x

Juan Mata Hengkang, Petunjuk Posisi Donny van de Beek di Manchester United Mulai Terkuak

Jumat, 6 Mei 2022 18:35 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Isman Fadil
Gelandang Manchester United, Donny van de Beek.

INDOSPORT.COM – Hengkangnya gelandang senior Spanyol, Juan Mata dari Manchester United memberikan petunjuk untuk Erik ten Hag dalam memainkan Donny van de Beek.

Nasib gelandang Belanda, Donny van de Beek, di Manchester United sedikit membaik selepas klub memutuskan merekrut pelatih Ajax Amsterdam, Erik ten Hag sebagai pelatih baru.

Baca Juga

Sebelumnya, Van de Beek tidak pernah mendapatkan kesempatan tampil, sejak direkrut Manchester United dari Ajax Amsterdam pada musim panas 2020.

Bahkan, gelandang 25 tahun ini masih kalah dari penyerang timnas Belanda, Memphis Depay saat membela Manchester United.

Donny van de Beek sendiri baru saja sembuh dari cedera dan sudah mulai berlatih di tempat latihan klub asal Merseyside, Everton, beberapa waktu silam.

Baca Juga

Donny van de Beek sendiri merupakan salah satu rekrutan dari Everton sejak ditangani Frank Lampard beberapa bulan silam.

Meskipun demikian, kedatangan Erik ten Hag ke Manchester United akan mengubah nasib Van de Beek di Manchester United.

Dilansir dari Manchester Evening News, kedatangan Ten Hag bisa mengubah target transfer Manchester United, yang semula ingin mendatangkan dua gelandang serang baru.

Baca Juga

Kala itu, pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer mencoba mendatangkan dua gelandang serang Inggris, James Maddison dari Leicester City dan Jack Grealish dari Aston Villa.

Namun demikian, Manchester United kemudian memilih mendatangkan Donny van de Beek yang kala itu juga moncer bersama Ajax Amsterdam.


1. Posisi Donny van de Beek di Manchester United

Donny van de Beek di laga MU vs Istanbul Basaksehir

Sebagai ganti Donny van de Beek, Erik ten Hag kemudian mendatangkan Davy Klaasen yang gagal bersaing di Everton.

Sebenarnya, Van de Beek tampil sebagai pemain nomor 10 di Ajax Amsterdam sejak musim 2018/2019 dan Manchester United sempat menggunakan formasi itu saat melawan Brentford pekan lalu.

Baca Juga

Namun, posisi ini diisi oleh pemain asal Spanyol, Juan Mata, yang sempat memberikan satu gol yang dianulir.

Satu penampilan Juan Mata bahkan menunjukkan jika Manchester United bisa saja memainkan Donny van de Beek dengan menggeser Bruno Fernandes sebagai pemain sayap.

Mengingat kontrak Bruno Fernandes di Manchester United yang masih panjang, sang pemain dikabarkan akan bermain di bawah kendali pelatih baru Erik ten Hag.

Baca Juga

Tentunya, Erik ten Hag akan mengubah formasi dasar Manchester United, yang saat ditangani Ole Gunnar Solskjaer memainkan pola 4-3-3.

Manchester United bisa saja mengubah formasi dasar tim dengan 4-2-3-1 yang diisi oleh Donny van de Beek dan Bruno Fernandes sebagai dua pembagi bola.

Hal ini akan mengatasi kendala Manchester United yang kerap kali kesulitan saat bertemu dua tim unggulan Liga Inggris, seperti Liverpool dan Manchester City.


2. Pola Baru Manchester United

Erik ten Hag, Pelatih Ajax Amsterdam (REUTERS/Murad Sezer/File Photo)

Manchester City juga menggunakan pembagi bola murni, dengan gelandang asal Belgia, Kevin de Bruyne menjadi andalan dalam pola yang dimainkan pelatih asal Spanyol, Pep Guardiola.

 Patut ditunggu apakah Manchester United akan benar-benar menggunakan format dua pembagi bola saat ditangani Erik ten Hag beberapa waktu mendatang.

Baca Selengkapnya: Diganggu Tim Tetangga, Manchester United Terancam Kubur Mimpi Datangkan Frenkie de Jong

Manchester UnitedAjax AmsterdamLiga InggrisDonny van de BeekErik ten Hag

Berita Terkini