x

Apes, Kiper Andalan Persib Teja Paku Alam Butuh Pemulihan Hampir Setengah Tahun

Senin, 23 Mei 2022 17:00 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Penjaga gawang Persib Bandung, Teja Paku Alam, saat latihan di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung. Foto: Arif Rahman/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Penjaga gawang Persib Bandung, Teja Paku Alam, membutuhkan waktu sekitar empat bulan untuk memulihkan kondisinya lantaran mengalami cedera patah tulang jari tangan kirinya

Sebagai informasi, Teja Paku Alam mengalami cedera saat jeda game internal yang berlangsung di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Sabtu (21/05/22).

Baca Juga

Menurut dokter tim Persib, Raffi Ghani, setelah diperiksa dan konsultasi dengan dokter ortopedi, Teja Paku Alam membutuhkan waktu sekitar empat bulan untuk memulihkan kondisinya.

"Langsung saya pastikan cederanya (saat kejadian), karena apa ada gangguan metacarpals, yang terlihat ada fraktur, tulangnya patah jadi mungkin ada tindakan yang kita lakukan," kata Raffi Ghani.

"Dan saya sudah konsultasi juga dengan dokter ortopedi, kata dokter ortopedi menyampaikan minimal untuk bisa menggunakan lengan yang cedera itu di kurang lebih empat bulan," ucap Raffi menambahkan.

Baca Juga

Raffi menuturkan, selama empat bulan tersebut bukan berarti Teja Paku Alam harus berhenti latihan, karena penjaga gawang andalan Persib ini, tetapi mendapatkan program dari tim pelatih untuk menjaga kondisi fisiknya.

Hanya saja, bagian tangan yang mengalami cedera akan diistirahatkan dan terus dipantau kondisinya selama masa pemulihan.

"Kelihatan dari hasil X-Ray memang ada fraktur, patah tulang. Empat bulan artinya begini, sekarang namanya cedera itu ibaratkan tangan kiri cedera bukan berarti tangan kanan istirahat," ungkapnya.

"Artinya nanti tetap akan ada latihan fisik, kegiatan kegiatan agar kebugarannya tidak merosot jauh, jadi tetap ada aktivitas, pada prinsipnya untuk yang bagian badan atau organ yang cederanya diistirahatkan dan diobservasi supaya bisa pulih seperti sedia kala," ujar Raffi.

Baca Juga

Sejauh ini, Raffi belum bisa memastikan tindakan apa yang akan dijalani Teja Paku Alam untuk mempercepat proses penyembuhannya. 


1. Opsi Pemulihan

Kiper Persib Bandung, Teja Paku Alam. Foto : Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

Pasalnya, selain operasi kemungkinan ada opsi lain yang bisa dipilih Teja Paku Alam untuk memulihkan kondisi cederanya.

Sehingga, belum ditentukan tindakan yang akan dilakukan, karena akan mempertimbangkan dulu berbagai hal. Namun, yang pasti tim medis Persib Bandung bakal melakukan yang terbaik bagi pemulihan cedera Teja Paku Alam.

Baca Juga

Agar penjaga gawang andalan Persib ini bisa cepat pulih dan kembali berlatih untuk menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.
 
"Untuk itu (operasi) nanti kita lihat, ada beberapa pendapat. Jadi saya belum bisa sampaikan saat ini karena saya akan konsultasi dengan beberapa ortopedi jadi ada second opinion yang akan kita lakukan kalau memang nanti beberapa dokter terus kita pikirkan untung ruginya," ujarnya. 

"Kalau untungnya lebih besar kita ambil, pokoknya kita akan melakukan yang terbaik buat atlet kita, Teja Paku Alam," tegas Raffi."

Baca Juga

Sementara itu, pada masa persiapan untuk menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, Persib memiliki empat penjaga gawang, yakni I Made Wirawan, Fitrul Dwi Rustapa, Satrio Azhar Aisy Santoso dan Teja Paku Alam.

Sehingga, dengan cederanya Teja Paku Alam, tim kebanggaan Bobotoh masih memiliki tiga penjaga gawang lainnya yang bisa disiapkan menjelang bergulirnya kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

I Made Wirawan sendiri merupakan penjaga gawang senior Persib dan sering menjadi pelapis Teja Paku Alam di musim 2021-2022 bersama Muhammad Natshir (Deden), tetapi Deden tidak melanjutkan kariernya di Persib untuk musim 2022-2023.

Sebagai gantinya, Persib Bandung mendatangkan mantan penjaga gawang, Persipura Jayapura, Fitrul Dwi Rustapa, untuk menambah kekuatan di bawah mistar gawang guna menghadapi kompetisi musim 2022-2023.

Baca Juga

Selain itu, Persib Bandung juga mempromosikan kiper dari tim satelitnya, Bandung United, Satrio Azhar Aisy Santoso. Sehingga, ada empat kiper yang disiapkan untuk persiapan kompetisi.


2. Pelatih Persib Tak Ingin Terburu-buru

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, saat memimpin latihan di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, belum bisa memastikan jadwal bergabungnya tiga pemain Timnas Indonesia U-23 ke skuat Maung Bandung, untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Tiga pemain Persib yang saat ini sedang memperkuat Timnas Indonesia U-23, yakni Rahmat Iriyanto, Ricky Kambuaya dan Marc Klok.

Menurut pelatih asal Belanda ini, jadwal bergabungnya tiga pemain Persib tersebut bakal diketahui setelah mereka menyelesaikan seluruh pertandingan bersama Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia bakal menghadapi Timnas Malaysia pada perebutan medali perunggu SEA Games 2021, Minggu (22/05/22).

"Kita lihat dulu laga terakhir besok dan setelah itu mereka akan terbang pulang," kata pelatih Persib di Liga 1, Robert Alberts, ditemui di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Sabtu (21/05/22).

Baca Selengkapnya: Tunggu 3 Pemain Timnas Indonesia U-23, Pelatih Persib Tak Ingin Terburu-buru

Persib BandungRobert Rene AlbertsLiga IndonesiaTeja Paku AlamLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini