x

Liga 1: Joop Gall Nilai Skuat PSM Telah Pahami Gaya Permainannya, Tapi…

Kamis, 3 Maret 2022 16:35 WIB
Kontributor: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih PSM Makassar, Joop Gall. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Pelatih PSM Makassar, Joop Gall, menilai skuatnya telah memahami seperti apa gaya permainannya, hingga berakhirnya pekan ke-28 Liga 1 2021-2022.

Dimulai dari sektor pertahanan, pemilik lisensi UEFA Pro ini memberi acungan jempol lantaran muridnya piawai memaksa lawan untuk membangun serangan lewat umpan lambung.

Dia juga puas melihat para bek bisa memotong aliran bola yang mengancam gawang yang dikawal oleh Hilmansyah. Hal ini terlihat saat PSM Makassar bentrok dengan PSS Sleman.

“Mereka hanya mengandalkan umpan lambung dan ketika itu terjadi, pemain harus menang duel udara guna merebut penguasaan bola di area sendiri,” ujar Joop Gall dalam sesi jumpa pers, Selasa (1/3/22).

Baca Juga
Baca Juga

Namun, PSM Makassar tetap gagal meraih tiga poin di Stadion Gelora Ngurah Rai, Denpasar. Alhasil armada Joop Gall belum bisa mendongkrak posisi di klasemen sementara Liga 1 2021-2022.


1. Sebut Kekurangan Skuatnya

Gelandang PSM Makassar, Rasyid Bakri, berduel udara dengan pemain PSS Sleman dalam laga pekan ke-28 Liga 1 2021-2022.

Kegagalan inilah yang membuat Joop Gall kecewa. Dia memang puas dengan tembok pertahanan PSM Makassar yang sulit ditembus, tapi tidak untuk para juru gedornya.

Pelatih asal Belanda ini menyayangkan sejumlah peluang emas yang tak satu pun berbuah gol kemenangan untuk timnya di pekan ke-28 Liga 1 2021-2022.

“Kami bisa merebut bola di area sendiri. Secara taktikal dan organisasi permainan telah bagus, tapi ketika melakukan serangan balik, masih saja selalu cepat kehilangan bola. Padahal, saya melihat ada banyak peluang mencetak gol dari serangan balik,” ungkap Joop Gall.

Baca Juga
Baca Juga

Alhasil, PSM Makassar harus puas berbagi satu poin dengan PSS Sleman setelah bermain imbang 0-0 di Stadion Gelora Ngurah Rai, Denpasar, Selasa (1/3/22) malam.


2. Efisiensi Energi

Winger PSM Makassar, Yakob Sayuri, berduel dengan kapten PSS Sleman, Bagus Nirwanto, pada pekan ke-28 BRI Liga 1 2021/22. (Foto: Official PSM Makassar)

Joop Gall sendiri memilih untuk bermain aman dan mengandalkan serangan balik melawan PSS Sleman sebab skuat PSM Makassar sangat kelelahan akibat padatnya jadwal.

“Saya berpesan ke pemain untuk jangan kehilangan banyak energi dengan menekan lawan terlalu tinggi karena jadwal Liga 1 sangat padat dan kondisi kami tak sebugar laga sebelumnya,” tuturnya.

Hasil imbang 0-0 membuat Pasukan Ramang berada di urutan ke-14 dan hanya berjarak lima poin dari zona degradasi, sedangkan Super Elja bercokol di posisi ke-11 klasemen sementara Liga 1 2021-2022.

Baca Juga
Baca Juga

Selanjutnya, PSM Makassar akan berjumpa PSIS Semarang di pekan ke-29 Liga 1 2021-2022, sementara PSS Sleman menghadapi Bhayangkara FC yang sedang berburu gelar juara.

PSS SlemanPSM MakassarLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1BRI Liga 1 2021-2022Joop Gall

Berita Terkini