x

Profil Gerard Artigas, Jebolan Barcelona yang Jadi Pemain Asing Pertama Persis Solo

Senin, 6 Juni 2022 14:12 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pemain asing pertama Persis Solo jebolan Barcelona, Gerard Artigas. Foto: Instagram@gerardartigas

INDOSPORT.COM - Berikut profil Gerard Artigas yang baru saja resmi menjadi pemain asing pertama Persis Solo jelang bergulirnya kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Kabar resminya Gerard Artigas merapat ke Persis Solo diumumkan melalui akun Instagram klub pada Minggu (05/06/22) lalu. Dalam keterangan, jawara Liga 2 musim lalu ini percaya kalau sang striker bakal menjadi mesin gol.

Baca Juga

"Pemburu baru siap pertajam lini depan. Bawa Laskar Sambernyawa terbang tinggi, Artigas!," tulis Instagram resmi Persis Solo.

Sementara itu, Gerard Artigas juga langsung buka suara setelah resmi menandatangani kontrak bersama Laskar Sambernyawa. Ia mengaku sangat senang bisa bergabung bersama klub milik Kaesang Pangarep ini.

Baca Juga

Sebelum memutuskan gabung Persis Solo, striker berdarah Spanyol tersebut sempat mencari tahu mengenai sejarah klub. Ia sangat terkejut ketika mengetahui kalau tim kebanggaan masyarakat Solo ini memiliki banyak suporter fanatik.

"saya sangat senang berada di sini. Kesempatan ini merupakan kesempatan yang sangat sulit untuk saya tolak, tidak mungkin saya abaikan. Semoga dapat segera memulai bekerjasama dengan tim secepatnya," ujar Artigas dilansir dari laman resmi klub.

Baca Juga

"Ya tentu sebelumnya sudah mencari tahu tentang klub ini. Klub yang penuh dengan sejarah di Indonesia dan keberadaan fans juga sangat luar biasa."

"Sangat tidak sabar untuk memberikan kontribusi gol sebanyak mungkin dan membantu tim ini berjuang menghadapi liga di musim depanm," tuturnya menambahkan.

Untuk mengenal lebih lanjut siapa Gerard Artigas, kalian bisa klik slide kedua berita ini.


1. Gerard Artigas Merupakan Jebolan Akademi Barcelona

Pemain asing pertama Persis Solo jebolan Barcelona, Gerard Artigas. Foto: Instagram@gerardartigas

Dilansir dari situs Transfermarkt, Gerard Artigas merupakan pemain kelahiran Barcelona pada 10 Januari 1995 silam. Ia menjadi pemain hasil didikan akademi raksasa Liga Spanyol, Barcelona.

Ia tercatat bergabung di akademi Barcelona LA Masia saat masih berusia 13 tahun, tepatnya pada 2008 silam. Setelah menimba ilmu di LA Masia, dirinya kemudian bergabung ke CF Damm hingga 2011 dan merapat ke St. Andreu U-19.

Baca Juga

Dalam situs Transfermarkt, Gerard Artigas terus meniti karier di Spanyol dengan berpindah-pindah klub hingga 2019 lalu.

Setelah itu, dirinya baru berani untuk pergi ke Polandia dengan bergabung ke klub kasta kedua, Chrobry Glogow. Dia tercatat hanya tampil sebanyak sembilan kali.

Baca Juga

Kebersamaan Artigas bersama Chrobry hanya bertahan selama lebih kurang satu tahun sebelum akhirnya pulang ke Spanyol. Lorca FC dan AE Prat menjadi klub yang dibelanya selama kembali berkarier di Spanyol hingga 2021 lalu.

Baca Juga

Gerard Artigas selanjutnya bergabung dengan klub Liga Andorra bernama Inter Club d'Escaldes. Di klub tersebut, sang striker tampil apik dengan torehan 24 gol dan 10 assist dalam 49 penampilan.

Performa gemilan itu membuat Inter Club d'Escaldes sukses meraih dua trofi Liga Andorra secara beruntun dari musim 2020 hingga 2021, dan satu gelar juara Super Cup.


2. Gerard Artigas Sempat Main di Kualifikasi Liga Champions

Pemain asing pertama Persis Solo jebolan Barcelona, Gerard Artigas. Foto: Instagram@gerardartigas

Berstatus sebagai kampiun Liga Andorra membuat Inter Club d'Escaldes sempat masuk dalam kualifikasi Liga Champions Eropa, termasuk pada musim 2021/2022 kemarin.

Gerard Artigas sempat merasakan Kualifikasi Liga Champions Eropa dengan tercatat bermain sebanyak dua kali, namun gagal menyumbang gol saat bersua HB Torshavn dan FC Phristina. 

Tak sampai di situ, Inter Club d'Escaldes juga sempat mendapat kesempatan tampil dalam kualifikasi Liga Konferensi Eropa. Gerard Artigas juga sempat turun dalam dua laga sebagai starter.

Sayang, dirinya gagal membawa timnya lolos Liga Konferensi Eropa setelah kalah dengan skor agregat 2-3 dari KF Teuta. Gerard Artigas kemudian memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak bersama Inter Club d'Escaldes dan kini malah berlabuh ke Persis Solo.

Baca Juga
Bursa TransferBarcelonaPersis SoloKaesang PangarepLiga 1

Berita Terkini