x

Liga 1: Mirip Jose Mourinho, Ini Rahasia Besar Teco hingga Sukses Bersama Bali United

Sabtu, 12 Maret 2022 14:54 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
Mirip Jose Mourinho, Ini Rahasia Sukses Teco saat Latih Bali United di Liga 1.

INDOSPORT.COM - Sosok Stefano Cugurra Teco menjadi kunci dari sukses Bali United di Liga 1 2021/2022, lantaran strateginya bisa berjalan mulus dan para pemain mudah memahami cara bermainnya.

Ternyata, Teco mempunyai rahasia di balik kesuksesannya membawa Bali United ke puncak klasemen Liga 1 musim ini dan hampir mirip dengan kemampuan pelatih top dunia, Jose Mourinho.

Baca Juga

Diketahui bahwa Teco mampu berbicara dalam tiga bahasa, hal tersebut membuatnya mudah menyampaikan taktik saat bertanding terutama kepada para pemain asing Bali United.

Teco termasuk pelatih yang berdiri sepanjang pertandingan. Dia memberi arahan kepada setiap pemain tentang di mana bola harus diarahkan hingga lambat cepatnya ritme pertandingan.

Strategi ini disampaikan Teco dalam tiga bahasa berbeda. Kepada para pemain lokal, Teco menggunakan bahasa Indonesia.

Baca Juga

Kemampuan ini sudah dipelajarinya sejak gabung Persebaya Surabaya tahun 2003 lalu. Lalu kepada Privat Mbarga, Stefano Lilipaly, Ilija Spasojevic, Gavin Kwan Adsit hingga Brwa Nouri, Teco pilih menggunakan bahasa Inggris, meski sejatinya Spaso dan Gavin lancar berbahasa Indonesia.

Sementara untuk berkomunikasi dengan Eber Bessa dan Willian Pacheco, Teco langsung menggunakan bahasa Portugis, karena sama-sama berasal dari Brasil.

Baca Juga

Kemampuannya dalam menguasai banyak bahasa membuat Teco tak kesulitan menerapkan strategi yang diinginkannya.

Setiap melatih di sebuah negara, termasuk Indonesia, bahasa lokal menjadi pekerjaan yang ingin diselesaikannya dengan cepat.


1. Kuasai Tiga Bahasa

Bek Bali United, Haudi Abdillah saat tampil dalam laga lawan Persiraja Aceh, Jumat (11/3/22) malam. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

"Sebagai orang Brasil, saya bisa bahasa Portugis. Lalu sejak dari Persebaya, saya berpikir harus belajar bahasa Indonesia buat menjalin komunikasi yang bagus dengan pemain,"

"Untuk bahasa Inggris, ya itu bahasa internasional," kata Teco di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Jumat (11/03/22) malam.

Baca Juga

Teco juga pernah lama mengikuti karier sang ayah, Gildo Rodriguez, di beberapa negara Asia Barat. Teco pun bisa memahami bahasa Arab. Begitu pula negara-negara lain yang pernah didatanginya.

"Saya juga bisa bahasa Arab, Spanyol dan Italia," tutur Teco.

Baca Juga

Pemahaman bahasa ini menjadi keuntungan bagi Teco, ketika para pemainnya datang dari negara dan latar belakang yang berbeda-beda.

"Di dalam sepak bola, kita harus cepat berkomunikasi di pertandingan agar bisa membantu pemain bermain bagus," papar Teco.

Teco menjadi pelatih pertama yang biasa back to back juara Liga Indonesia. Hebatnya, prestasi itu dilakukan bersama dua tim berbeda, yakni Persija (2018) dan Bali United (2019).

Baca Juga

Kini, Teco punya kans besar membawa Bali United juara Liga 1 2021/2022. Bali United tengah ber ada di puncak klasemen Liga 1 dengan 66 poin, unggul tiga poin dari Persib Bandung dan 8 poin dari Arema FC, Persebaya Surabaya dan Bhayangkara FC.


2. Mirip Jose Mourinho

Ole Gunnar Solskjaer dan Jose Mourinho

Andai bisa kembali raih gelar juara, tampaknya klub-klub Indonesia harus mencari pelatih yang tak sekadar punya lisensi tinggi, namun juga menguasai lebih dari satu atau dua bahasa.

Kemampuan berbicara dalam berbagai bahasa asing juga jadi kunci Jose Mourinho meraih sejumlah gelar di Eropa.

Mourinho saat ini diketahui sudah bisa menguasai enam bahasa, yakni Portugis, Inggris, Spanyol, Catalan, Prancis hingga Italia.

Bahkan, mantan pelatih Inter Milan tersebut dikabarkan ingin belajar bahasa Korea Selatan saat membesut Tottenham beberapa musim lalu.

Baca selengkapnya: Kemampuan Bahasa Asing Jose Mourinho Bikin Kagum

Jose MourinhoLiga IndonesiaBali United FCStefano Cugurra TecoLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2021BRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini