x

Sengaja Datang Lebih Awal, Timnas Brunei Darussalam Antusias Sambut GIC 2

Senin, 27 Juni 2022 20:55 WIB
Editor: Indra Citra Sena
Pelatih timnas Brunei Darussalam U-16, Hazmin Hamzah.

INDOSPORT.COM - Pesta sepak bola usia dini bertajuk Transtama-Garuda International Cup 2 (30 Juni-3 Juli) menawarkan intensitas tinggi yang berguna bagi perkembangan kualitas dan mentalitas pemain. Setidaknya itulah penilaian dari wakil Brunei Darussalam, FABD. 

Diketahui, FABD yang rupanya mengirimkan timnas Brunei U-16, berpartisipasi dalam hajatan Garuda International Cup 2 di kategori U-17. Mereka paling pertama datang dan langsung menjajal lapangan standar FIFA di kompleks ASIOP Training Ground (ATG) Sentul. 

Baca Juga

Timnas Brunei Darussalam antusias menyambut Garuda International Cup 2 karena para pemain berkesempatan menjajal tim-tim berkualitas dari negara lain. Mereka butuh pengalaman berskala internasional dalam rangka membentuk mental pemenang. 

"Di mata kami, Garuda International Cup 2 menawarkan pengalaman melawan tim-tim berkualitas lintas negara. Kami akan memaksimalkan turnamen ini untuk kemajuan sepak bola Brunei," kata pelatih FABD, Hazmin Hamzah, kepada awak media di ATG Sentul, Senin (27/6/22). 

"Inilah turnamen berskala internasional pertama yang kami jalani. Para pemain berkesempatan merasakan intensitas tinggi. Sebuah tantangan besar dan saya rasa akan bagus untuk kami," cetusnya. 

Baca Juga

Sekadar mengingatkan, Transtama-Garuda International Cup 2 segera bergulir di ASIOP Training Ground, Sentul, pada 30 Juni hingga 3 Juli mendatang. Turnamen ini melibatkan lima negara ASEAN dengan Indonesia sebagai tuan rumah. 

Ada pun kelompok usia yang dipertandingkan adalah U-12 dan U-17. Total 32 tim ikut ambil bagian dalam Transtama-GIC 2, termasuk akademi-akademi sepak bola terbaik asal Malaysia, Singapura, Filipina, dan Brunei Darussalam. 

Sebanyak 32 akademi tersebut terdiri dari 16 tim kategori U-17, di antaranya ASIOP, ASIFA, Safin Pati, Sulut United, FABD (Brunei), Woodlands Warriors FC (Singapura), SID FC Kelantan (Malaysia), Central Visayas (Filipina), dan Timnas Pelajar BLISPI.

Baca Juga

Sementara 16 lainnya berada di kelompok U-12, seperti PSIS Development, Akademi Persib Karawang, Elang Mas Sriwijaya, Next Bali Generation, Best FC (Malaysia), AUFC (Malaysia), serta ASIOP yang notabene bertindak sebagai tuan rumah. 

Garuda International Cup 2 merupakan kelanjutan dari turnamen edisi perdana yang pernah digelar di Bandung pada 2015. Kala itu hanya diikuti akademi-akademi terbaik dari tiga negara, hingga akhirnya berkembang menjadi lima negara berselang tujuh tahun kemudian.


1. Wujud Kepedulian Transtama

Timnas Brunei Darussalam U-16 berlatih di ATG Sentul, Senin (27/6/22).

Di sisi lain, Garuda International Cup 2 tentunya dapat terlaksana berkat dukungan para sponsor, salah satunya Transtama Logistics. Perusahaan yang bergerak di bidang ekspedisi ini menjadi sponsor utama turnamen. 

Board of Directors PT Transtama Logistics, Elen Bundiyanto mengatakan pihaknya mendukung GIC 2 karena menyadari potensi sepak bola usia dini di Indonesia.

Baca Juga

Talenta-talenta muda haruslah diberi wadah untuk berkompetisi dalam rangka meningkatkan pengalaman serta kemampuan olah bola mereka.

“Turnamen sepak bola selalu menarik penonton dari setiap kalangan. Dan kehadiran klub terbaik dari dalam negeri maupun luar negeri akan menambah keseruan Transtama-GIC 2. Saya yakin program ini bisa membanggakan masyarakat Indonesia.” ucap Elen. 

Baca Juga

“Alhamdulillah dengan adanya tim-tim terbaik ASEAN yang akan bertanding di sini pastinya akan sangat menjanjikan keseruan ditambah semangat kompetitif. Semua jni menunjukkan optimisme dalam dunia olahraga dan akan berlangsung sangat baik,” tandasnya.


2. Peserta Transtama-GIC 2

Suasana jumpa pers Transtama-Garuda International Cup 2 di ASIOP Training Ground, Senin (27/6/22).

Kelompok U-17 

Grup A: FABD-2 (Brunei), ASIOP Merah, SID Kelantan (Malaysia), Fatto Zapelo 

Grup B: Tuah SSN SMK Seri Kota (Malaysia), Elang Emas Sriwijaya, FABD-1 (Brunei), ASIFA 

Grup C: Bintang Gombak (Malaysia), Sulut United, Jebat SSN SMK Seri Kota (Malaysia), Timnas Pelajar BLISPI 

Grup D: Woodlands Warriors FC (Singapura), Safin Pati FA, Centra Visayas FA (Filipina), ASIOP Biru 

Kelompok U-12 

Grup A: Elang Emas Sriwijaya, Next Bali Generation, AUFC (Malaysia), ASIOP Merah 

Grup B: Best FC (Malaysia), ASIOP Biru, PSIS Development, One More International 

Grup C: Farmel, Skylima, CS Private, Alba FC 

Grup D: Akademi Persib Karawang, Raga Negeri FA, Erlangga FA, Jakarta Academy Soccer

Brunei DarussalamLiga IndonesiaASIOP ApacintiBola IndonesiaATG SentulOne FootballGaruda International Cup

Berita Terkini