x

Pakai VAR atau Wasit Tambahan, Ini Keputusan Final PSSI untuk Liga 1 2022/23

Selasa, 31 Mei 2022 11:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan berfoto bersama delegasi dari induk sepak bola dunia FIFA, AFC dan AFF saat Kongres Biasa PSSI 2022 di The Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Senin (30/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, menilai persaingan Liga 1 2022/23 akan semakin ketat. Untuk menjaga kualitas pertandingan, PSSI tetap menerapkan wasit tambahan.

Iriawan mengatakan, Liga 1 musim depan pasti lebih semarak karena penonton sudah diperbolehkan ke stadion. Belum lagi, ada tiga klub sultan yang baru promosi yakni Rans Cilegon FC, Persis Solo dan Dewa United.

Baca Juga

‘"Saya kira Liga 1 dan 2 musim ini akan berjalan seru dan ketat karena sudah diperbolehkan ada penonton," kata Iriawan.

Demi menjaga kualitas pertandingan, penerapan wasit tambahan di belakang gawang akan tetap dipakai.

Cara ini sebelumnya digunakan pada akhir Liga 1 musim lalu, karena banyaknya protes terhadap keputusan wasit yang dinilai tak adil.

Baca Juga

"Agar kompetisi berjalan seru, adil, fairplay dan enak ditonton, PSSI dan PT LIB tetap akan memakai asisten wasit tambahan (asisten wasit ke empat dan kelima) di belakang gawang," jelas Ketum PSSI.

Tugas asisten wasit tambahan di Liga 1 2021 lalu bukan memantau offside. Fungsi additional assistant referee (AAR) adalah untuk melihat bola apakah telah melewati/tidak garis gawang dan pelanggaran di kotak penalti.

PSSI telah menerapkan asisten wasit tambahan dalam pekan ke-30 Liga 1. Masing-masing dari seorang additional assistant referee bekerja di samping gawang.

Baca Juga

Asisten wasit tambahan adalah solusi jangka pendek PSSI dan LIB. Karena penggunaan video assistant referee (VAR) belum memungkinkan.

VAR sendiri membutuhkan banyak hal dari sisi finansial, infrastruktur, hingga SDM (wasit VAR).


1. Turnamen Pramusim

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan berfoto bersama delegasi dari induk sepak bola dunia FIFA, AFC dan AFF saat Kongres Biasa PSSI 2022 di The Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Senin (30/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com

Sementara itu, pemakaian asisten wasit tambahan atau wasit gawang pernah populer di Eropa ketika dipakai di Liga Champions, Liga Italia, dan Piala Eropa 2012.

Namun, pada masa depan, PSSI dan LIB berupaya untuk menggunakan VAR. Hal itu untuk mengurangi kontroversi dalam pertandingan.

Baca Juga

Liga 1 2022/23 rencananya digulirkan akhir Juli mendatang. PSSI dan LIB terlebih dahulu menggelar turnamen pramusim yang dimulai 11 Juli nanti di empat kota. 

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, akan segera mengumumkan titel untuk Turnamen Pramusim 2022 yang akan digelar pada pertengahan Juni 2022.

Menurut Iwan Bule sapaan akrabnya, pihaknya masih mempertimbangkan beberapa titel untuk Turnamen pramusim tersebut, sehingga dia meminta semua pihak untuk sabar menunggu, karena dalam waktu dekat bakal diumumkan.

Baca Juga

"Drawing sudah dan titel dalam waktu dekat akan kita umumkan, apakah Piala apa mohon sabar," kata Iriawan setelah Kongres Biasa PSSI di The Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Senin (30/05/22).

Ketika disinggung mengenai nama Piala Presiden untuk titel Turnamen Pramusim 2022, Mochamad Iriawan tak menampik nama tersebut menjadi salah satu pertimbangan. Hanya saja, pihaknya harus akan mengkonfirmasi mengenai nama turnamen tersebut kepada Presiden Joko Widodo.

"Salah satunya kami usulkan itu, tapi kan harus lapor beliau dulu," jelas Iriawan.

PT LIB sendiri sudah menggelar drawing Turnamen Pramusim 2022 di Hotel Pullman Bandung Grand Central, Kota Bandung, Minggu (29/05/22) sore, acara tersebut dihadiri perwakilan tim peserta.

Baca Juga

Akhmad Lukita bersyukur, proses Drawing Turnamen Pramusim 2022 berjalan dengan lancar dan hasilnya ada empat tim yang menjadi tuan rumah pada babak penyisihan grup.

Selain itu, dari empat grup tersebut, ada dua grup yang diisi oleh lima tim dan dua lainnya dihuni masing-masing oleh empat tim.


2. Boleh Ada Penonton

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat Kongres Biasa PSSI 2022 di The Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Senin (30/05/22). Foto: Zainal Hasan/Indosport.com

Selain itu, pada Turnamen Pramusim kali ini supporter bisa hadir langsung di Stadion, namun dengan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh supporter.

"Tentunya kita harapkan yang paling signifikan hadirnya penonton, kalau ada home base-nya artinya penontonnya ada di sana," jelas Akhmad Lukita.

Meski demikian, pihaknya menyerahkan terkait aturan kehadiran penonton di Stadion kepada tuan rumah. Pasalnya, setiap daerah memiliki aturan PPKM yang berbeda.

"Pasti. jadi kita tetap ikut aturan pemerintah kalau PPKM level berapa kita ikut. Nanti di setiapnya akan menyesuaikan," ucap Akhmad Lukita.

PSSILiga IndonesiaLiga 1Mochamad IriawanBerita Liga 1

Berita Terkini