x

Erling Haaland dan 4 Pemain Termahal yang Pernah Didatangkan oleh Manchester City

Selasa, 10 Mei 2022 13:49 WIB
Editor: Juni Adi
Selebrasi Erling Haaland di Laga Bundesliga Borussia Dortmund vs Eintrach Frankfurt

INDOSPORT.COM - Manchester City dikabarkan akan segera mengumumkan perekrutan pemain baru yakni Erling Haaland dari Borussia Dortmund.

Kabar mengejutkan datang dari ranah sepak bola Eropa khususnya di lantai bursa transfer, dimana akan terjadi kesepakatan besar pada musim panas ini.

Baca Juga

Kesepakatan itu adalah rumor merapatnya striker haus gol milik Borussia Dortmund, Erling Haaland akhir musim ini ke Manchester City.

Hal tersebut tentu menjadi jawaban dari teka-teki masa depan Erling Haalanad yang menjadi misteri dalam beberapa musim terakhir.

Seperti diketahui, sudah sejak lama Erling Haaland banyak dirumorkan akan meninggalkan Borussia Dortmund, setelah sang pemain menunjukan performa apik di Bundesliga maupun kompetisi Eropa.

Baca Juga

Erling Haaland banyak diminati klub besar seperti Barcelona, Real Madrid, Manchester United hingga sekarang Manchester City yang berpeluang mendapatkannya.

Menurut cuitan pakar bursa transfer asal Italia, Fabrizio Romano, Manchester Cuty dan Erling Haaland sudah menjalani kata sepakat secara pribadi.

Namun Manchester City harus mendapat restu dari Borussia Dortmund selaku sang empunya pemain. Kabarnya, klausul pelepasan penyerang Norwegia itu sudah bocor sebesar 75 juta euro atau setara Rp1,1 triliun.

Dalam klausul itu sendiri ada syarat bahwa nilai 75 juta euro untuk Erling Haaland harus dibayarkan sekaligus, alias tanpa mencicil sebagaimana yang lazim terjadi dalam transfer pesepakbola pada saat ini.

Baca Juga

"Erling Haaland ke Manchester City, here we go! Haaland telah melewati tes medis sebagai pemain baru Man City hari ini, dia kembali ke Dortmumd. Akan DIRESMIKAN pekan ini," tulis di akun Twitternya.

"Man City memberitahu direksi BVB bahwa mereka bakal mengaktifkan klausul rilis [lebih mendekati 60 juta euro ketimbang 75 juta euro] dalam waktu beberapa jam."

Angka segitu, untuk pemain sekaliber Haaland, tergolong murah.

Dengan total 85 gol dari 88 penampilan bersama Die Borussen dalam kurun waktu dua setengah tahun terakhir, harga Haaland harusnya dipatok lebih dari 100 juta euro.

Manchester City sendiri memang dikenal sebagai salah satu tim kaya yang gemar membeli pemain berkualitas dengan harga mahal.

Erling Haaland bukanlah satu-satunya pemain yang didatangkan dengan harga selangit, siapa saja yang lainnya?


1. Kevin de Bruyne

Selebrasi pemain Manchester City, Kevin De Bruyne usai mencetak gol ke gawang Liverpool di Liga Inggris, Minggu (10/04/22). Foto: Reuters/Carl Recine

Kevin de Bruyne ada di tempat ketiga sebagai pemain termahal yang diboyong oleh Manchester City di bursa transfer. 

Pemain asal Belgia itu diboyong The Citizens dari VfL Wolfsburg pada musim panas 2015 lalu.

Baca Juga

Talentanya sempat ditelantarkan oleh Chelsea, sebelum akhirnya dipoles oleh Wolfsburg dan menjadi berlian di Manchester City.

Sukses mencetak 16 gol dan 28 assist, plus membawa VfL Wolfsburg menjuarai DFB Pokal musim lalu membuat Manchester United dan Manchester City tertarik memakai jasanya.

Pada akhirnya, The Citizens lah yang sukses meminang De Bruyne dari Wolfsburg.

Baca Juga

Namun untuk bisa menebus pemain 24 tahun tersebut dari Wolfsburg.

Manajemen City kabarnya harus mengeluarkan dana hingga 100 juta poundsterling (Rp 1,6 triliun).

Banderol tersebut membuat De Bruyne menjadi pemain termahal Manchester City.

Sebelumnya pada saat itu, label pemain termahal Man City dipegang Raheem Sterling yang ditebus dari Liverpool dengan harga 49 juta pounds (Rp 1 triliun) pada bursa transfer awal musim ini.

Baca Juga

Jack Grealish

Manchester City seacara resmi telah mengkonfirmasi penandatanganan Jack Grealish dari Aston Villa. Manchester City mengikat Grealish dengan kontrak berdurasi panjang selama enam tahun.

The Citizen juga menginformasikan bahwa sang pemain akan menggunakan nomor punggung 10. Nomor tersebut sebelumnya lekat pada pencetak gol terbanyak tim Sergio Aguero.

"Manchester City dengan senang hati mengumumkan penandatanganan Jack Grealish dengan kontrak enam tahun," bunyi pernyataan tersebut dalam laman resmi Manchester City.

Di musim pertamanya, sang pemain tampil cukup baik. Jack Grealish menjadi salah satu andalan utama Man City musim ini.

Keterampilan dan kegesitannya dalam membawa bola membuatnya memiliki peran penting dalam fase penyerangan.

Ia telah direkrut Man City pada Agustus lalu dari Aston Villa. Ia berhasil mencetak dua gol bersama Man City sejauh ini.


2. Riyad Mahrez

Pemain Manchester City, Raheem Sterling sedang berusaha melindungi bola dari rebutan pemain Watford di Liga Inggris.

Riyad Mahrez tampil apik bersama Leicester City, dan menjadi salah satu pemain kunci The Foxes dalam menjuarai Liga Inggris untuk pertama kalinya pada 2016 lalu.

Namun dirinya baru bisa hengkang setelah klub peminat setuju dengan nilai klausul pelepasannya sebesar 67,8 juta euro atau sekitar Rp1 triliun pada musim panas 2018 lalu.

Baca Juga

Nominal tersebut membuat Riyad Mahrez menjadi salah satu pembelian termahal Manchester City di bursa transfer.

Di musim pertamanya, Riyad Mahrez langsung tampil nyetel tanpa harus beradaptasi yang lama.

Ia kembali memberikan kontribusi memberikan trofi Liga Inggris musim 2018/19 untuk The Citizens.

Baca Juga

Selama berada di Etihad Stadium, Mahrez tampil cukup apik. Winger asal Aljazair ini sudah menyumbang 63 gol dan 46 assist dari 186 penampilan di semua ajang. 

Musim ini, ia kembali menjadi andalan di lini serangan asuhan Pep Guardiola. Kepercayaan tersebut dibayar lunas, dengan sumbangan 24 gol dan 9 assist dari 44 penampilan sejauh ini di semua ajang.

Ruben Dias

Selanjutnya ada Ruben Dias. Penampilan bek asal Portugal itu mencuat usai tampil apik bersama Benfica sejak dipromosikan ke tim utama pada 2017 lalu.

Baca Juga

Hal tersebut membuat Manchester City kepincut untuk merekrutnya pada musim dingin 2020 lalu, dengan menebus klausul pelepasan 68 juta euro atau setara Rp1,45 triliun.

Diplot menjadi bek tangguh demi memperkokoh lini belakang agar bisa bersaing di pentas Liga Champions, Ruben Dias langsung membuktikan kualitasnya.

Ia jadi pilihan utama bagi pelatih Pep Guardiola. Sejauh ini, sudah tampil dalam 90 pertandingan menyumbang 3 gol dan 5 assist untuk semua kompetisi yang diikuti oleh Manchester City.

Manchester CityPep GuardiolaKevin De BruyneRiyad MahrezLiga InggrisTRIVIAErling Haland

Berita Terkini