x

Persaingan Winger Asing dan Lokal Barito Putera di Liga 1 2022/23: Rafinha vs Slamet Budiono

Jumat, 3 Juni 2022 07:22 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Rafael Gomes de Oliveira 'Rafinha' menandatangani kontrak di Barito Putera, Senin (23/5/22). Foto: Media Officer Barito Putera

INDOSPORT.COM - Persaingan winger Barito Putera semakin ketat. Selain Rizky Pora yang kerap didapuk sebagai kapten, kini ada Rafinha dan juga Slamet Budiono.

Rafinha merupakan pemain asing yang didatangkan kembali Barito Putera, setelah berpisah di pertengahan musim Liga 1 2021.

Baca Juga

Tampil dalam 15 laga, Rafinha mencetak 4 gol dan 3 assist. Sayangnya, hal itu belum membuat pelatih anyar terkesan.

Kini, ketika pelatih Barito berganti lagi, Rafinha rupanya juga dilirik lagi untuk membantu serangan Laskar Antasari.

Rafinha tentu datang dengan senang hati. Menurutnya, musim lalu ia belum mencapai target untuk Barito, dan ingin membalasnya musim ini, bersama pelatih Dejan Antonic.

Baca Juga

"Karena di musim terakhir, saya berpikir kalau saya sendiri tidak bisa melengkapi tujuan di Barito Putera," ungkap Rafinha.

"Jadi di musim ini, saya harus kembali dan kami akan melakukan yang terbaik di musim ini," ucap winger berusia 32 tahun tersebut.

Melihat persaingan di sektor winger, baik pemain asing atau pemain lokal yang punya kualitas mumpuni, Rafinha mengaku siap jika diandalkan pelatih di posisi lainnya.

Baca Juga

"Posisi saya winger, tetapi jika pelatih ingin saya menjadi second striker, saya juga bisa berada di posisi itu," ungkap sang pemain.

"Karena target kami musim ini berada di posisi atas, sehingga kami perlu bekerja keras, berjuang bersama untuk sampai berada di posisi atas itu," sambungnya.


1. Slamet Budiono Direstui Orang Tua

Slamet Budiono menandatangani kontrak di Barito Putera, Senin (23/5/22). Foto: Media Officer Barito Putera

Selain Rafinha, Barito Putera juga mantap merekrut winger lokal berkualitas, Slamet Budiono. Kehadirannya diharapkan dapat mempertajam lini serang Laskar Antasari.

Pemain kelahiran 15 Mei 1995 ini pun resmi teken kontrak bersama Barito Putera pada 23 Mei 2022 lalu, dengan durasi satu musim.

Baca Juga

Sempat bermain untuk klub Sriwijaya FC pada 2016 silam, tetapi akhirnya Laskar Wong Kito harus terdegradasi ke Liga 2.

Pemain berusia 27 tahun itu kemudian menjajaki beberapa klub Liga 2, mulai dari Persis Solo, PSIM Yogyakarta, dan terakhir membawa Dewa United promosi ke Liga 1.

Bersama Dewa United, Slamet Budiono sukses mencetak enam gol dari 12 laga. Statistik yang baik bagi seorang winger.

Baca Juga

Di balik perjalanan itu, Slamet Budiono juga menjelaskan alasannya berseragam Barito Putera, tak lain karena saran orang tua.

"Ya terutama modal orang tua ya, karena keinginan orang tua agar saya ke sini (ke Barito), saya ikutin apa kata orang tua."

"Dan juga ada Bang Isnan Ali (asisten pelatih) yang membuat saya yakin ke sini," ungkap Slamet Budiono pada awak media.

Baca Juga

Dengan restu orang tua, Slamet Budiono yakin jika ia bisa mendapat jam terbang di Barito, menyisihkan pesaingnya, mulai dari Rafinha, Rizky Pora, dan Ambrizal Umanailo.

"Kalau dari pendapat Beliau, di sini bakal banyak jam terbang main," lanjut Slamet.

"Target saya dapat mencetak lebih banyak gol dan memberikan yang terbaik untuk klub Barito Putera," tutup Slamet Budiono.


2. Daftar Pemain Barito Putera

Pemusatan latihan Barito Putera di Banjarmasin, Rabu (18/5/22). Foto: MO Barito Putera

Berikut adalah daftar pemain Barito Putera dan posisi pemain untuk Liga 1 2022, per tanggal 3 Juni 2022.

Penjaga Gawang :
Joko Ribowo, Aditya Harlan, Noor Halid, Yogi Hermawan

Pemain Belakang :
Renan da Silva Alves, Stefan Marie Antonic, Muhammad Firli, Yuswanto Aditya, Nazar Nurzaidin, Dendi Agustan Maulana, Amiruddin Bagas Kaffa, Alexandro Felix Kamuru, Donny Harold Monim, Frank Rikhart Sokoy, Rendy Saputra

Pemain Tengah :
Rizky Pora, Bayu Pradana, Ambrizal Umainailo, Ferdiansyah, Alif Jaelani Ruslan, Luthfi Kamal Baharsyah, Muhammad Rafi Syarahil, Buyung Ismu Lessy, Ryota Noma

Penyerang :
Rafael Silva dos Santos, Rafael Oliveira 'Rafinha', Rahmat Beri Santoso, Kahar Muzakkar, Afdal Yusra, Slamet Budiono, Rafly Ariyanto, Rizky Kurniawan

Barito PuteraRafinhaLiga IndonesiaLiga 1Slamet BudiyonoBerita Liga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini