x

Liga 1: Pemain Asing asal Serbia Gabung Latihan Barito Putera, Resmi Merapat?

Selasa, 24 Mei 2022 08:20 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Pemusatan latihan Barito Putera di Banjarmasin, Rabu (18/5/22). Foto: MO Barito Putera

INDOSPORT.COM - Pemain asing asal Serbia nampak dalam pemusatan latihan Barito Putera di Banjarmasin. Apakah ia akan dikontrak dan bermain di Liga 1?

Tak hanya pemain asing, pelatih kepala Barito Putera, Dejan Antonic, juga sudah hadir dalam latihan tim. Ini merupakan pertemuan perdananya dengan pemain.

Baca Juga

Tak sendiri, Dejan Antonic membawa dua asisten pelatih yang juga berstatus asing, yakni Mladen Docic asal Serbia, dan Luis Fernando Vitorino berkebangsaan Brasil.

Perlu diketahui, rekam jejak Mladen Docic cukup mentereng. Ia pernah menjadi pelatih kepala Timnas Serbia U-23 pada 2014 lalu.

Mladen Docic juga pernah membesut sejumlah klub Serbia, salah satunya Radnic Surdulica, tim yang pernah mendatangkan pemain asal Indonesia, Witan Sulaeman.

Baca Juga

Ketika Dejan Antonic menjadi pelatih PSS Sleman di Liga 1 2021 lalu, Mladen Docic juga diboyong serta sebagai asistennya.

Sedangkan Luis Fernando Vitorino saat ini bertindak sebagai pelatih kiper di Barito Putera, menggantikan pelatih H. Ismairi.

Luis Fernando Vitorino memang baru kali pertama melatih di Indonesia. Tapi catatan karirnya tak main-main. Ia pernah menjabat sebagai pelatih Timnas Kamboja tahun 2017.

Baca Juga

Selain itu, Luis Fernando Vitorino juga pernah melatih di berbagai klub Kamboja, sebut saja Pnom Phen Crown dan Visakha.

Namun, tidak hanya jajaran pelatih yang menjadi perhatian. Ada beberapa wajah pemain asing yang juga ikut dalam latihan skuat Barito  Putera. Siapa saja mereka?


1. Stefan Antonic, Asing atau Lokal?

Stefan Antonic berlatih bersama klub raksasa Serbia, Red Star Belgrade.

Pemain asing pertama yang sudah hadir dalam pemusatan latihan Barito Putera di Banjarmasin adalah Rafael Gomes de Oliveira alias Rafinha, pemain asal Brasil.

Sebelumnya, sudah diumumkan bahwa Rafinha adalah pemain rekrutan anyar Barito Putera untuk Liga 1 2022/23. Ia piawai bermain di posisi sayap atau gelandang.

Baca Juga

Pemain asing kedua yang hadir dalam sesi latihan Barito Putera ialah Stefan Antonic, yang rupanya adalah anak dari Dejan Antonic.

Hanya saja, Stefan Antonic tidak hadir sebagai pemain asing, melainkan pemain lokal. Pasalnya, sang ibunda adalah warga asli Sulawesi Utara, yakni Venna Tikoalu.

Stefan Antonic nampaknya mulai tertarik untuk menjadi WNI. Sebab, beberapa waktu lalu, namanya pernah masuk daftar peserta TC Timnas Indonesia U-19, tahun 2020 lalu.

Baca Juga

Sayangnya, TC tersebut harus dibatalkan karena pandemi Covid-19. Entah kenapa, Stefan justru terlihat bergabung dalam agenda latihan Timnas Hongkong U-23.

Pro kontra mengenai status Stefan masih terus berlanjut. Apakah ia memilih jadi WNI, warga negara Serbia, atau justru Hongkong yang sudah memberi kesempatan padanya.

Baca Juga

Jika melihat Stefan Antonic bergabung dalam latihan Barito Putera, nampaknya ia sedikit lebih dekat dengan darah Indonesia.

Kemungkinan lainnya, bisa saja Stefan Antonic tidak dikontrak oleh Barito Putera, dan pesepak bola 21 tahun itu hanya ikut 'nebeng' dalam latihan Laskar Antasari.


2. Bruno Matos Masih Tanda Tanya

Mantan gelandang serang Madura United, Bruno Matos.

Di sisi lain, Barito Putera hampir dipastikan mempertahankan pemain asingnya di Liga 1 2021/22 lalu. Mereka adalah Renan Alves dan Rafael Silva, sama-sama pemain Brasil.

Renan Alves menjadi salah satu bek asing paling tangguh di putaran kedua Liga 1 2021/22. Sementara Rafael Silva juga sudah berpengalaman sebagai juru gedor Barito.

Pemain asing Asia, Kim Jin-sung, hampir pasti terdepak dari tim, dan muncul rumor kuat jika ia akan digantikan oleh gelandang berpengalaman asal Jepang, Ryota Noma.

Satu pemain lainnya, Bruno Matos masih menjadi tanda tanya, apakah gelandang asal Brasil itu dipertahankan, atau justru Rafinha adalah pengganti dirinya di tim?

Barito PuteraDejan AntonicRafinhaLiga IndonesiaLiga 1Bruno MatosBerita Liga 1Stefan AntonicLiga 1 2022-2023

Berita Terkini