x

Timnas Indonesia Diimbangi Bangladesh, Pengamat: Evaluasi Shin Tae-yong!

Kamis, 2 Juni 2022 14:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memberikan arahan kepada para pemainnya dalam laga uji coba melawan Bangladesh di stadion Si Jalak Harupat, Rabu (01/06/22).

INDOSPORT.COM - Akmal Marhali buka suara terkait hasil negatif Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong saat bersua Bangladesh di laga uji coba FIFA Match Day, Rabu (01/06/22).

Timnas Indonesia hanya bisa meraih hasil imbang 0-0 dalam laga uji coba melawan Bangladesh. Tak ada gol yang tercipta saat laga ini digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Baca Juga

Padahal, laga ini merupakan persiapan pasukan Shin Tae-yong jelang menghadaoi putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait.

Dengan hasil ini, banyak yang sangsi jika Timnas Indonesia bisa lolos ke Piala Asia. Apalagi lawan di kualifikasi nanti adalah tim-tim kuat, salah satunya Yordania dan tuan rumah Kuwait.

Hasil ini juga menjadi sorotan, mengapa pelatih Shin Tae-yong tak bisa membawa Timnas Indonesia menang atas Bangladesh.

Baca Juga

Padahal, ranking Indonesia berada jauh di atas Bangladesh. Indonesia kini di posisi 159, sementara Bangladesh di urutan 188. Koordinator Save Our Soccer (SOS) dan pengamat sepak bola, Akmal Marhali kini menuntut untuk evaluasi Shin Tae-yong.

"Langkah pertama yang harus dilakukan adalah evaluasi total, mulai dari pemain sampai pelatih dan manajemen Timnas."

Baca Juga

"Sudah 2,5 tahun lebih ditangani Shin Tae-yong, Timnas senior belum kelihatan filosofi dan karakter permainannya," ujar Akmal.

"Passing lemah, kontrol payah, akurasi tembakan juga tidak akurat, ditambah lemah dalam reading the games," jelas koordinator Save Our Soccer tersebut.


1. Akmal: Indonesia Sulit Lolos Piala Asia

Akmal Marhali

Perlu diketahui, Timnas Indonesia berada di Grup A bersama tuan rumah Kuwait, Nepal, dan Yordania di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Nantinya, hanya juara grup dan lima runner-up terbaik yang bisa lolos ke putaran final Piala Asia 2023 tersebut. Bila melihat persyaratan itu, maka peluang Timnas Indonesia untuk lolos dari putaran ketiga ini bisa dikatakan cukup terbuka.

Baca Juga

Namun, Shin Tae-yong harus berusaha maksimal agar Timnas Indonesia bermain sesuai harapan, sehingga bisa unjuk gigi di putaran final kompetisi bergengsi tersebut.

Masalahnya, tidak mudah untuk menjegal Kuwait dan Yordania, dua negara di Timur Tengah yang memiliki kualitas sepak bola lebih baik ketimbang Timnas Indonesia.

Baca Juga

Hal itu bisa dilihat dari posisi ranking FIFA, Kuwait dan Yordania saat ini berada di atas Indonesia. Sementara itu, posisi sepak bola Nepal masih di bawah kekuatan Garuda.

Pengamat sepak bola, Akmal Marhali mengingatkan bahwa masyarakat jangan bermimpi melihat Timnas Indonesia tampil baik dan memimpin Kualifikasi Piala Asia.

Baca Juga

"Dengan permainan seperti ini, sulit berharap bisa bikin kejutan di Kualifikasi Piala Asia. Jangan berekspektasi lebih Timnas lolos Piala Asia," ungkap Akmal.

"Untuk lolos, minimal harus masuk lima runner up terbaik dari enam grup. Realistis, sangat berat sekali," lanjut Akmal Marhali.


2. Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023:

Timnas Indonesia vs Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Rabu (01/06/22).

Rabu 8 Juni 2022 (pukul 23.15 WIB)

Kuwait vs Timnas Indonesia

Minggu 12 Juni 2022 (pukul 02.15 WIB)

Timnas Indonesia vs Yordania

Rabu 15 Juni 2022 (pukul 02.15 WIB)

Timnas Indonesia vs Nepal.

Baca Juga
Timnas IndonesiaBola InternasionalSave Our Soccer (SOS)Akmal MarhaliBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongBangladesh

Berita Terkini