x

Liga Inggris: Termasuk Legenda AC Milan, Ini Daftar Calon Asisten Ten Hag di Manchester United

Jumat, 25 Maret 2022 03:51 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Yosef Bayu Anangga
Erik ten Hag kabarnya ingin punya tangan kanan asal Belanda sepertinya di Manchester United namun dengan pengalaman lebih mengarungi Liga Inggris.

INDOSPORT.COM - Erik ten Hag dilaporkan sudah punya gambaran seperti apa revolusi yang akan ia galakkan jika jadi manajer baru Manchester United musim depan.

Salah satu kunci sukses yang ia butuhkan adalah satu asisten pelatih yang berasal dari negara yang sama dengannya, Belanda, tapi punya bekal pengalaman di Old Trafford agar adaptasinya dengan Liga Inggris lebih cepat tuntas.

Baca Juga

Laporan ini datang dari The Times pada Kamis (24/03/22). Kontan saja sejumlah spekulasi soal siapa nanti yang akan jadi pemandu Ten Hag di United pun merebak.

Jika mau asisten dengan pengalaman melatih yang sudah cukup panjang, maka Ten Hag mungkin akan terpaku ke dua nama.

Yang pertama adalah Rene Meulensteen. Ia adalah mantan asisten terakhir Sir Alex Ferguson sebelum pensiun pada 2013 lalu.

Baca Juga

Saat ini Meulensteen bekerja sebagai asisten pelatih di tim nasional Australia dan kemungkinan tidak akan sulit untuk Ten Hag dapatkan.

Selanjutnya ada Jaap Stam, eks bek sentral United era 1998-2001. Pria yang juga sempat berkostum AC Milan tersebut cukup punya pengalaman melatih di berbagai negara seperti Belanda, Inggris, dan bahkan Amerika Serikat.

Stam akan lebih mudah direkrut mengingat saat ini ia masih menganggur namun sempat menyatakan tertarik untuk menukangi tim Italia.

Baca Juga

Jika pengalaman meracik taktik sebagai pelatih kepala bukan sebuah keharusan, maka Ten Hag mungkin bisa melirik dua bekas bomber United yakni Ruud van Nistelrooy dan Robin Van Persie.

Van Nistelrooy saat ini berada di PSV sebagai nakhoda tim U-21 sementara itu Van Persir juga punya peran di akademi klub Eredivisie dengan menjadi asisten manajer Jong Feyenoord Rotterdam.


1. Ingin Tahu Bujet Man United

Pelatih Ajax Amsterdam, Erik ten Hag. Foto: REUTERS/Pedro Nunes

Sebenarnya asisten dengan latar belakang Manchester United yang kuat plus paspor Belanda bukan satu-satunya permintaan Erik ten Hag sebelum menyetujui pindah ke Liga Inggris.

Juru taktik 52 tahun itu juga ingin tahu sebesar apa ambisi The Red Devils untuk sukses karena ia enggan jika harus dipaksa puas dengan finis empat besar di Liga Inggris.

Baca Juga

Jika United menginginkan meraih trofi lagi dan mengakhiri puasa gelar sejak 2017, maka mau tidak mau mereka harus siap merogoh kocek dalam-dalam.

Ten Hag memang terbiasa menggunakan banyak pemain didikan akademi bersama klubnya saat ini, Ajax Amsterdam, namun metode yang sama belum tentu bisa diaplikasikan di Manchester United.

United berkompetisi di Liga Inggris yang jelas kualitasnya jauh di atas Erdevisie Belanda tempat Ajax berkecimpung sehingga wajar jika Ten Hag ingin mengorek perihal finansial.

Baca Juga

Semua itu Ten Hag sampaikan pada United dalam pertemuan mereka dalam sesi wawancara seleksi manajer baru yang diyakini mengambil waktu pada Senin (21/03/22) lalu.

Ten Hag selama ini selalu memberi jawaban diplomatis saat ditanya tentang rumor menjadi pelatih tetap baru United namun sejatinya ia hanya bersikap profesional.

Baca Juga

Saat ini sejatinya pria plontos itu masih terikat kontrak hingga Juni 2023 bersama De Godenzonen sehingga wajar jika Ten Hag banyak bungkam.

Tidak hanya itu saja, Ajax bahkan tidak memasang banderol mahal untuk Manchester United agar bisa menebus kontrak Erik ten Hag. Eks manajer FC Utrecht dan akademi Bayern Munchen itu hanya perlu ditebus seharga 4 juta Pounds saja.

 

2. Ibrahimovic Puji Penerusnya di Man United

Selebrasi pemain Manchester United, Anthony Elanga usai mencetak gol di Liga Champions. Foto: REUTERS/Juan Medina

Zlatan Ibrahimovic telah memuji bakat yang dimiliki oleh wonderkid Manchester United, Anthony Elanga, setelah ia mendapat panggilan ke Timnas senior Swedia untuk pertama kalinya.

Jeda internasional akhir pekan ini telah menjadi berkah tersendiri bagi Anthony Elanga yang untuk pertama kalinya masuk dalam daftar skuat senior Timnas Swedia.

Di level klub, Elanga telah membuat terobosan dengan promosi ke tim utama Manchester United, di bawah asuhan Ralf Rangnick musim ini.

Ia telah menarik perhatian Rangnick dalam sesi latihan pertama pelatih asal Jerman itu di Carrington. Musim ini, ia juga telah membuat 18 penampilan untuk tim utama, delapan di antaranya tampil sebagai starter.

Pemain sayap yang juga mahir beroperasi sebagai striker itu telah mencetak tiga gol penting untuk Setan Merah. Salah satunya adalah gol tandang ke gawang Atletico Madrid di leg pertama fase 16 besar Liga Champions.

Baca selengkapnya: Makin Matang di Manchester United, Elanga Panen Pujian dari Ibrahimovic

Manchester UnitedRobin van PersieRuud van NistelrooyJaap StamRenee MeulensteenLiga InggrisBerita Liga InggrisErik ten Hag

Berita Terkini