x

Dijuluki The Next Bambang Pamungkas, Begini Kisah Taufik Hidayat Persija

Kamis, 24 Maret 2022 12:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Taufik Hidayat merupakan salah satu dari tujuh pemain muda yang masuk ke skuat Persija Jakarta untuk menjalani Liga 1 2019. Foto: Media Persija

INDOSPORT.COM - Dijuluki sebagai the next Bambang Pamungkas, begini kisah panjang perjalanan karier Taufik Hidayat, striker muda Persija Jakarta di kancah Liga 1.

Sebagaimana diketahui, Persija Jakarta kini tidak lagi bertumpu pada satu sosok Marko Simic. Ada opsi lainnya di lini depan, salah satunya adalah wonderkid Taufik Hidayat.

Baca Juga

Ada perjalanan panjang dari Taufik Hidayat, hingga akhirnya bisa bekerja sama dengan Bambang Pamungkas di Persija Jakarta.

"Kelas 4 SD, saya masuk SSB Rick's Sayati, sampai usia 15 tahun, lalu saya masuk tim Persikab Bandung U-15, terus ke Persikab U-17," ungkap Taufik di Youtube Tiento.

Saat memperkuat Persikab Bandung, Taufik Hidayat baru pernah menjajal posisi striker. Beruntung, permainannya sesuai harapan.

Baca Juga

"Sebelum jadi striker, saya sempat bermain sebagai gelandang. Tapi di Persikab tidak ada striker, dan pelatih melihat saya punya postur yang bagus, saya pun jadi striker," cetusnya.

Selanjutnya, Taufik Hidayat bermain untuk tim kelompok umur Liga 1, Semen Padang hingga Sriwijaya FC. Kualitasnya sangat menonjol, sehingga ia diboyong ke Persija.

"Mungkin pelatih Persija Jakarta melihat saya, saya masuk Persija U-20, di sana saya banyak kesempatan bermain, alhamdulillah jadi top skor tim (13 gol)," ungkap Taufik.

Baca Juga

Catatan itu cukup untuk membawa Taufik Hidayat promosi ke tim senior Persija yang bermain di Liga 1 2021-2022, bahkan berduet dengan pemain asing kaliber Marko Simic.

"Wakti itu tim pelatih Persija senior yang menyuruh saya ikut bergabung di latihan bersama tim senior," kenang Taufik lagi.


1. Dari Idola, Kini Bekerja Sama

Taufik Hidayat terus berusaha mempertahankan bola dari serangan pemain Bali United. Foto: Khairul Imam/Persija

Taufik Hidayat mengaku tak menyangka cita-citanya untuk bermain di klub besar sekelas Persija Jakarta akhirnya terwujud.

Sebab, ia mengaku sudah mengidolakan striker Persija, Bambang Pamungkas, yang kini menjadi manajer Macan Kemayoran.

"Saya dari kecil mengidolakan Mas Bepe. Saya melihat kemampuan dia, finishingnya sangat tenang, bagus juga, terus duel bola headingnya selalu menang," ungkap Taufik.

Baca Juga

Tak salah jika Taufik mengaku demikan, karena gaya bermainnya memang sebelas dua belas dengan Bambang Pamungkas.

Bahkan, pemain kelahiran 16 Desember 1999 itu dijuluki sebagai The Next Bepe. Walau senang, tapi Taufik tak mau cepat puas dan tetap belajar bersama Persija.

Baca Juga

"Perasaan saya tentunya senang, tapi saya juga masih harus banyak belajar, karena saya juga masih jauh lah dibandingkan dengan Mas Bepe," curhat Taufik lagi.

Sebagai pemain Persija, Taufik Hidayat pun memiliki lebih banyak kesempatan bertemu sang pemain idola, Bambang Pamungkas.

Taufik mengaku memiliki kesan tersendiri terhadap sosok striker legendaris tersebut.

Baca Juga

"Menurut saya, Mas Bepe orangnya asik juga, di dalam dan di luar lapangan, dia selalu memberi masukan, ngasih motivasi buat saya agar kedepannya lebih baik lagi."

"Saya akan terus belajar supaya saya bisa menjadi seperti beliau," pungkas Taufik.


2. Sekilas Taufik Hidayat di Persija

Penyerang Persija Jakarta, Taufik Hidayat melewati kawalan bek Tira Persikabo, Andy Setyo. Foto : Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

Taufik Hidayat adalah pemain sepak bola usia muda yang berposisi sebagai striker. Walau kini berseragam Persija Jakarta, ia justru merupakan pemain kelahiran Bandung, 16 Desember 1999.

Melansir laman resmi Persija Jakarta, Taufik Hidayat resmi bergabung dengan skuat Macan Kemayoran sejak Liga 1 2019 silam.

Taufik Hidayat termasuk dalam tujuh nama pemain muda yang masuk ke skuat Macan Kemayoran pada kompetisi Liga 1 2019.

Dengan postur tubuhnya yang memadai sebagai penyerang di lini depan, Taufik Hidayat diharapkan dapat menjadi striker lokal yang terus diandalkan Persija Jakarta.

Persija JakartaBambang PamungkasLiga IndonesiaLiga 1Persikab Kabupaten BandungBerita Liga 1Taufik Hidayat (sepak bola)Liga 1 2021BRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini