pemain yang berstatus Homegrown.

Brighton pun diyakini akan melepasnya dengan harga yang tak terlampau mahal. Diyakini, The Seagulls akan melego Adam Webster berkisar 30 juta poundsterling (Rp580 miliar).

Lantas, bagaimana sejatinya kualitas Adam Wesbter? Mengapa bek milik Brighton itu sampai dilirik Chelsea untuk menggantikan para pemain belakangnya?


1. Pengganti Sepadan Christensen?

Adam Webster melakukan selebrasi pada laga melawan Watford. FOTO: Reuters/Andrew Boyers

Alasan utama mengapa Chelsea mendatangkan Adam Webster tentu sebagai alternatif utama ketika salah satu tiga beknya pergi.

Kemungkinan perginya salah satu dari tiga bek Chelsea ini terbuka lebar, di mana nama Andreas Christensen menjadi nama paling yang santer dikabarkan hengkang.

Christensen sendiri belum menunjukkan tanda-tanda perpanjangan kontrak layaknya Rudiger dan Azpilicueta seperti laporan yang beredar.

Apalagi, pemain asal Denmark itu tengah diincar Bayern Munchen dan Barcelona. Diyakini, Christensen pun tak menolak kemungkinan pindah ke dua tim tersebut.

Alhasil, Chelsea pun melirik Adam Webster. Apalagi statusnya sama dengan Christensen, yakni bek tengah dan seorang Homegrown Player.

Namun, antara Christensen dan Adam Webster, siapakah yang lebih andal saat bermain? Untuk itu, INDOSPORT.com perlu membedah kualitas di antara keduanya.

Untuk mengetahui catatan keduanya, INDOSPORT.com melihat statistik Adam Wesbter dan Christensen dalam 365 hari terakhir seperti yang dilansir dari FBRef.

Non-Penalty Goals: 0,16 gol per 90 menit
Rataan Operan: 72,13 per 90 menit
Operan Sukses: 84,5 persen per 90 menit
Operan ke Area Lawan: 4,32 kali per 90 menit
Dribel ke Area Lawan: 5,11 kali per 90 menit
Tekanan ke Lawan: 8.07 kali per 90 menit
Tekel: 1,37 kali per 90 menit
Intersep: 1,95 kali per 90 menit
Blok: 2,16 kali per 90 menit
Sapuan: 4,9 kali per 90 menit
Menang Duel Udara: 3,22 kali per 90 menit.

Non-Penalty Goals: 0,02 gol per 90 menit
Rataan Operan: 72,43 per 90 menit
Operan Sukses: 92,2 persen per 90 menit
Operan ke Area Lawan: 3,51 kali per 90 menit
Dribel ke Area Lawan: 4,79 kali per 90 menit
Tekanan: 8,23 kali per 90 menit
Tekel: 1,05 kali per 90 menit
Intersep: 2,70 kali per 90 menit
Blok: 1,62 kali per 90 menit
Sapuan: 4,79 kali per 90 menit
Menang Duel Udara: 3 kali per 90 menit

Terlihat dari catatan masing-masing, Adam Webster unggul dalam kemampuan mencetak gol dibanding Christensen. Hal ini ditunjang dengan postur tubuhnya.

Adam Webster memiliki tinggi 1.92 meter, sedangkan Christensen berpostur 1,88 meter. Tak pelak perbedaan postur ini juga membuat Adam Webster menang dalam duel udara ketimbang Christensen.

Meski punya postur tinggi menjulang, Adam Webster nyatanya tak kaku saat bergerak atau membawa bola. Hal ini terlihat dari dribel ke area lawan yang mencapai 5,11 kali per 90 menit. Sedangkan Christensen hanya mampu menggiring bola ke area lawan sebanyak 4,79 kali per 90 menit.

Meski kalah dalam duel udara, urusan mencetak gol, dan berpartisipasi dalam membongkar pertahanan lawan, Christensen unggul dari Adam Webster dalam perihal mengoper bola.

Dengan rataan operan yang hampir sama, Christensen unggul dalam akurasi yakni sebesar 92,2 persen ketimbang Adam Webster dengan 84,5 persen saja.

Sedangkan dalam membaca pergerakan bola, Christensen unggul saat melakukan intesep dengan rata-rata 2,7 kali dibandingkan Adam Webster dengan 1,95 kali.

Dari catatan-catatan itu, terlihat bahwa Adam Webster dan Christensen punya tipikal berbeda. Hanya saja, Webster hampir menyamai catatan Christensen dalam poin-poin penting, salah satunya saat menjadi distributor bola.

Lantas, apakah Adam Webster cocok dan dirasa cukup untuk menggantikan Christensen? Jika melihat dari statistik, maka jawab itu cocok.

Hanya saja, keputusan ada di tangan Chelsea dan Thomas Tuchel. Apalagi jika melihat dari sisi finansial, termasuk membandingkan lebih mahal mana ongkos mendatangkan Adam Webster atau memperpanjang kontrak Andreas Christensen.

ChelseaBrighton & Hove AlbionIn Depth SportsAndreas ChristensenSepak BolaJules Kounde

Berita Terkini