x

Blak-blakan Marc Klok: Shin Tae-yong Punya Mindset Berbeda dengan Orang Indonesia

Rabu, 25 Mei 2022 09:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Subhan Wirawan
Pemain Indonesia Marc Klok melakukan selebrasi setelah mencetak gol penalti untuk memenangkan adu penalti perebutan medali perunggu Indonesia vs Malaysia di Stadion Nasional My Dinh - Hanoi, Vietnam 2022. Foto: REUTERS/Chalinee Thirasupa

INDOSPORT.COM - Blak-blakan pemain Timnas Indonesia di SEA Games 2021, Marc Klok, bahwa Shin Tae-yong punya mindset yang berbeda dengan orang Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia gagal memenuhi target meraih medali emas di SEA Games 2021. Shin Tae-yong akhirnya menjadi sasaran kritik netizen dan lain-lain.

Baca Juga

Menanggapi banyaknya kritik netizen di media sosial, Shin Tae-yong mengaku tak ambil pusing mau fokus pada kewajibannya.

"Saya tidak mengerti bahasa Indonesia sama sekali. Saya tidak goyah dengan kata-kata netizen. Saya ke sini untuk mengembangkan sepak bola Indonesia."

Di sisi lain, salah satu penggawa Timnas Indonesia, Marc Klok mengaku jika Shin Tae-yong memang berbeda dengan ekspektasi orang-orang Indonesia.

Baca Juga

Khususnya, dalam latihan sepak bola, pelatih asal Korea Selatan itu memilih menerapkan pola latihan disiplin keras.

"Coach Shin punya mindset berbeda dengan orang Indonesia, dia punya disiplin yang tinggi, dan saya sangat suka begitu," ucap Marc Klok melalui Youtube PSSI TV.

Menurut Marc Klok, pemain Indonesia mestinya ikut menerapkan gaya hidup disiplin. Jika tidak, maka akan terjebak di zona nyaman dan sulit untuk berkembang.

Baca Juga

"Saya pikir, kalau pemain selalu ada di comfort zone, kita tidak bisa memperbaiki diri (jadi lebih baik)," lanjut sang pemain.

Marc Klok sendiri memiliki kapasitas untuk berbicara demikian, karena ia merupakan seorang pemain naturalisasi dan pernah menimba ilmu sepak bola di Eropa.


1. Target Marc Klok di Timnas Indonesia

Selebrasi pemain Timnas Indonesia Marc Klok bersama teman-teman di laga SEA Games 2021. Foto: PSSI

Walau banyak kritik yang tertuju pada Shin Tae-yong, tapi Marc Klok sepakat jika sang pelatih harus dipertahankan oleh PSSI, dan tetap menukangi skuat Timnas Indonesia.

Marc Klok juga sepakat agar Shin Tae-yong tetap mempertahankan gaya kepelatihan disiplin, yang bermuara pada peningkatan kualitas pemain Timnas di masa depan.

Baca Juga

"Saya pikir dengan style ini, dengan filosofi ini, kita keluar dari comfort zone, belajar di setiap training dan pertandingan, untuk kualitas kita agar lebih baik," ungkapnya.

Marc Klok sendiri berharap ia juga bisa diandalkan di setiap agenda Timnas, dan berkontribusi mempersembahkan gelar.

"Target saya di Timnas, saya mau main di Timnas dari sekarang, dan seterusnya sampai saya stop di sepak bola," ucapnya.

Baca Juga

"Saya mau ambil prestasi, banyak juara, bukan hanya satu kali di SEA Games, tapi banyak lagi motivasi lainnya," lanjut Klok.

Dengan penerapan latihan disiplin, Marc Klok yakin suatu saat Timnas Indonesia bisa meraih prestasi dan berada di level teratas sepak bola Asia Tenggara secara konsisten.

Baca Juga

"Negara ini punya banyak kualitas, tapi kita juga harus tunjukkan ke negara lainnya, Vietnam, Malaysia, Singapura, kalau Indonesia ini nomor satu," tegas Klok.

"Dan ini bukan untuk satu tahun atau satu turnamen saja, tapi untuk waktu yang lama, itu target saya," pungkas sang pemain.


2. Timnas Indonesia di SEA Games 2021

Timnas Indonesia merayakannya dengan medali perunggu usai mengalahkan Malaysia dengan adu penalti di Stadion Nasional My Dinh - Hanoi, Vietnam 2022. Foto: REUTERS/Navesh Chitrakar

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia lagi-lagi mentok meraih perunggu di SEA Games 2021. Padahal sebelumnya, skuat Garuda setidaknya meraih medali perak.

Timnas Indonesia justru kalah dari Thailand di semifinal, mendapatkan tiga kartu merah, dan berdampak saat laga perebutan medali perunggu vs Malaysia, Minggu (22/5/22).

Marc Klok Cs kesulitan menembus gawang Malaysia, begitu pula sebaliknya, sehingga laga berlanjut dengan babak adu penalti.

Indonesia akhirnya menang dengan agregat 4-3 atas musuh bebuyutannya, Malaysia, dan berhak berkalung medali perunggu.

Timnas IndonesiaBola InternasionalMarc KlokBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini