x

Dejan Antonic Siap Bawa Pemain Indonesia ke Serbia, Singgung Witan Sulaeman

Sabtu, 7 Mei 2022 14:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Dejan Antonic saat menghadiri konfrensi pers, Sabtu (10/8/19).

INDOSPORT.COM - Pelatih asing yang kini menangani Barito Putera untuk Liga 1 2022-2023, Dejan Antonic, siap membawa pemain muda Indonesia untuk berkompetisi di Liga Serbia.

Sebagai pelatih asal Serbia, dan pernah menjadi pemain bintang di Eropa Timur, Dejan Antonic mengaku memiliki banyak koneksi untuk membantu pemain Indonesia.

Baca Juga

Sejatinya, ini bukanlah kali pertama bagi pemain Indonesia merumput di Eropa Timur. Witan Sulaeman pernah memperkuat tim Radnic Surdulica di Liga Serbia.

Kini, Witan juga masih dikontrak oleh skuat FK Senica. Beberapa pemain Indonesia juga tengah menimba ilmu di tim Bosnia-Herzegovina dan Kroasia.

Baca Juga

Klub asal Bosnia, FK Borac Kozarska Dubica, mendatangkan tiga pemain asal Indonesia, Februari lalu. Mereka ialah Naufal Khairullah Alif Winarno, Ronal Setmot, dan Nur Yufa.

Tak lupa, di Liga Kroasia juga ada David Maulana yang berkostum NK Pomorac. Sebelumnya juga ada Brylian Aldama.

Menurut Dejan Antonic, keputusan pemain muda Indonesia melebarkan sayap ke tim Eropa Timur adalah langkah yang tepat.

Baca Juga

"Dari kemarin saya lihat ada pemain yang main di Liga Serbia, Liga Bosnia, Kroasia. Pemain Indonesia bisa cepat adaptasi untuk di sana, karena banyak teknik dan taktik."

"Hidup di sana juga tidak terlalu jauh dari (kebiasaan) di Indonesia, itu penting sekali, adaptasi pemain Indonesia di negara lain," tegas Dejan di Youtube Jebret Media TV.


1. Dejan Antonic: Kalau Mau, Saya Telpon Bosnya

Witan Sulaiman, pemain muda Timnas Indonesia

Pelatih asing asal Serbia yang punya banyak pengalaman di Liga Indonesia, Dejan Antonic mengaku siap membawa sejumlah pemain muda Indonesia ke Liga Serbia.

Sebelumnya, ada penggawa muda Timnas Indonesia, Witan Sulaeman yang pernah mencicipi ketatnya persaingan di Liga Serbia, tepatnya di tim Radnic Surdulica.

Baca Juga

Witan Sulaeman tidak memiliki banyak masalah di Serbia, hanya saja menurut Dejan, ada kendala di perbedaan cuaca.

"Saya beberapa kali berbicara sama teman teman di Serbia, dulu ada pemain Indonesia di Radnic (Surdulica)," ucap Dejan Antonic.

"Masalahnya cuma saat bulan Desember, Januari, Februari, kita punya salju, berbeda dengan di Indonesia," ungkap sang pelatih.

Baca Juga

Maka dari itu, jika pemain Indonesia bisa mencapai mental yang kuat untuk adaptasi dengan cuaca dingin di akhir tahun, maka Dejan menjamin karirnya akan melejit naik.

Maka dari itu, Dejan Antonic bersedia menjadi penghubung, jika ada pemain Indonesia yang mau ke Liga Serbia, atau ketika ada program pembinaan dari PSSI.

Baca Juga

"Semoga PSSI bisa bikin koneksi, saya bisa bantu, karena saya (pernah) main di tim Red Star Belgrade. Saya siap kapan pun orang mau, saya bisa langsung telepon bosnya."

"Mungkin kita bisa kirim beberapa pemain ke sana, 'sekolah' di sana, dan saya jamin pemain yang itu pasti beda, kalau kembali lagi ke sepak bola Indonesia," tuntasnya.


2. Sepak Terjang Dejan Antonic di Liga Indonesia

Dejan Antonic

Dejan Antonic merupakan pelatih sepak bola asal Serbia, yang memiliki banyak pengalaman melatih di Liga Indonesia.

Dejan Antonic pertama kali membesut Arema Cronus di tahun 2012, lalu ke Pro Duta di tahun 2013, dan ke Pelita Bandung Raya pada tahun 2013 hingga 2015 silam.

Tahun 2016, Dejan Antonic memutuskan membesut Persib Bandung, lalu ia hijrah ke China. Memasuki Liga 1 2018, ia kembali ke Indonesia dan menukangi tim Borneo FC.

Awal tahun 2019, Dejan menerima tawaran Madura United, lalu di tahun 2020, ia pun menyeberang ke PSS Sleman, tapi Dejan justru dipecat di pertengahan Liga 1 2021.

Kini, memasuki Liga 1 2022, Dejan Antonic nampaknya belum bisa move on dari Liga Indonesia, dan ia pun langsung menerima tawaran untuk melatih PS Barito Putera.

Dejan AntonicSerbiaBola InternasionalBakat Muda IndonesiaWitan SulaemanPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar NegeriFK Radnic Surdulica

Berita Terkini