x

Update Ranking Timmas Indonesia Usai Dikalahkan Yordania di Kualifikasi Piala Asia 2023

Minggu, 12 Juni 2022 11:33 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Update ranking dunia Timnas Indonesia usai dikalahkan Yordania di ajang Kualifikasi Piala Asia 2023. Yakni, posisi Timnas Indonesia tak berubah.

INDOSPORT.COM – Berikut ini update ranking dunia Timnas Indonesia usai dikalahkan Yordania di ajang Kualifikasi Piala Asia 2023. Yakni, posisi Timnas Indonesia tak berubah. 

Timnas Indonesia gagal meneruskan tren apik saat menjalani matchday kedua fase grup Kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca Juga

Sebelumnya, pada matchday pertama beberapa hari lalu, skuat Garuda membuat kejutan dengan membekuk tuan rumah Kuwait 1-0 sehingga bertengger di posisi kedua klasemen Grup A.

Hasil itu pun menjadi modal bagus bagi Marc Klok dkk untuk menghadapi Yordania di laga kedua, Minggu (12/06/22) dini hari WIB.

Menghadapi tim terkuat di Grup A itu, pelatih Shin Tae-yong kembali menurunkan pola 3-4-3 yang sebelumnya sukses membawa mereka mempermalukan Kuwait.

Baca Juga

Yordania yang memburu kemenangan kedua setelah di laga sebelumnya mengalahkan Nepal, tampil agresif. Namun, Elkan Baggott dkk di lini belakang bisa meredam Ali Olwan dkk sehingga babak pertama tuntas 0-0.

Tiga menit babak kedua berjalan, Yordania akhirnya sukses memecah kebuntuan. Memanfaatkan umpan silang Mousa Mohammad Suleiman, Yazan Abdallah Alnaimat sukses menjebol gawang Nadeo Argawinata.

Baca Juga

Yordania nyaris saja menggandakan keunggulan di menit ke-78. Beruntung bagi Timnas Indonesia, eksekusi penalti Mohammad Faisal Zraiq gagal membuahkan hasil.

Laga pun akhirnya berakhir 1-0 untuk kemenangan Yordania. Hasil ini membuat Timnas Indonesia tak beranjak dari posisi kedua klasemen Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023.


1. Ranking Timnas Indonesia Tak Berubah Meski Kalah

Timnas Indonesia vs Jordania di laga kedua Grup A putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, Minggu (12/06/22).

Usai menelan kekalahan dari Yordania, posisi Timnas Indonesia di ranking dunia FIFA rupanya tak mengalami perubahan signifikan.

Melansir dari Footy Rankings di akun Twitter, Timnas Indonesia hanya mendapat pengurangan poin -6,92 dengan kini mereka mengantongi 1007,79 poin.

Baca Juga

Timnas Indonesia pun masih bertengger di posisi ke-158. Ini merupakan posisi terakhir setelah mereka sempat naik satu tingkat usai kalahkan Kuwait beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Yordania yang mendapatkan tambahan 6,92 poin saat ini mengantongi total 1271,97.

Tambahan poin itu membuat tim asal Timur Tengah tersebut naik dua tingkat dari posisi sebelumnya. Mereka kini berada di urutan ke-86 dunia.

Baca Juga

Indonesia sendiri masih dikatakan beruntung bila dibandingkan dengan dua negara tetangga, Singapura dan Malaysia. 

Singapura dan Malaysia diketahui juga menelan kekalahan di ajang Kualifikasi Piala Asia 2023. Harimau Malaya kalah 1-2 dari Bahrain, sedangkan Tim Tiga Singa takluk dari Tajikistan dengan skor 0-1.

Malaysia yang ditangani pelatih Korea Selatan, Kim Pan Gon, harus rela turun tiga tingkat ke posisi 150 dunia setelah mendapat pengurangan poin -7,64.

Baca Juga

Sedangkan Singapura bahkan harus terjun bebas empat tingkat. Mereka kini berada di urutan 163 dunia usai mendapat pengurangan poin -8,99.

Sekedar catatan, perubahan ranking dunia ini mungkin bisa berbeda dari perhitungan sebelumnya setelah mempertimbangkan hasil dari kompetisi di benua lain.


2. Timnas Indonesia Jaga Asa ke Piala Asia 2023

Timnas Indonesia vs Jordania di laga kedua Grup A putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, Minggu (12/06/22).

Perjalanan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 masih belum usai. Meski sulit menjadi juara grup, Garuda masih berpeluang lolos sebagai 1 dari 5 runner up terbaik.  

Mereka selanjutnya akan menghadapi Nepal di matchday terakhir fase Grup A. Laga melawan Nepal akan menentukan nasib Timnas Indonesia untuk bisa lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Selain harus menang atas Nepal, skenario lainnya yakni hasil akhir Yordania kontra Kuwait serta hasil dari grup lain.

Laga Timnas Indonesia kontra Nepal akan dilangsungkan pada Rabu 15 Juni 2022. Laga tersebut akan dihelat di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kuwait City.

FIFAYordaniaTimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongKualifikasi Piala Asia 2023

Berita Terkini