x

Kisah Haru Striker Timnas U-19, Hokky Caraka: Kerap Pinjam Sepatu Karena Tak Mampu

Minggu, 29 Mei 2022 21:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Bek muda PSS Sleman di Garuda Select, Hokky Caraka Bintang Briliant.

INDOSPORT.COM - Striker timnas Indonesia U-19, Hokky Cakara, membagikan kisahnya saat mengawali karier sebagai pesepak bola. Dia mengaku sering meminjam sepatu dari teman-teman saat masih belajar di SSB. 

Hokky menjelaskan, berasal dari keluarga sederhana. Sehingga dia kerap kesulitan untuk penuhi kebutuhan untuk bermain sepak bola. 

Baca Juga

Jebolan Garuda Select itu harus lewati perjalanan 120 kilometer untuk bisa berlatih sepak bola. Dia terkadang harus melewatkan sarapan. 

"Sebelum dapat prestasi, saya harus lewati perjalanan 60 km, baik pergi dan pulang setiap hari. Kadang pagi berangkat subuh jam dua, kadang tak makan di jalan," tutur Hokky Caraka dalam wawancara di YouTube PSSI.

"Sering juga pinjam sepatu atau peralatan gitu karena ekonomi kami (keluarga) susah. Dengan semua itu membuat saya makin termotivasi," imbuhnya. 

Baca Juga

Hokky Caraka merupakan pesepak bola asal Ponjong, Jawa Tengah lahir pada 21 Agustus 2004. Sejak usia tiga tahun dia sudah menaruh rasa ingin tahu dengan dunia sepak bola dan masuk SSB Putra Handayani di usia sembilan tahun.

Awalnya dia tertarik karena ada teman sekelas yang dianggapnya 'bolos', tapi bisa meraih prestasi membanggakan di sekolah. 

Baca Juga

"Karena teman ada yang bermain bola dan berprestasi, dapat penghargaan di sekolah jadi saya mulai tertarik," ujar pemain milik PSS Sleman itu. 

"Kelas 4 SD saya kemudian bergabung SSB, masuk SMP dapat prestasi lalu didukung penuh kakek dan ibu sampai saat ini," lanjutnya. 


1. Dukungan dari Kampung Halaman

Pemain Timnas Indonesia U-19, Hokyy Caraka. Foto: PSSI

Anak muda asal Gunung Kidul, Jawa Tengah itu mengatakan, dukungan dari keluarga dan masyarakat kampung halamannya membuat Hokky semakin kuat. 

"Sebelum ke Garuda Select, Uwa (kakek) selalu ingatkan tujuan bermain bola, akhirnya ke Inggris demi cita-cita bermain bola di Eropa," kenang Hokky. 

Baca Juga

"Daerah saya tuh di Gunung Kidul, masyarakat sekitar sangat mendukung,  walau mereka tak tahu perjuangan saya, tapi mereka bangga terhadap anak desa, dusunnya," lanjut Hokky Caraka. 

Baca Juga

"Pas di Garuda Select, mereka sangat mendukung, ketika mencetak gol, saya diomongin, dipuji tapi saya seperti biasa,  harus terus berusaha, saya mau besar dengan nama saya," tuntasnya.


2. Ikut Toulon Turnament

Pemain Garuda Select, Hokky Caraka.

Dia bangga bisa mewakili dusunnya berangkat dan berlatih sepak bola di Inggris bersama Garuda Select. Kini, Hokky terpilih ke timnas Indonesia U-19 untuk ikut Toulon Tournament 2022 di Prancis.

Baca Juga

Hokky Caraka menjadi salah satu jebolan Garuda Select musim keempat yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong ke timnas Indonesia U-19. Dia adalah top skor Garuda Select di akhir musim dengan koleksi 14 gol.

Timnas IndonesiaLiga IndonesiaTimnas Indonesia U-19Garuda SelectBola IndonesiaBerita Timnas IndonesiaHokky CarakaToulon TournamentOne Football

Berita Terkini