x

Terkuak! Ini Sebab Timnas Indonesia U-19 Hanya Bawa 3 dari 4 Pemain Keturunan Pilihan Shin Tae-yong

Kamis, 23 Juni 2022 06:58 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Juni Adi
Ivar Jenner tidak bisa mengikuti pelatihan yang digelar oleh timnas Indonesia U-19 bersama Shin Tae-yong usai tidak mendapat izin dari akademi FC Utrecht.

INDOSPORT.COM - Absennya Ivar Jenner di pemusatan latihan timnas Indonesia U-19 pimpinan Shin Tae-yong kali ini sementara Kai Boham, Max Christoffel, dan Jim Croque bisa hadir rupanya bukan tanpa alasan.

Sang pemain keturunan rupanya tidak diizinkan untuk terbang ke Jakarta usai dibutuhkan klubnya, FC Utrecht, untuk menjalani pramusim di Belanda.

Baca Juga

Hal ini dibocorkan oleh salah satu utusan PSSI yakni Hamdan Hamedan. Pada Rabu (22/06/22) lalu ia menjabarkan pada publik jika memang ada alasan kuat dibalik ketidakhadiran Jenner.

"Ivar sebetulnya ingin sekali ikut tapi dia sedang berhalangan karena harus mengikuti latihan pramusim dengan klubnya," tulis Hamdan lewat akun Instagram miliknya.

Ini bukan kali pertama Ivar Jenner gagal menampakkan batang hidungnya kala timnas Indonesia U-19 memanggil. Di pemusatan latihan sebelumnya yang digelar di Toulon, Prancis, ia juga tidak datang.

Baca Juga

Padahal Croque, Christoffel, dan Boham bisa hadir. Nama terakhir bahkan mencetak satu gol kala Garuda Muda mengalahkan tim lokal dengan skor 3-1 dalam sebuah laga uji coba yang dipimpin oleh asisten dari Shin Tae-yong, Dženan Radončić.

Hal itu sempat menjadi bahan gunjingan oleh para publik sepak bola Tanah Air. Ada yang beranggapan jika remaja 18 tahun itu sedang mempertimbangkan lagi pilihannya untuk berkostum Merah-Putih.

Baca Juga

Jenner sendiri dianggap sebagai salah satu prospek top di Utrecht. Ia adalah pemain reguler untuk tim U-18 klub tersebut dan bahkan sempat menjadi penggawa Belanda U-15 pada medio 2019 lalu.

Beruntung kini semuanya menjadi jelas. Diharapkan Ivar Jenner masih punya kesempatan untuk membela timnas Indonesia di berbagai level nantinya.


1. Bakat Besar

Ivar Jenner tanda tangan kontrak dengan Fardy Bachdim, saudara Irfan Bachdim.

Dengan tinggi badan 186 cm, Ivar Jenner secara postur memenuhi kriteria ideal pesepakbola profesional Eropa.

Maka dari itu PSSI jelas berhasrat ingin memanggilnya untuk memperkuat timnas Indonesia di kelompok umur maupun senior.

Baca Juga

Sepertinya pihak federasi mendapat info mengenai akar Indonesia milik sang pemain berkat koneksi dengan agensi Prime11.

Agensi tersebut menaungi banyak pemain keturunan seperti contohnya Mees Hilgers hingga Shayne Pattynama yang kini tengan menunggu proses naturalisasinya usai.

Baca Juga

Kakak dari mantan penggawa timnas Indonesia, Irfan Bachdim, yakni Fardy Bachdim adalah salah satu agen yang bekerja untuk Prime11 sehingga semuanya berjalan lebih mudah untuk PSSI.

Sebelum bersama akademi FC Utrecht, Jenner juga sudah menjadi bagian pengembangan talenta muda klub besar Belanda lain yakni Ajax Amsterdam.

Baca Juga

Dengan pengalaman belajar di dua akademi klub kondang tersebut, PSSI jelas tidak ingin melewatkan kesempatan mendapatkan bakat Ivar Jenner untuk timnas Indonesia dan Shin Tae-yong.

Kontak langsung dengan sang wonderkid terjadi pada medio April 2022 lalu dengan PSSI diwakilkan oleh exco mereka, Hasani Abdulgani, yang memang banyak bergerak di proyek naturalisasi.

Timnas IndonesiaBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Ivar JennerBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini