x

Bali United Kampiun Liga 1 2021, Pengamat: Persebaya Juara Tanpa Mahkota

Minggu, 27 Maret 2022 11:16 WIB
Penulis: Martini | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Alie Sesay saat melakukan selebrasi bersama skuat Persebaya Surabaya.

INDOSPORT.COM - Bali United memang menjadi juara di ajang BRI Liga 1 2021-22. Namun, bagi pengamat sepak bola, Persebaya Surabaya adalah juara tanpa mahkota.

Pasalnya, Persebaya Surabaya konsisten berada di papan atas Liga 1, dan menjadi satu-satunya tim yang bisa membekuk Bali United di sepanjang musim Liga 1 2021-22.

Baca Juga

Seperti baru-baru ini, Persebaya mampu mempermalukan Bali United saat bermain di Stadion Ngurah Rai, Jumat (25/03/22). Bajul Ijo bisa melesakkan tiga gol tanpa balas.

Bahkan, dari deretan tim papan atas Liga 1, hanya Persebaya yang dilatih oleh pelatih lokal, yaitu Aji Santoso. Hal ini menegaskan Bajul Ijo memanglah juara tanpa mahkota.

Gelar itu disematkan oleh komentator dan pengamat sepak bola, Bung Binder Singh, dalam ulasan di kanal Youtube miliknya.

Baca Juga

"Uniknya, walaupun Persebaya Surabaya tidak menjadi juara, tapi mereka berhasil mengalahkan juara musim ini dua kali di wilayah mereka sendiri," jelas Bung Binder.

"Meskipun Persebaya tidak menjadi juara musim ini, tapi menurut saya, Persebaya adalah juara tanpa mahkota," imbuhnya.

Bahkan, Bung Binder tak menampik jika filosofi tiki-taka yang diterapkan Persebaya musim ini, hampir sebanding dengan apa yang pernah dilakukan oleh Barcelona.

Baca Juga

"Kalau saya melihat permainan Persebaya musim ini, maka saya teringat Barcelona yang ketika itu dilatih oleh Pep Guardiola, dengan permainan tiki-taka mereka."

"Tiki-taka berarti satu-dua kali passing, sudah bisa membuka pertahanan lawan, menciptakan peluang dan mencetak gol, itulah yang dilakukan Persebaya musim ini."


1. Apresiasi Aji Santoso dan Samsul Arif

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso. Foto : Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

Menurut komentator dan pengamat sepak bola, Bung Binder Singh, permainan dari tim Persebaya Surabaya adalah yang paling cerdas dari setiap tim BRI Liga 1 2021-22.

"Bermain di manapun, mereka bermain dengan konsep yang sama, menyerang, mengandalkan passing, kecepatan, lalu agresifitas dan intelegensia," paparnya.

Baca Juga

"Saya paling suka menonton pertandingan Persebaya, mau pertandingannya berakhir seri, mereka kalah, apalagi kalau menang."

Siapapun lawan yang dihadapi, Persebaya selalu bermain menyerang. Maka wajar jika Bajul Ijo kini menjadi yang paling produktif mencetak gol di Liga 1, yaitu total 55 gol.

"Ini tidak mudah dilakukan tim-tim lainnya di Liga 1, karena ada beberapa pelatih yang juga biasanya bermain bertahan dan juga mengandalkan counter," jelas Bung Binder.

Baca Juga

"Tapi Persebaya Surabaya, melawan tim mana pun, selalu bermain terbuka. Tim ini punya konsep permainan dari pelatih Aji Santoso, salah satu pelatih ahli strategi."

Bung Binder Singh juga mengapresiasi striker lokal milik Persebaya, Samsul Arif yang masih produktif mencetak gol dan memasang namanya di daftar top skorer.

"Samsul Arif memang tidak muda lagi, 37 tahun, tapi karena dia dapat suplai bola yang dia inginkan, walaupun dia tak muda lagi, dia masih produktif," jelas Bung Binder.

Baca Juga

"Dia adalah striker lokal paling produktif dengan sebelas gol sejauh ini, dan bisa bertambah nanti di match terakhir."

"Keunggulan dari Persebaya, mereka kini punya banyak pemain muda. Struktur tim ini bisa dipertahankan untuk beberapa musim ke depan," pungkas sang komentator.


2. Jadwal BRI Liga 1 Pekan 34

Logo Liga 1 BRI 2021

Selasa, 29 Maret 2022

Pukul 15.15 WIB - Persela Lamongan vs PSIS Semarang (OChnnel)

Pukul 19.30 WIB - Madura United vs Persikabo 1973 (Vidio)


Rabu, 30 Maret 2022

TBC - Arema FC vs PSM Makassar (Live Indosiar)

Pukul 15.15 WIB - Persiraja vs Bhayangkara FC (OChanel)

Pukul 20.45 WIB - Persebaya Surabaya vs Borneo FC (Indosiar)


Kamis, 31 Maret 2022

TBC - Persija Jakarta vs PSS Sleman (Indosiar)

TBC - Barito Putera vs Persib Bandung (Indosiar)

TBC - Persik Kediri vs Bali United (Indosiar)

TBC - Persita vs Persipura (OChannel)

*Jadwal bisa berubah sewaktu-waktu

Persebaya SurabayaAji SantosoSamsul ArifBali UnitedLiga IndonesiaBali United FCLiga 1Berita Liga 1Binder SinghLiga 1 2021BRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini