x

4 Pemain Asing yang Bisa Cabut dari Liga Rusia Saat Konflik, Ada 'Kembaran' Coutinho

Kamis, 10 Maret 2022 22:04 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Salah satu pemain Liga Rusia asal Brasil, Claudinho (kiri) dianggap punya peran yang mirip Philippe Coutinho. Foto: Ian MacNicol/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Liga Rusia dan Ukraina turut merasakan dampak konflik yang sedang terjadi di negara mereka saat ini.

Seperti diketahui, ‘perang’ global yang melibatkan dua negara di atas memang berimbas ke berbagai sektor termasuk olahraga, mulai dari Paralimpiade Beijing hingga sepak bola.

Beberapa waktu lalu, Paralimpiade Beijing melarang atlet dari Rusia dan Belarusia untuk berpartisipasi, setelah panitia penyelenggara mengubah kebijakan mereka jelang upacara pembukaan pada Jumat lalu.

Selain itu, dari dunia tenis, para pemain Rusia dan Belarusia ada yang dilarang tampil di turnamen, ada pula yang diizinkan namun harus menggunakan bendera kosong berwarna netral.

Baca Juga
Baca Juga

Di sepak bola sendiri, FIFA belum lama ini mengeluarkan sabda bahwa para pemain luar negeri yang bermain di Liga Rusia maupun Ukraina bisa angkat kaki, bahkan memutus kontrak dengan klub mereka.

Seperti diwartakan The Athletic, FIFPro selaku serikat pemain terbesar di dunia, menghubungi FIFA dan meminta pemain asing di Rusia untuk bisa pergi secara permanen dari negara yang sedang berkonflik tersebut.

Sebuah pertemuan pun akhirnya diadakan pada hari Jumat lalu antara FIFA dan Asosiasi Klub Eropa (ECA) untuk membahas masalah ini.

Baca Juga
Baca Juga

Pada hari Senin, FIFA mengatakan telah mengambil keputusan, bersama UEFA, untuk menangguhkan sementara kontrak pemain dan pelatih asing di klub Ukraina hingga akhir Juni.

Kemudian, poin kedua adalah mengizinkan para pemain asing untuk pergi dari Liga Rusia. Mereka mendapat lampu hijau untuk menangguhkan kontrak kerja dengan klub-klub yang berafiliasi dengan Federasi Sepak Bola Rusia (FUR).

Para pemain dan juga pelatih ini akan dianggap habis kontrak pada 30 Juni 2022, sehingga diizinkan menandatangani kontrak dengan klub lain tanpa menghadapi konsekuensi.

 

1. Siapa Saja Para Pemain Itu?

Victor Moses, eks Chelsea yang kini bermain di Liga Rusia. Foto: Anadolu Agency/GettyImages.

Keputusan FIFA ini pun bisa jadi pintu keluar berharga bagi para pemain asing yang ingin ‘kabur’ dari Liga Rusia karena situasi yang sedang tidak kondusif saat ini.

Kompetisi sepak bola Rusia sendiri diketahui menjadi pelabuhan banyak pemain yang berasal dari luar negeri, yang tersebar di sejumlah klub besar seperti Zenit, CSKA Moscow, Rubin Kazan, dan yang lainnya.

Nah, berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT.com sajikan empat pemain asing top Liga Rusia yang bisa ‘minggat’ dari kompetisi sepak bola Negara Beruang Merah tersebut.

Victor Moses (Spartak Moscow)

Pernah dikenal sebagai pemain di klub-klub raksasa seperti Liverpool dan Inter Milan, Victor Moses kini merumput di Liga Rusia bersama Spartak Moscow. Ia baru dipermanenkan pada Juli 2021 lalu dari Chelsea.

Di usianya yang menginjak 31 tahun, pemain Nigeria itu tampil cukup impresif musim ini. Bahkan tahun lalu, ia sempat mencetak gol saat menghadapi Leicester City di Liga Europa, menandakan kariernya yang belum tamat.


2. Ada 'Kembaran' Philippe Coutinho

Salah satu pemain Liga Rusia asal Brasil, Claudinho (kiri) dianggap punya peran yang mirip Philippe Coutinho. Foto: Ian MacNicol/Getty Images.

Claudinho ( Zenit St Petersburg)

Selanjutnya ada pemain yang disebut sebagai ‘kembaran’ Philippe Coutinho di laman liverpool.com, berkat perannya yang yang mirip bintang Aston Villa tersebut. Mereka pun sama-sama berasal dari Brasil.

Ia bisa bermain sebagai gelandang maupun sayap di kedua sisi lapangan. Penampilannya juga cukup menarik musim ini saat berlaga di Liga Rusia.

Lantas, apakah ia cocok bergabung dengan Liverpool? Pasalnya, ia adalah pemain yang serbabisa dan akan jadi tambahan amunisi yang lumayan bagi The Reds.


3. Pemain Lainnya, Rombongan Zenit

Malcom saat masih berseragam Barcelona. Foto: MARCO BERTORELLO/AFP/Getty Images.

Malcom (Zenit St Petersburg)

Satu lagi dari Zenit St Petersburg dan juga berasal dari Brasil, Malcom. Sempat mendarat di Barcelona, ia pada akhirnya hijrah ke Liga Rusia dan menemukan ketajamannya di kompetisi ini, dengan 12 gol dari 65 laga.

Wendel (Zenit St Petersburg)

Masih dari klub yang sama, Wendel juga tidak kalah menarik untuk ‘diselamatkan’ oleh klub luar Rusia. Seperti diwartakan laman 90Min, ia bahkan sempat diincar raksasa Ligue 1, Paris Saint-Germain (PSG) di bursa transfer.

FIFAUkrainaPhilippe CoutinhoZenit St. PetersburgLiga Primer RusiaBola InternasionalSpartak Moscow

Berita Terkini