x

Faktor Wasit Liga 3 Teledor: Gara-gara Pandemi dan Terancam Sanksi PSSI

Jumat, 11 Maret 2022 13:53 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Salah satu pemain Persida Sidoarjo mengejar wasit usai pertandingan Liga 3 kontra Karo United FC, Kamis (17/1/22).

INDOSPORT.COM - Banyaknya wasit Liga 3 yang mengeluarkan keputusan kontroversi, akhirnya membuat PSSI ikut turun tangan. Begini ungkapan kecewa salah satu wasit.

Pesepakbola senior Liga Indonesia, Hamka Hamzah mengundang salah satu wasit Liga 3 untuk membuat klarifikasi di Youtube-nya, wasit yang sempat dikeroyok oleh pemain.

Wasit yang disapa Bang Ajo itu tidak secara rinci menyebutkan laga yang ia pimpin, tapi insiden pengeroyokan itu viral di media, dan ia sendiri harus dirujuk ke rumah sakit.

Baca Juga
Baca Juga

Wasit Ajo tak menampik jika wasit juga tidak luput dari kesalahan. Salah satu faktor yang membuat mereka teledor dan muncul kontroversi, yakni karena pandemi Covid-19.

"Mungkin karena terhantam Covid selama dua tahun ini, tiba-tiba liga mulai. Kesiapan pemain atau wasit, kayak kaget, mendapat tugas untuk memimpin," bongkar wasit Ajo.

"Apalagi kalau orang tersebut habis kena Covid-19, jadi ambil keputusan selalu salah. Performa itu kalau kitanya tidak fit, akan berubah terus, fokusnya juga jadi kurang."

Baca Juga
Baca Juga

Sama seperti pemain yang melakukan pelanggaran dan mendapat sanksi Komisi Disiplin PSSI, wasit juga mendapat sanksi serius, walau tidak boleh dipublikasikan.

"Wasit setelah memimpin itu ada koreksi, kalau kita salah, kita disanksi, kita tidak bisa memimpin selama satu bulan bahkan satu musim, sanksinya lebih berat," ungkapnya.


1. PSSI Dituntut Perbaikan Kursus Wasit

Membandingkan kesejahteraan wasit liga 1, 2, dan 3. Foto: Ilustrasi

Dalam kanal Youtube Hamka Story 23, wasit Ajo berharap insiden pengeroyokan wasit di kompetisi Liga 3 2021-22 menjadi pelajaran bagi seluruh pihak, termasuk Komite Wasit.

Wasit Ajo berharap Komite Wasit bisa lebih selektif dalam memilih calon-calon pengadil pertandingan di Liga Indonesia, dan terus melakukan evaluasi dalam kursus wasit.

"Yang perlu dibenahi ya SDM. Kursus wasit itu yang umurnya lebih muda yang diambil, mau maju, memimpinnya bagus, dan mau juga memajukan sepak bola yang benar."


2. Kembali pada Laws of The Game

Kericuhan wasit dikeroyok oleh pemain di pertandingan Gasma Enrekang vs PS Nene Mallomo Sidrap.

Belajar dari insiden pengeroyokan di Liga 3 ini, wasit Ajo berharap para pemain kembali mempelajari aturan-aturan sepak bola dari Laws of The Game yang paling ter-update.

Wasit Ajo dan Hamka Hamzah juga turut menghimbau pemain, baik di Liga 1, Liga 2 atau Liga 3, agar melakukan protes secara bijak, dengan berbicara saja kepada wasit.

Hamka HamzahPSSIWasitLiga IndonesiaLiga 3Komite Wasit

Berita Terkini