x

Irfan Karijowidjojo, Gelandang Berdarah Jawa dan Opsi Timnas yang Dikontrak Klub Liga Belanda

Selasa, 24 Mei 2022 14:26 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Profil singkat serta perjalanan karier Irfan Karijowidjojo, sang gelandang muda berdarah Jawa sekaligus opsi Timnas Indonesia yang dikontrak klub Liga Belanda.

INDOSPORT.COM – Mengenal profil singkat serta perjalanan karier Irfan Karijowidjojo, sang gelandang muda berdarah Jawa sekaligus opsi Timnas Indonesia yang dikontrak klub Liga Belanda.

Dalam beberapa bulan terakhir, Timnas Indonesia melalui PSSI memang terlihat gencar mempersiapkan skuat Garuda yang bakal tampil di babak kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca Juga

Salah satunya dengan segera merampungkan proses naturalisasi dua bintang keturunan Eropa, yakni Sandy Walsh serta Jordi Amat.

Teranyar, kedua pemain keturunan tersebut dikabarkan telah mendarat di Tanah Air untuk melengkapi proses administrasi perpindahan kewarganegaraan mereka.

Selain untuk persiapan tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023, PSSI juga sedang serius membentuk tim junior yang bakal berpartisipasi di Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga

Seperti diketahui, bahwa Timnas Indonesia U-20 berkesempatan tampil di putaran final Piala Dunia U-20 dengan status sebagai tuan rumah.

Jelang event tersebut, Timnas Indonesia melalui jajaran PSSI melakukan scouting para pemain keturunan di Eropa agar bisa jadi bagian skuat Garuda.

Bahkan pada awal April lalu, Anggota Komite Eksekutif PSSI, Hasani Abdulgani sempat bertemu dua pemain muda keturunan Indonesia-Belanda, Ivar Jenner dan Jim Croque.

Baca Juga

Jika Ivar dan Jim bersedia membela Timnas Indonesia, maka mereka tidak perlu jalani naturalisasi. Keduanya hanya perlu menyatakan kesediaan dan mengurus KTP WNI seperti halnya Elkan Baggott karena masih di bawah 21 tahun.

Selain Ivar Jenner dan Jim Croque, ada satu lagi pemain muda Indonesia di Eropa yang mungkin bisa jadi pertimbangan PSSI untuk memperkuat skuat Merah Putih.

Adalah Irfan Karijowidjojo, gelandang berusia 16 tahun sempat mencuri perhatian saat tampil di kompetisi junior beberapa musim lalu, hingga akhirnya sukses mendapat kontrak profesional dari tim Liga Belanda.


1. Irfan Karijowidjojo, Jendral Lapangan Tengah ADO Den Haag

Uji coba antara Timnas Indonesia U-19 vs Tira Persikabo di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Minggu (22/05/22). Foto PSSI

Melansir dari laman resmi klub, diketahui bahwa saat ini Irfan Karijowidjojo menjadi gelandang andalan klub ADO Den Haag U-15 yang tampil kompetisi junior Belanda.

ADO Den Haag sendiri bukanlah klub sembarangn, lantaran tim seniornya saat ini sedang bermain di Eerste Divisie dan berpotensi raih tiket promosi ke kasta tertinggi Liga Belanda musim depan.

Baca Juga

Bahkan klub yang bermarkas di Cars Jeans Stadion ini sempat dua kali menjuarai Eredivisie pada musim 1941/42 dan 1942/43.

Nama Irfan Karijowidjojo memang sempat viral pada tahun 2020 lalu, tepatnya setelah video aksi-aksinya di tengah lapangan tersebar di media sosial Instagram.

Ditambah lagi dengan namanya yang sangat kental nuansa Jawa, sehingga netizen dibuat penasaran siapa sebenarnya sosok Irfan Karijowidjojo ini.

Baca Juga

Selain nama, ternyata wajah dan kulitnya yang berwarna sawo matang juga menunjukan jika dirinya memiliki darah dari Indonesia.

Redaksi olahraga INDOSPORT pun sempat menghubungi Irfan Karijowidjojo, dan sang pemain menceritakan jika ia memang mempunyai garis keturunan Indonesia.

Diketahui, Irfan Karijowidjojo memiliki darah Jawa dari Kakek Neneknya yang saat jaman penjajahan Belanda pindah dari Indonesia ke Suriname.

Baca Juga

Irfan Karijowidjojo juga menambahkan kalau sebenarnya dirinya ingin berkunjung ke Indonesia setelah pandemi virus corona telah hilang.

Selama tampil di level junior, kemampuan Irfan Karijowidjojo terbilang cukup menjanjikan sampai-sampai klub ADO Den Haag berani berikan kontrak professional untuknya.


2. Kontrak Profesional dan Tampil di Timnas Belanda

Timnas Indonesia merayakannya dengan medali perunggu usai mengalahkan Malaysia dengan adu penalti di Stadion Nasional My Dinh - Hanoi, Vietnam 2022. Foto: REUTERS/Navesh Chitrakar

Dari laman klub, dikabarkan bahwa Irfan Karijowidjojo resmi menandatangani kontrak professional bersama ADO Den Haag dan akan bersama klub tersebut hingga tahun 2025 mendatang.

Meski mendapat kontrak profesional, namun Irfan Karijowidjojo masih harus tampil di tim ADO Den Haag U17, andai tampil konsisten bukan tak mungkin dirinya bisa debut di skuat utama.

Baca Juga

Sebelum dikontrak oleh ADO Den Haag, sejatinya bakat Irfan Karijowidjojo sudah tercium bahkan hingga ke pelatih Timnas Belanda U-16.

Tak heran pada 2022 ini Irfan Karijowidjojo bersama pemain muda Belanda lain, Marley Cruz, mendapat kesempatan untuk tampil di Timnas U-16 Belanda dalam pemusatan latihan.

“Irfan Karijowidjojo dan Marley Cruz keduanya telah dipilih untuk magang pelatihan dua hari untuk Tim Nasional Belanda di bawah 16,” bunyi pernyataan Ado Den Haag.

Meski memiliki darah Indonesia, namun Irfan Karijowidjojo sampai saat ini belum bisa menentukan perihal timnas yang akan diperkuat.

Akan tetapi jika melihat dari progressnya di tim junior hingga akhirnya dilirik skuat Belanda U-16, Irfan Karijowidjojo mungkin bisa dimasukkan dalam daftar pemain yang jadi perhatian serius PSSI.

Masih berusia 16 tahun dan sudah punya pengalaman di Eropa, kehadiran Irfan Karijowidjojo mungkin bakal jadi pelengkap Timnas Indonesia yang tampil di Piala Dunia U-20 tahun 2023 mendatang.

NaturalisasiTimnas IndonesiaBakat Muda IndonesiaprofilPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar NegeriBerita Timnas IndonesiaIrfan Karijowidjojo

Berita Terkini