x

Disorot AFC Usai Cetak Gol Debut, Marc Klok Yakin Timnas Indonesia Lolos Piala Asia 2023

Kamis, 9 Juni 2022 14:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Marc Klok memberikan tanggapan usai gol debutnya Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Asia 2023 menjadi sorotan AFC. Foto: REUTERS/Navesh Chitrakar

INDOSPORT.COM – Marc Klok memberikan tanggapan usai gol debutnya Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Asia 2023 menjadi sorotan AFC.

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) melalui unggahan di Instagram, Kamis (09/06/22) menyoroti kemenangan perdana Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca Juga

Seperti diketahui, pasukan Shin Tae-yong ini langsung berhadapan dengan dengan tuan rumah, Kuwait, yang berlangsung di Jaber Al-Ahmed International Stadium, Kuwait City, Kamis (09/06/22) dinihari WIB.

Perjuangan Timnas Indonesia saat menghadapi Kuwait dalam laga Kualifikasi Piala Asia 2023 berbuah manis. Pasalnya, Timnas Indonesia keluar sebagai pemenang dengan skor tipis 2-1.

Kuwait mampu unggul lebih dulu usai crossing akurat Bader Al-Mutawa mampu dikonversi dengan tandukan Yousef Nasser menjadi gol di menit 40.

Baca Juga

Akan tetapi sebelum jeda pergantian babak timnas Indonesia justru bisa menyamakan kedudukan via eksekusi penalti dingin dari Marc Klok.

Belum semenit paruh kedua berjalan, Rachmat Irianto kemudian sukses memanfaatkan kemelut untuk mencetak gol kedua tim tamu dan skor 1-2 bertahan hingga laga usai.

AFC menganggap kemenangan Indonesia atas tuan rumah ini adalah sebuah momen langka. Hal ini berkaca dari posisi Kuwait yang lebih baik dari Timnas Indonesia para ranking FIFA.

Baca Juga

“Sebuah kemenangan terkenal dari Indonesia, berkat gol-gol dari Marc Klok dan Rachmat Irianto,” tulis AFC.

Secara khusus, AFC mengunggah foto selebrasi pemain keturunan Belanda, Marc Klok untuk Timnas Indonesia di ajang tersebut.


1. Marc Klok Cetak Gol Perdana untuk Indonesia

Selebrasi pemain Timnas Indonesia Marc Klok bersama teman-teman di laga SEA Games 2021. Foto: PSSI

Gol Marc Klok di laga tersebut terlahir begitu mengesankan. Eksekusi gelandang kelahiran Belanda 29 tahun lalu itu begitu dingin sampai-sampai kiper Hussein Kankoune tertipu mentah-mentah.

Bagi Klok, ini merupakan gol perdananya sejak dirinya dinaturalisasi tahun lalu dan kemudian mendapatkan kesempatan membela Timnas Indonesia di turnamen internasional.

Baca Juga

Tak pelak, Marc Klok pun merasa sangat bangga karena gol tersebut membuktikan kontribusi dan loyalitasnya untuk Timnas Garuda.

Lewat kolom komentar, gelandang yang juga memperkuat Persib Bandung ini pun yakin bahwa kemenangan ini langkah awal Timnas Indonesia mengais asa menuju Piala Asia 2023.

“Believe in Indonesia,” tulis Marc Klok.

Baca Juga
Komentar Marc Klok usai cetak gol debut timnas Indonesia.

Kemenangan atas tuan rumah tentunya menjadi modal apik bagi skuad Shin Tae-yong mengarungi sisa laga di Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023.

Marc Klok dan kawan-kawan dijadwalkan menghadapi Yordania pada 11 Juni. Tiga hari berselang atau 14 Juni, mereka akan melawan Nepal.

Baca Juga

Skuad Garuda untuk sementara menduduki peringkat kedua Grup A dengann koleksi tiga poin. Sedangkan Kuwait duduk di posisi keempat dengan 0 poin.

Di laga lain Grup A, Yordania berhasil mengalahkan Nepal 2-0. Kemenangan itu membuat mereka berhak untuk memuncaki klasemen sementara.


2. Ranking Timnas Indonesia Langsung Naik

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memberikan arahan kepada para pemainnya dalam laga uji coba melawan Bangladesh di stadion Si Jalak Harupat, Rabu (01/06/22).

Kemenangan atas Kuwait ini rupanya berdampak pada ranking Timnas Indonesia di ranking dunia FIFA. Pasalnya, peringkat Kuwait saat ini berada di atas Indonesia.

Melansir dari Footy Ranking di akun Twitter, Timnas Indonesia yang sebelumnya berada di posisi 159 diprediksi naik satu peringkat.

Artinya, pasukan Shin Tae-yong kini menduduki posisi ke-158 usai dapat tambahan 14,02 poin.

Sebaliknya, Kuwait harus kehilangan poin yang sama usai dikalahkan Indonesia. Dengan demikian, tuan rumah Kualifikasi Piala Asia 2023 tersebu harus duduk di urutan ke-150.

Baca Selengkapnya

AFCKuwaitTimnas IndonesiaPiala Asia 2023Bola InternasionalMarc KlokBerita Timnas IndonesiaKualifikasi Piala Asia 2023

Berita Terkini