x

Pembagian Pot Piala Dunia 2022: Waspada Final Kepagian! Brasil dan Jerman Berpotensi Satu Grup

Jumat, 1 April 2022 10:42 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Isman Fadil
Logo Piala Dunia 2022

INDOSPORT.COM- Asosiasi sepak bola dunia (FIFA) baru saja mengonfirmasi pembagian pot unggulan untuk pembagian grup Piala Dunia 2022 yang akan dihelat di Qatar.

Pembagian grup untuk Piala Dunia 2022 yang akan dihelat di Qatar pada November 2022 akan dihelat pada Jumat (01/04/22).

Baca Juga

Sebanyak 29 negara sudah dipastikan lolos ke Qatar dengan dua kontestan terbaru muncul dari zona CONCACAF, yaitu Amerika Serikat dan Meksiko.

Sisa tiga kontestan lagi akan diketahui pada Juni 2022 mendatang dalam laga jeda internasional yang juga akan melangsungkan partai tunda play-off pot A zona Eropa dan dua laga play-off intercontinental.

Play-off Zona Eropa memang belum selesai, mengingat Wales masih menunggu pemenang dari pertandingan dari pertandingan Skotlandia Vs Ukraina yang ditunda karena invasi Rusia.

Baca Juga

Sementara itu, dua laga lain dari play-off interkontinental akan mempertemukan Kosta Rika sebagai wakil dari zona CONCACAF yang akan bertemu dengan Selandia Baru dari zona Oceania.

Sedangkan pemenang dari play-off zona Asia, Uni Emirat Arab atau Australia akan menghadapi Peru dari Zona CONMEBOL.

Di sisi lain, bergabungnya Amerika Serikat dan Meksiko pada Kamis (31/03/22) melengkapi tujuh kontestan yang lolos pada Rabu (23/03/22).

Baca Juga

Pada Rabu lalu, dua kontestan asal Eropa, Portugal dan Polandia bergabung dengan lima tim asal Afrika, Senegal, Kamerun, Maroko, Tunisia, dan Ghana.

Portugal mampu lolos dari sang pembunuh raksasa, Makedonia Utara usai menang dua gol tanpa balas di Estadio Do Dragao, Porto.


1. Brasil dan Jerman Bisa Bertemu di Fase Grup Piala Dunia 2022

Logo Piala Dunia 2022

Pemain Manchester United, Bruno Fernandes menjadi pahlawan dengan dua gol yang dilesakkan ke gawang Makedonia Utara kawalan Stole Dmitrievski.

Langkah Portugal kemudian diikuti oleh Polandia yang juga mampu memenangi laga play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan skor 2-0 atas Swedia.

Baca Juga

Selepas sembilan kontestan anyar bergabung, FIFA kemudian akan membagi mereka menjadi empat pot, yang disesuaikan dengan ranking FIFA.

Dilansir dari Mirror, pot 1 akan diisi banyak kontestan kelas berat di luar Qatar sebagai tuan rumah, seperti Brasil, Belgia, juara bertahan Piala Dunia 2018 Prancis, Argentina, Inggris, Spanyol, dan Portugal.

Mereka yang muncul dari pot 1 inilah yang diprediksi akan menjadi juara Piala Dunia 2022 di Qatar pada Desember nanti.

Baca Juga

Kemudian, Pot 2 akan berisi beberapa tim unggulan dengan ranking FIFA lebih rendah, seperti Meksiko, Belanda, Denmark, Jerman, Uruguay, Swiss, Amerika Serikat, dan Kroasia.

Dua tim yang patut diwaspadai dari pot ini tentu Belanda dan Jerman, dua tim penuh sejarah panjang, selain juga Denmark yang akan menjalani Piala Dunia 2022 selepas kejadian memilukan Christian Eriksen di Piala Eropa 2020.

Baca Juga

Pot 3 akan berisi beberapa tim kuda hitam, termasuk dari benua Asia, Eropa, dan Afrika, seperti Senegal, Iran, Jepang, Maroko, Serbia, Polandia, Korea Selatan, dan Tunisia.

Sisanya, termasuk mereka yang lolos dari play-off Juni akan menghuni pot 4 bersama Kamerun, Kanada, Ekuador, Saudi Arabia, dan Ghana.


2. Rekap Pembagian Pot Piala Dunia 2022

Logo Piala Dunia 2022

Berikut rekap pot unggulan untuk pembagian grup Piala Dunia Qatar 2022:

Pot 1

Qatar

Brasil

Belgia

Prancis

Argentina

Inggris

Spanyol

Portugal

Pot 2

Meksiko

Belanda

Denmark

Jerman

Uruguay

Swiss

Amerika Serikat

Kroasia

Pot 3

Senegal

Iran

Jepang

Maroko

Serbia

Polandia

Korea Selatan

Tunisia

Pot 4

Kamerun

Kanada

Ekuador

Arab Saudi

Ghana

Wales atau Skotlandia/Ukraina

Kosta Rika atau Selandia Baru

Peru atau Australia/Uni Emirat Arab

JermanFIFABrasilPiala Dunia 2022Bola Internasional

Berita Terkini