x

Profil Beni Okto, Bobol Gawang Sang Mantan demi Selamatkan Barito dari Degradasi

Kamis, 31 Maret 2022 20:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Beni Oktovianto berusaha menggagalkan aksi pemain Persipura

INDOSPORT.COM - Berikut profil Beni Oktovianto, pemain yang membobol gawang Persib Bandung hingga Barito Putera selamat dari degradasi Liga 1.

Sebagaimana diketahui, Barito Putera harus menghadapi laga hidup dan mati melawan Persib Bandung, Kamis (31/03/22) sore, di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Baca Juga

Laga ini adalah penentuan nasib Barito Putera, apakah bertahan di Liga 1, atau degradasi ke Liga 2. Laskar Antasari hanya perlu hasil imbang jika ingin bertahan di kasta teratas.

Namun apa daya, setelah bermain imbang tanpa gol di babak pertama, blunder kecil dari penjaga gawang, Muhammad Riyandi membuat Barito Putera kebobolan satu gol.

Bola yang disambut Febri Hariyadi, lantas diteruskan kepada Frets Butuan, lalu dioper pada Beckham Putra Nugraha. Mudah saja, anak muda itu mencetak gol untuk Persib.

Baca Juga

Tertinggal 1-0 dan turun ke zona merah, membuat tekanan bertubi-tubi bagi Barito. Bagas Kaffa menjatuhkan David da Silva di kotak penalti, wasit menunjuk titik putih.

Tendangan penalti yang dieksekusi oleh DDS, mudah saja diamankan oleh Riyandi. Percobaan selanjutnya, situasi 1v1 dengan kiper juga belum berhasil membuahkan gol.

Masuk ke menit 84, serangan balik yang diinisiasi Beni Okto, dioper menuju Rizky Pora, bola Rafael Silva diblok, tapi bola rebound berhasil disontek Beni Okto di depan gawang. Gol untuk Barito Putera.

Baca Juga

Gol milik Beni Okto ke gawang sang mantan, Persib Bandung, akhirnya menyelamatkan Barito sehingga batal degradasi, dan akan kembali di pentas Liga 1 2022 mendatang.

Di sisi lain, Persipura Jayapura memang menang 3-0 atas Persita Tangerang, tapi mereka kalah head to head atas Barito, sehingga Mutiara Hitam pun degradasi.


1. Sekilas Tentang Beni Oktovianto

Mantan pemain Persib Bandung, Beni Oktovianto.

Tak dapat disangkal, selain Muhammad Riyandi yang menjadi man of the match, Beni Oktovianto juga layak mendapatkan apresiasi atas dedikasinya di Barito Putera.

Walau Barito sempat tertinggal lebih dulu dari Persib Bandung, namun lewat gol Beni Okto di menit-menit terakhir, membuat tim Kalimantan itu batal degradasi ke Liga 2.

Baca Juga

Faktanya, Beni Okto sendiri merupakan salah satu pemain berbakat jebolan Persib Bandung, yang didatangkan Barito Putera di awal musim kompetisi BRI Liga 1 2021-22.

Dilansir dari Transfermarkt, Beni Okto pernah membela Bontang FC, Persik Kediri, Persiba Balikpapan, Kalteng Putra, kembali ke Persiba, lalu ia hijrah ke Persib Bandung.

Baca Juga

Beni Okto memperkuat Persib Bandung di musim 2020 lalu. Ia direkrut dari Persiba Balikpapan, dan digadang-gadang akan menjadi mesin gol bagi Maung Bandung.

Sayangnya, Liga 1 2020 harus dihentikan akibat pandemi Covid-19. Beni Okto tetap dapat tawaran perpanjangan kontrak, tapi winger 23 tahun itu justru menolaknya.

Baca Juga

Beni Okto yang merupakan pemain asli Kalimantan, kala itu mengakui jika ia ingin lebih dekat dengan keluarga. Alhasil, Beni pun menerima pinangan dari Barito Putera.

Memasuki musim kompetisi BRI Liga 1 2021, Beni Okto sejatinya lebih banyak turun dari bangku cadangan. Namun jangan salah, ia merupakan super sub paling diharapkan.


2. Statistik Beni Okto di Barito

Hujan tangis Barito Putera. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

Beni Okto tampil dalam 23 laga Barito Putera musim ini, delapan diantaranya datang sebagai pemain cadangan.

Beni Okto sukses membukukan tiga gol dan satu assist untuk Barito Putera dari seluruh penampilannya. Menariknya, dua gol ia bukukan sebagai pemain pengganti.

Dengan demikian, Beni kini mencatatkan 1602 menit bermain bersama Barito Putera musim ini. Catatan impresif itu membuatnya layak dipertahankan oleh Laskar Antasari.

Persib BandungBarito PuteraProfil Atlet dan FotoLiga IndonesiaLiga 1Profil Atlet MudaprofilBerita Liga 1Beni OktoviantoLiga 1 2021BRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini