x

Serius Bidik Liga 1, Persiba Balikpapan Datangkan Eks Pelatih Garuda Select

Selasa, 17 Mei 2022 19:10 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Serius membidik tiket promosi Liga 1, Persiba Balikpapan resmi mendatangkan eks pelatih 'magang' dari Garuda Select, yakni Ilham Romadhona.

INDOSPORT.COM - Serius membidik tiket promosi Liga 1, Persiba Balikpapan resmi mendatangkan eks pelatih 'magang' dari Garuda Select, yakni Ilham Romadhona.

Persiba Balikpapan cukup ambisius demi mengejar tiket promosi ke Liga 1. Didukung infrastruktur dan manajemen yang bagus, kini juga memboyong pelatih berkualitas.

Baca Juga

Persiba Balikpapan resmi memperkenalkan Ilham Romadhona sebagai pelatih anyar untuk Liga 2 2022, Senin (16/05/22) lalu.

Baca Juga

"Awal yang baru, kita mulai lagi. Selamat datang di klub, Coach Ilham Romadhona," tertulis dalam unggahan teranyar di akun media sosial Instagram Persiba Balikpapan.

"Mari berjuang bersama untuk mengukir prestasi terbaik di tim Persiba Balikpapan, Coach," tambah akun ofisial Persiba itu.

Ilham Romadhona pun menjawabnya dengan janji prestasi di Beruang Madu.

Baca Juga

"Terima kasih Balikpapan, mohon doa dan restunya, insya Allah amanah ini bisa terjaga dan terjawab dengan prestasi," ungkapnya.

Perlu diketahui, Ilham Romadhona adalah eks pemain Timnas Primavera di Italia, dan ia pernah magang sebagai pelatih Garuda Select di Inggris pada tahun 2018-2019.


1. Perjalanan Karier Ilham Romadhona

Ilham Romadhona saat mendampingi skuat Garuda Select di Inggris: Bagas Kaffa, Bagus Kahfi, Sutan Zico

Ilham Romadhona, walau namanya kurang terdengar dalam deretan pelatih sepak bola Indonesia, tapi pengalamannya di nasional dan internasional sudah cukup banyak. 

Dalam kariernya, Ilham Romadhona pernah masuk dalam daftar pemain Indonesia di program Primavera, dan berlatih di Italia.

Baca Juga

Sebagai pelatih, Ilham justru lebih banyak menghabiskan waktu di Akademi Barito Putera, untuk kelompok usia U-16 dan U-18.

Ilham Romadhona pula yang menukangi Bagas Kaffa dan Bagus Kahfi di Barito Putera, sampai mereka sukses di jalannya masing-masing, di Liga 1 dan di luar negeri.

Selain Bagas Kaffa dan Bagus Kahfi, ada David Maulana dan Yudha Febrian yang juga sering mencicipi Timnas Indonesia.

Baca Juga

Sukses mengorbitkan banyak pemain muda, Ilham Romadhona kemudian dipanggil untuk mengikuti 'magang' jadi pelatih pendamping pada program Garuda Select jilid pertama.

Ilham mendapatkan ilmu langsung dari eks kapten Chelsea, Dennis Wise, dan mantan pemain Timnas Inggris, yaitu Des Walker.

Baca Juga

Baru-baru ini, Ilham Romadhona juga dipercaya jadi pelatih Timnas Indonesia All Star U-20, dalam ajang International Youth Championship 2022, pada bulan April lalu.

Nampaknya, Ilham Romadhona adalah sosok yang tepat bagi Persiba Balikpapan untuk meraih prestasi di Liga 2 2022, dan mewujudkan mimpi promosi ke Liga 1.


2. Ambisi Persiba Balikpapan di Liga 2 2022

Manajer Indonesia U-20 Allstar, Gede Widiade saat berpose dengan legenda Real Madrid, Michel Salgado.

Persiba Balikpapan gagal berprestasi di Liga 2 2021 dan promosi ke Liga 1. Kala itu, presiden klub, Gede Widiade mengaku akan bertanggung jawab dan membayarnya di tahun 2022.

"Dari lubuk hati saya yang paling dalam, saya meminta maaf lagi karena belum bisa membawa Persiba Balikpapan ke Liga 1," ungkap Gede Widiade di situs Persiba.

"Dan saya meminta maaf yang sebesar besarnya kepada warga kota Balikpapan, khususnya Balistik dan seluruh elemen suporter Persiba lainnya," ucap Gede.

"Saya akan bertanggung jawab atas hasil kurang baik yang kita dapatkan musim ini."

Untuk itu, langkah pertama yang ia lakukan adalah merekrut pelatih berkualitas, Ilham Romadhona, untuk meracik skuat Persiba Balikpapan dan berprestasi di Liga 2 2022.

Persiba BalikpapanGede WidiadePelatihPrimaveraLiga IndonesiaLiga 2Garuda SelectBerita Liga 2Indonesia All Star

Berita Terkini