x

Kerap Ditagih Training Center Timnas, Iwan Bule: TC di Korea dan Eropa Lebih Bergengsi

Sabtu, 18 Juni 2022 16:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule saat menyapa para penggawa Timnas Indonesia U-22, sebelum laga uji coba lawan Iran U-23 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (13/11/19) sore.

INDOSPORT.COM - Kerap ditagih Training Center Timnas Indonesia, begini dalih Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, perihal janji kampanyenya tersebut.

Salah satu janji kampanye Iwan Bule saat mencalonkan diri jadi Ketua Umum PSSI adalah membuat training center. Namun, sampai kini misi itu belum juga terwujud.

Baca Juga

Pembahasan soal training center kembali menyeruak saat pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong gagal mempersembahkan medali emas di Piala AFF dan SEA Games.

Alhasil, sejak saat itu, kolom komentar media sosial PSSI maupun Iwan Bule, dipenuhi tagar #trainingcenter.

Iwan Bule tak menampik bahwa ia belum bisa memenuhi janji pembuatan training center itu di tahun terakhirnya menjabat, karena ada krisis dari pandemi Covid-19.

Baca Juga

Saat berbincang dengan Rudy Salim di YouTube Prestige Productions, Iwan Bule mengaku sudah pernah negosiasi dengan pemerintah, tetapi belum ada kelanjutan.

"Pembinaan, tata kelola di tubuh PSSI, logistik Timnas, kompetisi, hampir sudah sesuai dengan target. Ada yang belum tercapai, saya ingin punya training center."

"Karena sekali lagi, ini situasi Covid-19. Saya pernah ajukan ke pemerintah saat sebelum Covid-19, untuk meminta hibah tanah atau dipinjamkan di sekitar GBK, 5000 (hektar)."

Baca Juga

"Tapi begitu Covid-19 kan saya tahu diri," blak-blakan Iwan Bule pada Rudy Salim.

"Beberapa negara memang (pemerintah) membantu itu, Timor Leste sudah punya, Malaysia dan lain sebagainya," jelasnya.


1. TC di Luar Negeri, Iwan Bule: Negara Lain pun Bingung

TC Timnas U-19 di Korea Selatan. Foto: PSSI

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule mengaku masih terus berupaya agar bisa menyiapkan training center untuk Timnas Indonesia, dan kantor tetap PSSI.

"Tentu tidak akan berhenti, saya akan terus berusaha, bagaimana menyiapkan training camp, sesuai dengan apa yang menjadi janji saya di Kongres," tegas Iwan Bule.

Baca Juga

"Termasuk kantor, kantor sekarang masih sewa kita, tapi sebentar lagi kita pindah ke GBK, untuk mempersiapkan perhelatan Piala Dunia U-20 tahun depan," lanjutnya.

Sementara belum ada training center, Iwan Bule mengaku sudah berupaya memberikan fasilitas terbaik untuk Timnas Indonesia, misalnya dengan TC di luar negeri.

Baca Juga

"Sebetulnya itu bisa terjawab, bagaimana saya mengirim Timnas ke luar. Ke Kroasia, ke Spanyol, itu kan TC juga," papar Iwan Bule.

"Cuma sekarang kita belum bisa memberi (fasilitas) yang mahal di sekitar Jakarta, saya sedang nyari juga," lanjutnya lagi.

Bahkan, menurut Iwan Bule, federasi sepak bola luar negeri sempat iri dengan Timnas Indonesia yang bisa latihan di luar negeri.

Baca Juga

"TC kita kemarin lebih mahal di Korea, itu bukannya satu perhatian yang luar biasa? Di antara situasi Covid-19, kita masih bisa mengirim Timnas latihan di luar negeri."

"Apalagi di Eropa sampai dua bulan, sampai negara lain tuh bingung, kok bisa Indonesia ya, kok bisa orang lain ekonomi hancur lagi Covid-19, Indonesia bisa kirim pemain."


2. Kata Shin Tae-yong soal Training Center

Pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong. Foto: PSSI

Beberapa waktu lalu, viral pernyataan Shin Tae-yong yang memberi masukan kepada netizen agar menagih PSSI ataupun pihak pemerintah untuk fasilitas training center.

"Sebenarnya lebih baik netizen bicara tentang training center. Jadi, kita dapat membahas bersama-sama dengan PSSI untuk membangun training center," ujarnya.

"Jadi, dengan adanya training center nanti, Indonesia bisa mengembangkan sistem sepak bola usia dini. Baru setelah itu bisa berkembang," ucap pelatih asal Korea itu.

Diketahui, PSSI memang tidak punya pusat pelatihan khusus bagi Timnas Indonesia, dari level senior hingga kelompok usia.

TC Timnas kerap berpindah-pindah dari satu lapangan ke lapangan lainnya. Bahkan, kompleks latihan di Gelora Bung Karno pun bukanlah milik PSSI, tapi milik Mensekneg.

PSSITimnas IndonesiaBola InternasionalIwan BuleMochamad IriawanKetua Umum PSSIBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini