x

Anthony Elanga, Wonderkid Penyelamat yang Bikin Manchester United Lupakan Mason Greenwood

Kamis, 24 Februari 2022 13:55 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Manchester United nyaris dikalahkan Atletico Madrid di Liga Champions andai bukan karena Anthony Elanga, wonderkid yang bikin mereka lupakan Mason Greenwood. Foto: REUTERS/Juan Medina

INDOSPORT.COM – Manchester United nyaris dikalahkan Atletico Madrid di Liga Champions andai bukan karena Anthony Elanga, wonderkid yang bikin mereka lupakan Mason Greenwood.

Masih memainkan laga leg pertama babak 16 besar, laga seru tersaji di Liga Champions tengah pekan ini ketika Atletico Madrid menjamu Manchester United, Kamis (24/02/22) dini hari WIB.

Seperti diketahui, Setan Merah lolos ke babak 16 besar UCL sebagai juara Grup F, mengungguli Villarreal, Atalanta, dan Young Boys. Sementara itu, Los Rojiblancos adalah runner up Grup B di bawah Liverpool.

Tampil di kandang lawan di Wanda Metropolitano, Manchester United yang menurunkan Cristiano Ronaldo didukung trio Bruno Fernandes, Jadon Sancho, dan Mason Greenwood sudah tertinggal ketika laga baru memasuki menit ketujuh.

Baca Juga
Baca Juga

Joao Felix sukses mencebol gawang David de Gea lewat gol sundulan sambil menjatuhkan diri, memanfaatkan umpan silang Renan Lodi.

Setan Merah pun mencoba membalas, tapi hingga 45 menit pertama berakhir mereka bahkan tak mampu melepaskan tembakan ke gawang Jan Oblak.

Hingga pertengahan babak kedua, Manchester United masih tak bisa menembus pertahanan Atletico. Di menit ke-75, Ralf Rangnick pun memasukkan Anthony Elanga menggantikan Marcus Rashford.

Pemain 19 tahun itu hanya butuh 5 menit untuk menjadi pahlawan. Menit ke-80, ia sukses menjebol gawang Oblak lewat tembakan mendatar, menuntaskan umpan terobosan Bruno Fernandes.

Baca Juga
Baca Juga

Istimewanya, gol ini tercipta lewat tembakan pertama MU ke gawang Atletico Madrid di pertandingan tersebut. Tak hanya itu, ini juga menjadi gol pertama Elanga di Liga Champions sepanjang kariernya.

Gol Elanga itu pada akhirnya meloloskan Manchester United dari kekalahan, sekaligus membuat mereka pulang dengan modal bagus untuk menghadapi leg kedua di Old Trafford pada 16 Maret 2022 nanti.

Bagi Elanga sendiri, gol ini meneruskan tren apiknya belakangan ini. Wonderkid Swedia itu kini tercatat sudah mencetak 3 gol untuk MU, dengan 2 di antaranya diciptakan dalam 2 laga terakhir.

 

1. Nyaris Dibuang dan Sempat Jadi Kambing Hitam

Anthony Elanga, wonderkid Manchester United. (Ash Donelon/Manchester United via Getty Images)

Lahir di Malmo, Swedia, Anthony Elanga bergabung dengan akademi Manchester United pada usia 12 tahun hingga akhirnya menjalani debut di tim utama pada 11 Mei 2021, ketika menghadapi Leicester City di Liga Inggris.

Ketika itu, Elanga turun sebagai menggantikan Marcus Rashford di menit ke-68, dalam laga yang berakhir dengan kekalahan 1-2 tersebut.

Pertengahan musim ini, manajemen MU sejatinya ingin meminjamkan Elanga. Namun langkah itu dicegah Ralf Rangnick.

“Dia nyaris dipinjamkan Januari kemarin, tapi saya berkata kepadanya, ‘tidak, kamu harus bertahan,’ ungkap Rangnick seperti dilansir jurnalis Fabrizio Romano.

Rangnick kemudian memberi Elanga kesempatan main lebih banyak. Musim ini, Elanga sudah tampil 12 kali untuk MU, yang seluruhnya terjadi di era kepelatihan Rangnick. Laga pertamanya musim ini pun adalah laga debut Rangnick melatih MU, yakni saat menghadapi Crystal Palace.

Sejauh ini, ia sudah mencetak 3 gol untuk MU, dengan 2 gol sebelumnya tercipta ke gawang Brentford dan Leeds United di Liga Inggris

Elanga sejatinya sempat menjadi kambing hitam tersingkirnya MU di Piala FA. Ketika itu, ia gagal mencetak gol di adu penalti saat menghadapi Middlesbrough di babak kelima.

Namun, meski baru berusia 19 tahun, ia membuktikan ketangguhan mentalnya dengan segera bangkit dan tampil lebih baik lagi daripada sebelumnya.

Performa apik Anthony Elanga ini pun membuat Manchester United mulai melupakan Mason Greenwood. Seperti diketahui, Greenwood memang ditepikan dari skuat usai terkena kasus kekerasan terhadap sang kekasih.

Elanga sendiri memang memiliki permainan yang cukup mirip dengan Greenwood, yakni mengandalkan kecepatan untuk menusuk ke kotak penalti dan finishing mumpuni.

Jika terus meningkatkan performanya, bukan tidak mungkin Elanga akan sukses merebut tempat utama di sektor sayap, dan membuat Greenwood harus rela menjadi pelapis jika akhirnya nanti kembali.

Apalagi, pesaing lainnya seperti Marcus Rashford juga kerap tampil mengecewakan, seperti yang terlihat di laga melawan Atletico Madrid.

Menarik ditunggu apakah kesuksesannya menjadi pahlawan Manchester United di Liga Champions akan membuat Ralf Rangnick memberikan kesempatan lebih banyak lagi kepada Anthony Elanga di sisa musim ini, khususnya sebagai starter.

Atletico MadridManchester UnitedLiga ChampionsMason GreenwoodBerita Liga Champions EropaAnthony Elanga

Berita Terkini