x

Marc Klok Rela Pangkas Waktu Liburan Demi Timnas Indonesia

Selasa, 12 April 2022 12:52 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
Usaha pemain Persib, Marc Klok untuk menghindar dari kejaran pemain Persebaya. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Gelandang Persib Bandung, Marc Klok, mengaku rela waktu istirahat dan liburannya lebih singkat setelah berakhirnya kompetisi Liga 1 2021-2022, demi bergabung dengan Timnas Indonesia.

Sebagai informasi, Marc Klok menjadi satu dari 29 pemain yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-23 untuk persiapan SEA Games 2021.

Baca Juga

Pemusatan latihan atau Training Center (TC) Timnas Indonesia U-23 ini akan digelar di Korea. Sebelum berangkat ke Korea Selatan pada pekan ini, skuad Garuda Muda berkumpul dan berlatih terlebih dahulu di Jakarta.

“Tidak masalah, tentunya liburan dan istirahat sangat penting bagi tubuh dan pikiran. Tetapi, bermain untuk negara adalah hak istimewa,” kata Marc Klok dikutip dari laman Persib, Senin (11/04/22).

Pemain yang menggunakan nomor punggung 23 ini sangat bersemangat untuk bergabung dengan Timnas Indonesia, pasalnya memperkuat skuat Garuda merupakan cita-citanya setelah menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Baca Juga

Selain itu, Marc Klok tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini, untuk itu dia akan berusaha menampilkan permainan terbaiknya dan bertekad membawakan Timnas Indonesia meraih prestasi.

“Anda harus selalu siap ketika panggilan datang. Saya memiliki tujuan dan target pribadi dan ingin mencapai banyak hal. Jadi pekerjaan harus dilanjutkan,” tegasnya.

Sebagai informasi, Marc Klok memang sudah lama menjadi seorang Warga Negara Indonesia (WNI). Namun meski sudah menjadi WNI, Klok belum bisa bermain untuk Timnas Indonesia.

Baca Juga

Hal ini dikarenakan Klok tidak bisa menunjukkan atau membuktikan dirinya memiliki keturunan Indonesia. Alhasil, Marc Klok harus menunggu waktu lima tahun berada di Indonesia sesuai dengan regulasi FIFA.

Bila berkaca peraturan tersebut, Klok baru bisa bermain untuk Timnas Indonesia pada April ini. Bak gayung bersambut, ternyata Klok sudah didaftarkan dalam skuat Timnas Indonesia di SEA Games 2022 pada bulan Mei.
 


1. Kepentingan Timnas Indonesia Diutamakan

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono. Foto: Arif Rahman/Indosport.com

Selain Marc Klok, dua pemain Persib lainnya yakni Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto juga menjadi bagian dari 29 pemain yang dipanggil untuk mengikuti TC bersama Timnas Indonesia U-23.

Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto, merupakan pemain yang baru direkrut oleh Persib, keduanya diumumkan menjadi bagian dari skuad Maung Bandung pada, Rabu (06/04/22).

Baca Juga

Menurut Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, pihaknya akan mendahulukan kepentingan Timnas Indonesia dibandingkan klub, sehingga dia tak keberatan untuk mengizinkan pemainnya gabung Timnas.

Selain itu, Teddy juga menyadari dua pemain anyarnya yang disiapkan untuk menghadapi kompetisi Liga 1 musim depan, sudah biasa mendapat panggilan dari Timnas Indonesia.

Baca Juga

"Kepentingan negara Indonesia pasti kami utamakan di atas kepentingan klub," kata Teddy Tjahjono kepada wartawan, Rabu (06/04/22).

Lebih lanjut Teddy menuturkan, ada kebanggaan yang dirasakan olehnya, jika ada pemain Persib yang mendapat panggilan bergabung dengan Timnas Indonesia. 

Baca Juga

Sehingga, manajemen dan tim pelatih akan memberikan izin pemain bergabung dengan Timnas, karena selain membanggakan, bermain untuk Timnas merupakan cita-cita seluruh pesepakbola profesional.

"Tentu saja kami sangat bangga apabila ada pemain Persib yang bermain untuk Timnas," tegas Teddy.
 


2. Timnas Indonesia Bertemu Vietnam

Latihan Timnas Indonesia U-19 sebelum berangkat TC ke Korea Selatan sebagai persiapan Piala Dunia U-20 2023 di Stadion Madya Senayan, Rabu (02/03/22).

Pada ajang SEA Games 2021, Indonesia berada di grup A bersama tuan rumah Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste. Timnas, ditargetkan untuk memperoleh medali emas pada ajang tersebut.

Emas terakhir yang diraih Timnas Indonesia di ajang SEA Games adalah pada tahun 1991.

Pada SEA Games edisi 2019, Timnas Indonesia U-23 tembus partai final. Namun, skuad Garuda Muda kalah dari Vietnam dengan skor 0-3.
 

Persib BandungTimnas IndonesiaLiga IndonesiaMarc KlokBerita Liga 1Berita Timnas IndonesiaLiga 1 2022-2023

Berita Terkini