x

Sempat Dicap 'Flop' di PSG, Ini 9 Catatan di Luar Nalar yang Buktikan Lionel Messi Belum Habis

Jumat, 15 April 2022 21:50 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berikut sembilan catatan di luar nalar yang buktikan Lionel Messi belum habis di tahun 2022, usai dicap gagal sejak kepindahannya ke Paris Saint-Germain. FOTO: REUTERS/Susana Vera

INDOSPORT.COM – Berikut sembilan catatan di luar nalar yang buktikan Lionel Messi belum habis, usai dicap gagal sejak kepindahannya ke Paris Saint-Germain.

Nama Lionel Messi perlahan meredup seiring keputusannya bergabung Paris Saint-Germain di musim panas 2021 lalu.

Baca Juga

Banyak yang menilai, bahwa kepindahan ini memberi imbas pada pamor dan permainan pemain berusia 33 tahun tersebut.

Selain itu, kepindahan ini juga membuat pemain berjuluk La Pulga ini dianggap telah habis karena memilih liga yang lebih mudah, yakni Liga Prancis.

Anggapan ini kian menjadi-jadi jika melihat perjalanan Messi di PSG. Sejak kepindahannya, La Pulga baru mencetak tiga gol di kancah liga.

Baca Juga

Catatan itu terlampau buruk jika mengingat torehan gol Messi bersama Barcelona, terutama di Liga Spanyol dalam beberapa musim lalu.

Parahnya lagi, Messi yang tergabung di tim super seperti PSG malah harus menerima tersingkir lebih cepat dari Liga Champions, yakni di babak 16 besar.

Dengan fakta-fakta tersebut, tak ayal nama Messi menjadi bulan-bulanan dan dianggap sudah habis lebih cepat ketimbang rival abadinya, Cristiano Ronaldo.

Baca Juga

Hanya saja, anggapan ini hanyalah sebatas opini. Fakta di lapangan menyebutkan, Messi belum sepenuhnya habis di PSG, terutama di tahun 2022 ini yang catatannya bahkan melebihi Cristiano Ronaldo.

Bagaimana catatan dari peraih tujuh gelar Ballon d’Or tersebut sejak awal tahun 2022 sejauh ini?


1. 9 Catatan Fantastis Messi sejak Awal Tahun 2022

Lionel Messi menggiring bola melewati hadangan lawan di laga OGC Nice vs PSG (06/03/22). (Foto: REUTERS/Eric Gaillard)

Sejak awal tahun 2022, Messi telah mengoleksi 9 assist di Liga Prancis, yang langsung membuatnya naik ke peringkat kedua daftar pencetak assist terbanyak dengan 13 assist, di belakang Kylian Mbappe (14 assist)

Baca Juga

Dari 9 assist yang ia cetak di 2022 ini, tiga di antaranya dibuat dalam satu laga saja, yang membuatnya menjadi pemain kedua yang bisa mencetak Hattrick assist terbanyak sepanjang sejarah, dengan 6 Hattrick assist di belakang Mesut Ozil (7 kali)

Baca Juga

- Di tahun 2022 ini pula, Messi telah mencetak dua gol bagi PSG di Liga Prancis, yang membuat kontribusi gol dan assistnya tahun ini telah mencapai 11 G/A dalam 9 pertandingan liga.D

- Faktanya, dari 9 laga yang dimainkan Messi di Liga Prancis tahun 2022 ini, Messi hanya gagal mencetak gol atau assist di dua pertandingan.


2. 9 Catatan Fantastis Messi sejak Awal Tahun 2022

Lionel Messi melepaskan tembakan di laga Lille vs PSG (07/02/22). (Foto: REUTERS/Pascal Rossignol)

- Tak hanya bagi PSG, Messi juga tampil apik bagi Argentina di tahun 2022 ini, di mana ia mencetak gol penentu kelolosan La Albiceleste ke Piala Dunia 2022 kala melawan Venezuela di babak kualifikasi.

- Jika ditotal, di tahun 2022 ini Messi telah mencetak 3 gol dan 9 assist dalam 14 laga yang ia mainkan baik bersama PSG dan Argentina.

Baca Juga

- Jika dirata-rata, Messi mencetak 0,64 assist per pertandingan dan 0,23 gol per pertandingan sepanjang tahun 2022 sejauh ini.

- Jika dikalkulasikan, Messi punya 0,86 G/A per pertandingan, atau 0,92 G/A per laga jika dihitung dari laga yang ia mainkan sebagai starter.

Baca Juga

- Jika dibandingkan, catatan 0,86 G/A per laga ini lebih baik daripada catatannya di 2021 lalu bersama PSG yang hanya punya rasio 0,55 G/A per laga.

ArgentinaBarcelonaLionel MessiParis Saint-GermainPSGBola InternasionalLiga PrancisSepak Bola

Berita Terkini