x

Resmi Ditunjuk Sebagai Manajer Man United, Ini 4 Tugas Berat yang Menunggu Erik ten Hag

Kamis, 21 April 2022 19:57 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
Erik ten Hag setidaknya punya empat misi besar usai dirinya kini resmi menjadi pelatih baru raksasa Liga Inggris, Manchester United.(REUTERS/Murad Sezer/File Photo)

INDOSPORT.COM - Setelah menjadi spekulasi selama berpekan-pekan, Erik ten Hag akhirnya resmi ditunjuk sebagai pelatih tetap Manchester United untuk musim 2022/2023.

Pengumuman tersebut dibuat The Red Devils pada Kamis (21/04/22) ini dengan sang manajer 52 tahun diikat kontrak hingga Juni 2025 plus opsi perpanjangan satu musim.

Baca Juga

Ten Hag diharapkan bisa menjadi akhir dari pencarian Manchester United pada sosok manajer yang bisa benar-benar meneruskan kisah sukses mereka yang sempat terputus sejak Sir Alex Ferguson pensiun.

Pengalamannya di liga top Eropa memang boleh dibilang masih sangat minim namun Erik ten Hag punya talenta yang diakui banyak orang.

Selama empat setengah musim menangani Ajax Amsterdam, mantan bos FC Utrecht dan Go Ahead Eagles tersebut sanggup mengembalikan reputasi De Godenzonen sebagai klub yang disegani tak cuma di Belanda tapi juga Eropa.

Baca Juga

Akan tetapi Manchester United jauh lebih besar ketimbang Ajax dan Ten Hag setidaknya harus bisa melakukan empat hal ini untuk sukses di Old Trafford.

1. Menerapkan Skema Tertata

Di Manchester United belakangan ini tidak ada pola permainan yang jelas karena kemampuan individu para pemainnya lebih sering diandalkan untuk meraih kemenangan.

Bersama Erik ten Hag, diharapkan bisa ada filosofi yang lebih tertata sehingga Setan Merah bisa menjadi tim dengan kolekifitas ekstra.

Baca Juga

Ajax adalah salah satu kesebelasan di dunia yang punya tata cara bermain yang unik dan konsisten dan itu juga tampak saat mereka ditukangi Ten Hag.

Manchester United butuh itu mengingat satu dari sekian alasan kenapa mereka sulit bersaing dengan Liverpool dan Manchester City di Liga Inggris adalah ketiadaan peta taktik yang jelas.


1. Empat Tugas Erik ten Hag

Pelatih Baru Manchester United, Erik ten Hag. Foto: REUTERS/Pedro Nunes

2. Angkerkan Lagi Old Trafford

Dengan dukungan 75.000 lebih suporter di Old Trafford, harusnya Manchester United adalah salah satu tim dengan rekor kandang paling solid di dunia namun nyatanya tidak demikian.

Di 2021/2022 saja sudah terlalu sering The Red Devils dipecundangi di rumah sendiri. Seakan tidak peduli lawannya kuat atau lemah, Bruno Fernandes cs seolah tetap rentan kalah di hadapan publik sendiri. 

Baca Juga

Liverpool, Manchester City, Middlesbrough, Atletico Madrid, Aston Villa, Everton dan Wolverhampton Wanderers sudah bergiliran menjadikan Old Trafford tempat pesta pribadi dan Erik ten Hag harus memutar otak agar tragedi ini tak terjadi di rezimnya.

3. Balikkan Performa Rashford

Tidak banyak atau bahkan tidak ada pemain Manchester United pasca era Sir Alex yang bisa sebaik Marcus Rashford namun di 2021/2022 ia seolah kehilangan sentuhannya.

Penyerang lokal jebolan akademi itu yang semula jadi anak emas kini justru dianggap sebagai pesakitan karena baru bisa mengemas lima gol dan dua assist serta mulai jarang menembus starting XI.

Baca Juga

Rashford kemungkinan kehilangan rasa percaya diri usai sempat melakukan operasi besar cedera punggung karena di kondisi terbaik semua juga tahu betapa berbahayanya ia di depan gawang dan tugas Ten Hag adalah memulihkannya seperti sedia kala.

4. Mengembalikan Nama Baik Manchester United

Untuk sekedar memenangkan pertandingan atau menjuarai satu hingga dua trofi saja tidak akan cukup bagi Ten Hag karena sebelumnya Manchester United sudah pernah seperti itu bersama Jose Mourinho dan Louis van Gaal.

Yang dibutuhkan Manchester Merah saat ini adalah manajer yang bisa membawa mereka pada konsistensi setiap musim sehingga bisa bersaing untuk kejuaraan apapaun.

Baca Juga

Saat bersama Sir Alex, Manchester United selalu menjadi favorit baik itu di Liga Inggris maupun Liga Champions dan hal inilah yang dirindukan oleh fans mereka.

Erik ten Hag diharapkan bisa jadi sosok yang tepat untuk mewujudkan hal itu kembali namun Manchester United harus sabar dan tidak pernah berhenti memberi dukungan karena sukses tidak dibangun dalam waktu singkat.


2. Ten Hag Siap Bangkitkan Karier Van de Beek

Erik Ten Hag

Erik ten Hag kemungkinan besar tidak akan sempat merasakan pengalaman melatih Paul Pogba saat resmi jadi manajer Manchester United nantinya.

Kendati demikian sang manajer asal Belanda tidak perlu cemas karena ia akan membangun kembali Setan Merah dengan Donny van de Beek sebagai pusat permainan.

Van de Beek sejak datang ke Liga Inggris pada musim panas 2020 lalu memang belum bisa dibandingkan dengan Pogba namun Ten Hag adalah pelatih yang tepat untuk memaksimalkan potensi sang pemain.

Saat masih sama-sama di Ajax Amsterdam, Van de Beek adalah salah satu bintang paling penting dalam skema Te Hag.

Entah itu sebagai gelandang tengah maupun serang, Donny van de Beek mampu menjadi salah satu dirijen Ajax termasuk di musim 2019/2020 dimana De Godenzonen mengejutkan dunia dengan lolos ke semi-final Liga Champions.

Baca selengkapnya: Tak Butuh Pogba, Ten Hag Siap Bangkitkan Man United dengan Si Anak Hilang Kesayangan

Manchester UnitedMarcus RashfordLiga InggrisBerita Liga InggrisErik ten Hag

Berita Terkini