x

EA Sports Akan Hapus Semua yang Berbau Rusia di FIFA 22 Imbas Konflik dengan Ukraina

Kamis, 3 Maret 2022 14:35 WIB
Penulis: Aji Prakoso | Editor: Juni Adi
Gelandang Timnas Rusia, Denis Cheryshev

INDOSPORT.COM - EA Sports telah mengumumkan secara resmi bahwa tim nasional (timnas) Rusia dan klub Rusia akan dihapus dari  game virtual FIFA 22.

Langkah itu dilakukan sebagai sanksi atas militer Rusia ke Ukraina, yang telah meningkat selama beberapa hari terakhir.

Sebelumnya FIFA dan UEFA mengkonfirmasi awal pekan ini bahwa tim nasional Rusia dan klub sepak bola Rusia telah diskors dari semua kompetisi sepak bola.

Mereka juga tidak akan lagi menjadi pilihan bagi pemain di  game virtual populer FIFA, yang tersedia di konsol PlayStation 4, PlayStation 5, Nintendo Switch, dan Xbox.

Baca Juga
Baca Juga

Sebuah pernyataan resmi dari EA Sports mengatakan: “EA Sports berdiri dalam solidaritas dengan rakyat Ukraina dan seperti banyak suara di dunia sepak bola, menyerukan perdamaian dan diakhirinya invasi ke Ukraina.

“Sejalan dengan mitra kami di FIFA dan UEFA, EA Sports telah memulai proses untuk menghapus tim nasional Rusia dan semua klub Rusia dari produk EA Sports FIFA: termasuk FIFA 22, FIFA Mobile, dan FIFA Online. Kami juga secara aktif mengevaluasi perubahan terkait pada area lain dari game kami."

“Kami akan terus memperbarui komunitas kami tentang tindakan apa pun yang diambil, dan berterima kasih kepada para pemain atas kesabaran mereka saat kami mengerjakan pembaruan ini.”


1. Klub Rusia yang Dihapus

Selebrasi gol pemain CSKA

CSKA Moskow, Lokomotiv Moskow dan Spartak Moskow adalah tiga klub domestik Rusia saat ini di FIFA 22.

Di samping itu, pihak EA Sports saat ini masih mempertimbangkan apakah mereka juga akan menghapus semua pemain berkebangsaan Rusia yang merumput di sejumlah klub eropa lainnya.

Selain FIFA 22, game simulasi hoki es, NHL 22 juga turut mengambil langkah serupa, hal ini diumumkan dalam sebuah pernyataan yang diposting di akun resmi NHL 22, yang mengatakan bahwa mereka akan menghapus tim Rusia, serta tim Belarusia.

“Menyusul penangguhan [Federasi Hoki Es Internasional] IIHF terhadap semua tim nasional dan klub Rusia dan Belarusia dari kompetisi IIHF, kami akan mengeluarkan tim-tim ini dari NHL 22 dalam beberapa minggu mendatang.

“Kami berdiri bersama rakyat Ukraina dan bergabung dengan suara-suara di seluruh dunia yang menyerukan perdamaian,” tulis pernyataan tersebut.


2. Rusia Ditinggal Sponsor

Pemain Timnas Rusia, Artem Dzyuba.

Sebelum EA Sports, timnas Rusia mendapat sanksi terbaru yakni ditinggalnya sponsor resmi apparel mereka, Adidas, yang sejak 2018 sudah menyuplai untuk kebutuhan tim seperti jersey hingga perlengkapan pemain.

"Adidas menangguhkan kemitraannya dengan Federasi Sepak Bola Rusia (RFU) dengan segera," bunyi pernyataan Adidas dikutip dari The Independent, Selasa (1/3/2022). 

Pengumuman Adidas tersebut datang setelah FIFA mengkonfirmasi hukuman kepada Timnas Rusia menyusul invasi negara itu ke Ukraina.

Keputusan FIFA untuk menangguhkan Rusia dari sepak bola internasional secara otomatis juga mengakhiri harapan mereka untuk tampil di Piala Dunia 2022 Qatar. 

RusiaFIFAEA SportUkraina

Berita Terkini