x

PSSI Dituding Jadi Kendaraan Politik untuk Maju Sebagai Calon Gubernur, Iwan Bule Buka Suara

Jumat, 10 Juni 2022 14:29 WIB
Penulis: Martini | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Mochamad Iriawan, Ketua Umum PSSI. Foto: Kemenpora

INDOSPORT.COM - PSSI dituding hanya menjadi kendaraan politik, sang ketua umum yaitu Mochamad Iriawan alias Iwan Bule dengan tegas membantah hal itu.

Santer beredar kabar jika Iwan Bule akan maju dalam kontestasi politik tahun 2024 mendatang, sebagai calon gubernur dapil Jawa Barat.

Jika benar demikian, maka Iwan Bule mungkin saja meneruskan langkah Ketua Umum PSSI sebelumnya yakni Edy Rahmayadi.

Baca Juga

Edy Rahmayadi saat ini menjabat sebagai Gubernur Sumatera Utara. Bahkan, ia rela meninggalkan jabatan Ketua Umum PSSI, ketika terpilih menjadi gubernur di Sumut.

Beberapa langkah politis sudah dilakukan Iwan Bule, misalnya menyebarkan banner wajahnya di beberapa titik di Jawa Barat. Kemudian yang teranyar, ada rilis resmi PSSI yang mengupas tuntas capaian Iwan Bule selama menjabat sebagai ketua umum.

Baca Juga

Termasuk, kemenangan Timnas Indonesia atas Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023 yang diklaim adalah hasil kerja keras pria lulusan Akpol tahun 1984 silam itu.

Banyak yang menuding bahwa Iwan Bule memanfaatkan jabatannya di PSSI, sebagai kendaraan politik untuk memuluskan misi  terdekatnya maju ke pilgub Jawa Barat.

Baca Juga

Namun, saat menghadiri sesi wawancara bersama Tommy Desky, dirinya dengan tegas membantahnya. Ia mengaku belum kepikiran untuk terjun ke dunia politik.

"Saya tidak pernah mengatakan pernyataan itu. Kalau beberapa orang menginginkan saya (terjun ke dunia politik), wajar saja," ucap Iwan Bule di Youtube Tommy Desky.


1. Iwan Bule Ingin Fokus Kelola Sepak Bola

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat emantau latihan Timnas Indonesia U-19 sebelum berangkat TC ke Korea Selatan sebagai persiapan Piala Dunia U-20 2023 di Stadion Madya Senayan, Rabu (02/03/22).

Menurut Iwan Bule, memang ada beberapa golongan yang sempat menyampaikan dukungannya agar ia maju ke pemilihan Gubernur Jawa Barat, tahun 2024 nanti.

Namun, ia belum mau memikirkan ke arah sana. Menurutnya, ia ingin fokus menjabat sebagai Ketua Umum PSSI, sampai masa jabatannya selesai di tahun 2023 nanti.

Baca Juga

Bahkan, andai voters memintanya untuk melanjutkan kiprahnya di PSSI, maka ia akan dengan senang hati melakukannya.

"Terima kasih, saya tersanjung, tapi saya tetap fokus di bola," tegas Iwan Bule lagi.

"Mungkin yang menggadang-gadang saya untuk maju (ke pemilihan gubernur) segala macam, hak publik, boleh saja, tapi saya tetap fokus di sini," lanjut pria 60 tahun itu.

Baca Juga

Seperti yang tertulis dalam rilis teranyar PSSI berjudul 'Pecahnya Rekor 42 Tahun', Iwan adalah sosok yang mengisi masa kecil, muda, hingga dewasa dengan sepak bola.

Maka, setelah tidak lagi menjabat di kepolisian, Iwan Bule memutuskan untuk mengabdi pada sepak bola Indonesia.

"Doakan saya, semoga sepak bola kita tetap jaya, maju, dan betul-betul bisa diharapkan oleh bangsa Indonesia."


2. Perihal Calon Gubernur Jabar

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong, Ketua PSSI M Iriawan dan Menpora Zainudin Amali.

Beberapa waktu terakhir, santer beredar kabar jika Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan tertarik untuk melaju di percaturan pemilihan Gubernur Jawa Barat pada 2024.

Ketua DPD Korps Alumni KNPI Jabar, Dian Rahadian mengungkapkan dukungannya agar Mochamad Iriawan maju ke pemilihan. 

Menurut Dian, sebagai putra daerah, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu layak menjadi sosok pemimpin di Jabar. Terlebih, Iwan Bule memiliki segudang pengalaman.

"Teman-teman men-support dukungan kepada beliau (Iwan Bule) menjadi calon gubernur Jabar," ungkap Dian ke media.

"Dengan berbagai pengalaman beliau yang sangat luar biasa, beliau ke depannya layak maju di Pilgub Jabar," tegas Dian Rahadian.

Baca Juga
PSSIJawa BaratLiga IndonesiaIwan BuleMochamad Iriawan

Berita Terkini